Belajar Bisnis dari Legenda Robin Hood


Belajar Bisnis dari Legenda Robin Hood - Hampir semua orang mengenal cerita Legenda Robin Hood, yang sampai sekarang masih terus dilestarikan. Nggak percaya? Kisah kartun yang lagi naik daun 'Pororo' pun menyelipkan Legenda Robin Hood pada salah satu episodenya. Itu saya tahu ketika saya menemani Gendis, anak saya menontonnya.


Yang Bisa Dipelajari dari Legenda Robin Hood dalam Berbisnis
Yang Bisa Dipelajari dari Legenda Robin Hood dalam Berbisnis


 

Jadi Pororo tersesat di sebuah pulau untuk menyelamatkan temannya, tapi ia dihadang oleh penghuni pulau tersebut yang ternyata mereka orang-orang baik yang melindungi harta karun pulau tersebut. Datanglah bajak laut, yang kemudian menyerang dan ingin merampas harta karun. Datanglah Robin Hood menyelamatkan Pororo dan penghuni pulau.

 

Yes Robin Hood selalu digambarkan sosok pahlawan yang melawan kezaliman, yang sebenarnya ia adalah sosok bangsawan dan menjadi tirani bangsanya sendiri. Ia sosok yang ditakuti sekaligus disegani, ia juga termasuk sosok yang dicintai oleh rakyat jelata. Yang khas dari Robin Hood adalah dia selalu membawa busur dan anak panah miliknya. Di mana kalau ditarik dan diarahkan selalu mengenai sasaran bahkan bisa membelah sebilah anak panah juga. Keren ya?

 

Yang Bisa Dipelajari dari Legenda Robin Hood dalam Berbisnis

 

 

Yang Bisa Dipelajari dari Legenda Robin Hood dalam Berbisnis
Yang Bisa Dipelajari dari Legenda Robin Hood dalam Berbisnis

Fokus pada kemampuanmu

 

Legenda Robin Hood sangat santer terdengar dengan kehebatannya dalam memanah, kalau dia atlet sih sudah banyak penghargaan yang dikantonginya ya kan?

 

Nah kita bisa belajar dari hal tersebut. Robin Hood fokus pada kemampuan yang ia miliki, yakni memanah. Dalam dunia bisnis kita harus yakin kepada kemampuan diri sendiri. Misalnya nih saya dan suami memang berkecimpung di dunia menjahit, lantas apa yang bisa dikembangkan dari usaha ini ternyata suami mahir bikin craft. Jadilah usaha nyipede souvenir menjadi brand saya, dalam menjual kraft.

 

Demikian denganmu, gali apa yang kamu kuasai bertahun-tahun, dan kembangkan di situ. Buka banyak pintu rejeki dari hal yang kamu sukai. Kuncinya adalah fokus.

 

 

Ingat untuk berbagi ketika kamu sukses

 

Robin Hood digambarkan dari keluarga berada, tetapi dia justru melawan pemerintahan yang dibangun keluarganya dengan sewenang-wenang. Ia melakukan perampokan terhadap keluarga kaya dan dibagikan untuk mereka yang miskin. Mengapa? Karena sebagian harta yang kita miliki adalah milik mereka.

 

Demikian juga dengan sistem pemerintahan, kita membayar pajak misalnya. Berarti ada uang yang kita keluarkan kepada pemerintah dan uang itu dikembalikan lagi kepada kita dalam bentuk misalnya jalan yang rusak butuh perbaikan dan itu diambil dari uang negara. Uang negara milik siapa? Ya milik rakyat juga. Belum lagi yang lainnya.

 

Ini bukan membahas soal perampokan atau uang negara hehehe ... lebih kepada aktivitas yang dilakukan oleh Robin Hood yang berbagi. Meskipun bisnismu sudah moncer, ratusan cabang dibuka, reseller berjuta-juta ingatlah untuk selalu memberi dan berbagi. Karena apa yang kita bagikan akan dikembalikan kepada diri kita. Semua tergantung niatnya.

 

Tidak masalah dengan adanya kompetitor


Yang Bisa Dipelajari dari Legenda Robin Hood dalam Berbisnis
Yang Bisa Dipelajari dari Legenda Robin Hood dalam Berbisnis


 

Produk yang original sebenarnya ada atau tidak sih? Tentu ada, dan kita tahu bahwa ada pencipta lampu, ada pencipta pesawat terbang, dan lain sebagainya. Dari pencipta timbulah produk-produk baru, yang satu sama lain saling memberikan kelebihan kepada target marketnya.

 

Moral of the story bisnis ala Robin Hood ini, bisa kita pelajari dari sudut manapun tidak ada yang senang dengan apa yang kita lakukan. Ibarat kompetitor ya mereka ingin jadi yang paling unggul, tidak ada masalah dengan adanya kompetitor ini. Justru kita belajar lebih banyak kepada kompetitor, kita jadi bisa lebih baik dan memberikan yang lebih kepada mereka. Betul ya kan?

 

Semoga 'Belajar Bisnis dari Legenda Robin Hood', bisa memberikan insight kepada bisnis yang mau atau sudah kita bangun. Namun kembali lagi ke sudut pandang masing-masing orang, bagaimana dalam menyikapi. Semoga apa yang kita bangun, dapat memberikan manfaat seluas-luasnya aamiin. Salam.

 

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat