5 Obat Alami untuk Radang Tenggorokan, Bantu Redakan Nyeri!

 

Obat untuk radang tenggorokan dari bahan alami banyak digunakan sebagai alternatif meredakan rasa nyeri karena dinilai aman. Meski kondisi ini tergolong tidak berbahaya, radang tenggorokan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan menghambat produktivitas.


5 Obat Alami untuk Radang Tenggorokan, Bantu Redakan Nyeri!
5 Obat Alami untuk Radang Tenggorokan, Bantu Redakan Nyeri!


 

Oleh karenanya, banyak orang yang mencari obat alami untuk radang tenggorokan karena aman dan mudah ditemukan, mulai dari air garam hingga teh jahe. Mari simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara mengatasi radang tenggorokan.

 

Alternatif Obat Alami untuk Radang Tenggorokan

 

Obat untuk radang tenggorokan menjadi alternatif mudah yang dapat dipilih apabila gejala radang tenggorokan masih tergolong ringan. Simak daftarnya berikut ini.


obat alami untuk radang tenggorokan
obat alami untuk radang tenggorokan


 

1. Air Garam

 

Pertama, berkumur dengan air garam hangat menjadi salah satu alternatif obat untuk radang tenggorokan. Perlu diketahui, air garam dipercaya sebagai antiseptik yang dapat memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab radang tenggorokan.

 

Caranya mudah, larutkan satu sendok teh garam beryodium pada segelas air hangat. Selanjutnya, gunakan larutan air garam tersebut untuk berkumur selama 30 detik. Cara ini bisa dilakukan 3 sampai 4 kali setiap hari hingga gejala membaik.

 

2. Cuka Apel

 

Bahan herbal fermentasi ini dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya obat untuk radang tenggorokan. Sebagai informasi, cuka sari apel memiliki kandungan antimikroba yang diyakini dapat menghentikan pertumbuhan mikroba sehingga rasa sakit di tenggorokan mereda.

 

Cara penggunaannya adalah dengan melarutkan 1 sampai 2 sendok makan cuka apel ke dalam satu gelas air. Seperti air garam, larutan cuka sari apel digunakan sebagai obat kumur dan dilakukan 3 sampai 4 kali setiap hari untuk hasil yang optimal.

 

3. Campuran Madu dan Lemon

 

Selanjutnya, obat untuk radang tenggorokan berasal dari campuran madu dan lemon. Dalam hal ini, madu berperan sebagai antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan. Sementara, perasan lemon kaya akan kandungan vitamin C yang dapat meredakan nyeri sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Untuk penggunaannya, campurkan 2 sendok makan madu dan perasan lemon secukupnya ke dalam segelas air hangat atau teh. Dianjurkan untuk rutin mengonsumsi campuran bahan alami ini hingga rasa nyeri akibat radang tenggorokan membaik.

 

4. Kunyit

 

Bumbu dapur yang menjadi sumber antioksidan ini diyakini sebagai obat untuk radang tenggorokan alami. Dengan kandungan antioksidan tersebut, rempah kunyit bisa membantu meredakan peradangan pada tenggorokan karena sifat antiinflamasinya.

 

Caranya, campurkan setengah sendok makan kunyit bubuk dan setengah sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat. Kemudian, gunakan campuran air kunyit dan garam tersebut sebagai obat kumur selama beberapa detik. Disarankan untuk mengulanginya beberapa kali supaya obat herbal ini bisa bekerja optimal.

 

5. Teh Jahe

 

obat-untuk-radang-tenggorokan
beragam obat untuk radang tenggorokan berbahan alami,


Rekomendasi obat untuk radang tenggorokan yang terakhir adalah teh jahe. Layaknya kunyit, teh jahe juga memiliki kandungan antioksidan yang diyakini dapat membantu memerangi infeksi virus dan bakteri di tenggorokan.

 

Selain itu, antioksidan juga dapat memperbaiki sistem imun yang sedang tidak optimal serta mengembalikan kesehatan jaringan. Maka dari itu, untuk melegakan tenggorokan, konsumsi teh jahe bisa jadi pilihannya.

 

Itu dia sejumlah rekomendasi obat untuk sakit tenggorokan yang dapat dikonsumsi di rumah. Selain menggunakan sejumlah obat radang tenggorokan alami tersebut, penderita juga disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih untuk meringankan gejala.

 

Namun, apabila gejala yang dirasakan tidak kunjung mereda selama beberapa hari, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Referensi:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/obat-radang-tenggorokan-alami
https://hellosehat.com/tht/tenggorokan/cara-alami-sembuhkan-sakit-tenggorokan/

 

Postingan Terkait

4 komentar:

  1. Beberapa tips di atas pernah ku terapkan seperti air garam, madu lemon, dan kunyit. Rasanya tenggorokan lebih lega, enggak sakit saat menelan. Bahan alami ini ampuh ya mengatasi radang tenggorokan.

    BalasHapus
  2. Wah, makasih nih sharing tips mengatasi radang tenggorokan. Kalau biasanya orang-orang minum kecap dicampur jeruk nipis, itu beda ya buat obat batuk? Aku baru ngeh ternyata kunyit juga bisa menyembuhkan, selain madu, lemon dll. Kapan2 mau dicoba ah. Meskipun ga sakit tapi boleh aja kan supaya badan sehat dan bugar? Hehehehe....

    BalasHapus
  3. Andalan aku adalah madu dan lemon sama bikin teh jahe sendiri. Kalau cuka apel aku masih suka ragu kalau mau beli, takutnya kualitasnya kurang baik. Katanya sih cuka apel yang bagus itu yang masih ada endapannya ya?

    BalasHapus
  4. mba kalau saya di rumah biasanya lemon madu atau teh jahe, lumayan manjur untuk saya, edisi tim gak bisa makan obat kapsul hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat