Imunisasi Campak Lanjutan Panas Tidak?


Imunisasi Campak Lanjutan Panas Tidak - Batas usia imunisasi campak lanjutan ini hanya sampai 24 bulan ya Bund, jangan sampai terlewat nanti kasihan sama anak. Yes, Minggu lalu saya habis bawa Gendis imunisasi campak lanjutan. Lega rasanya sudah melakukan upaya imunisasi dasar untuk melindungi anak.

 


imunisasi campak lanjutan 24 bulan
imunisasi campak lanjutan 24 bulan



Sebenarnya imunisasi lanjutan usia 18 bulan ini ada dua, Campak-Rubella (MR) Lanjutan dan DPT Hb-HB Lanjutan. Kebetulan pas kemarin suntikan DPT lanjutannya habis, jadilah saya hanya suntik campak lanjutan saja.

 

Pas ada posyandu tanggal 5 kemarin, di desa Muncang, saya ke skip karena Gendis baru saja tidur. Akhirnya saya susulkan ke Bidan Kelang, di Bidan Betty. Bidan langganan Gendis sedari kecil, saya mendapatkan rekom dari salah satu bos sembako tempat saya kulakan warungan.

 

 

Pengalaman Imunisasi Campak Lanjutan 24 Bulan

 

 

imunisasi campak lanjutan panas tidak
imunisasi campak lanjutan panas tidak

Oke, sampai dengan pertanyaan yang paling ditunggu-tunggu, 'imunisasi campak lanjutan panas tidak?' Hehehe ... sebagai ibu baru pastinya khawatir ya kan? Anak baru satu dan belum pengalaman ketar-ketir kalau anak sakit. Apalagi masih kecil usianya, jadi rentan banget kan?


Efek imunisasi campak lanjutan 24 bulan membuat anak saya demam 2 malam. Hm ... khawatir banget tapi ya membesarkan hati, namanya juga imunisasi pasti ada efek tersendiri. Ingat saja pas kita ada Covid-19 itu? Berapa kali kita harus vaksinasi? Dan setiap orang beda-beda dalam merespon suntikan yang diberikan iya nggak? Bisa jadi Gendis panas, tapi bisa jadi bayi lain tidak. Nggak bisa dipukul rata sih.

 

Namun pengalaman saya setelah mengantar Gendis suntik campak lanjutan, dia mengalami demam. Awalnya sih tidak apa-apa, tapi menjelang sore hari dia mulai merasakan badannya nggak enak, dan panas. Saya mengatasinya dengan memberikan Sanmol, agar panasnya segera turun. Karena bidan juga sudah memberi informasi, kalau nanti efek imunisasi campak badannya panas berikan saja obat penurun panas.

 

"Sanmol bisa kan ya Bu?" tanya saya meyakinkan diri, dan dijawab oleh Bu Bidan bisa menggunakan Sanmol atau paracetamol.

 

Di hari kedua badannya kembali mereda, nah mulai sore hari lagi anget dan dia mintanya digendong melulu kalau lagi nggak enak badan. Jadi Gendis tuh bisa dibaca tandanya kalau badan lagi nggak enak, dia mintanya digendong.

 

Tapi Allhamdulillah hari ketiga sudah mendingan berangsur pulih, tapi datang batuk dan pilek menyerang, serta demam lagi. MasyaAllah, langsung saya periksakan keesokan harinya setelah batuknya nggak mereda. Nggak tega ngeliat anak sekecil itu batuk-batuk terus, padahal kita yang dewasa ini kalau batuk nggak enak banget kan?

 

 

Suntik Campak Lanjutan di Bagian Tubuh Mana?

 

 

imunisasi campak lanjutan 24 bulan
imunisasi campak lanjutan 24 bulan


Saya juga sempat bertanya-tanya nih dalam hati, nanti yang disuntik bagian mana ya? Kaki ataukah tangan? Saking paniknya saya juga tanya suami, maksudnya jaga-jaga aja nyiapin mental nih hahaha ... siapa yang tega sih ngeliat anaknya disuntik? Tapi ini kan demi kebaikan ya kan? Mencegah anak dari penyakit berbahaya, ya dengan imunisasi ini.

 

Sudah tahu belum kalau di Indonesia ini kasus campak sebanyak 2.161 kasus suspek? Saya juga baru tahu data tersebut, dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Ada 848 kasus campak sudah dikonfirmasi oleh laboratorium, dan sisanya 1.313 kompatibel secara klinis di 18 provinsi dari 38 provinsi periode 1 Januari - 3 April 2023.

 

Kemarin suntik campak lanjutan di bagian tubuh mana? Gendis di tangan kiri, Allhamdulillah pas disuntik ataupun setelahnya dia nggak nangis sama sekali. Dia justru  ngeliatin suntikannya masuk ke dalam kulitnya.

 

Kayaknya pas suntik campak 9 bulan di bagian mana, juga sama di bagian tangan kiri. Berarti sudah 2 kali Gendis suntik campak. Nah, suntik campak lagi akan di lakukan pas dia sekolah dasar nanti, rentang usia 6-7 tahun menurut laman kemenkes.go.id.

 

Bagaimana? Yuk semangat berikan imunisasi lanjutan usia 18 bulan untuk anak, agar anak mendapatkan haknya sehat dan bahagia terntunya. Salam.

 

 

 

Sumber pendukung artikel

 

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20230502/5342859/suntikan-imunisasi-ganda-untuk-cegah-campak/
Buku pink KIA

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat