Festival Durian Pekalongan 2024 di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan


Festival Durian Pekalongan 2024 di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan - Apa yang terlintas dalam kepalamu jika durian dibagikan gratis? Hmm ... pasti nggak menolak dong ya? Apalagi pecinta buah berduri tersebut. Di Alun-alun Kajen Pekalongan Minggu (14/1/2024), diadakan Festival Durian dengan 2000 buah durian dibagikan gratis.


Festival Durian Pekalongan 2024 di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan
Festival Durian Pekalongan 2024 di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan


 

Bagaimana untuk mendapatkan durian tersebut dengan gratis? Tentunya harus menyaksikan festival durian dan berada di lokasi. Tetapi sayangnya tidak semua mendapatkan, karena ribuan pengunjung saling berdesakan untuk memperebutkan gunungan durian. Hanya 2000 gunungan durian dibagikan, sementara pengunjung lebih dari 20 ribu orang berada di lokasi.

 

 

Meski Ricuh Sebagian yang Lain Merasa Senang Bisa Mendapatkan Durian Gratis

 

 

festival durian pekalongan 2024
festival durian pekalongan 2024

Buah durian memang terbilang mahal, buah dengan rasa yang manis dan bau yang khas tersebut membuat semua orang ingin menikmati. Demikian juga dengan pengunjung yang rela berdesak-desakan untuk mendapatkan buah durian.

 

Festival durian yang sudah berlangsung di Alun-alun Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa tengah mendapatkan antusiasme pengunjung yang luar biasa.

 

Awalnya pengjunjung bersantai, saat diumumkan oleh pengeras suara bahwa arak-arakan durian segera tiba, semua mengambil posisi dekat dengan jalan arak-arakan. Pengunjung yang ingin mendapatkan durian gratis, maupun yang sekadar ingin melihat bagaimana durian gunungan dibagikan mulai maju ke depan termasuk saya, hehehe ... lha ini baru pertama kali saya menyaksikan jadi sangat penasaran. Syukur-syukur bisa dapat durian gratis kan?

 

Nyatanya boro-boro durian gratis? Yang terjadi justru kericuhan. Ribuan pengunjung nekat menjebol pagar, dan arak-arakan durian yang belum selesai juga menjadi serbuan 'rayahan' (rebutan).


festival durian 2024
festival durian 2024

Bisa jadi karena hari mulai terik, acara tidak lekas dilaksanakan, terkesan diperlama. Otomatis pengunjung mulai jenuh dan nekat menjebol pertahanan tim keamanan maupun panitia. Jujur Alun-alun Kajen kemarin itu full lautan manusia, ditambah macet di mana-mana. Yang jelas tujuannya memang untuk datang dan menyaksikan festival durian, yang dilaksanakan setahun sekali.

 

Namun dibalik kericuhan sebagian yang lain merasa senang, karena mendapatkan durian gratis. Salah seorang warga Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, dengan nama Dafa menuturkan bahwa dirinya senang. "Rak iso napas tapi seneng," ucapnya dengan logat khas Pekalongan.

 

"Entuk duren yo mantap, cuman yo kudu rayahan ndisik. Seng rak entuk ojo nangis," tuturnya dengan sumringan ketika saya bertanya bagaimana pesan dan kesannya mendapatkan durian gratis.

 

festival durian kabupaten pekalongan 2024
 festival durian kabupaten pekalongan 2024



Saya sendiri tidak mendapatkan durian, karena menjauh dari lokasi gundukan durian. Lha wong ada yang dilempat-lempar, kan takut. Beberapa pengunjung juga banyak yang mengungkapkan melihat tangan orang-orang berlumuran darah.

 

Faktanya ada yang memang sudah siap membawa sarung tangan untuk mengambil durian, tetapi ada yang tidak membawa, mereka memilih menggunakan jaket atau kaos yang dikenakan, apa saja asal tidak mengenai tangan dan tubuhnya. Seperti yang kita tahu durian merupakan buah yang berduri tajam.

 

Rombongan yang datang bersama saya juga mengungkapkan bahwa dirinya melihat wanita yang digotong-gotong oleh bagian kesehatan, karena terluka kena injak. Banyak yang teriak-teriak ada orang pingsan, namun ada juga ada yang bersedih hati kehilangan uang dan handphone. Namanya juga festival ya? Harus siap konsekuensinya ketika berada di lokasi. Oleh sebab itu perlu memersiapkan diri dan hati-hati, jika kalian memang ingin menyaksikan acara besar seperti itu.

 

Total ada 19 Kecamatan yang mengikuti arakan durian, sayur, dan buah dari hasil bumi masyarakat di daerah Kabupaten Pekalongan.

 

 

Tips Mendapatkan Durian Gratis dalam Festival Durian di Pekalongan

 

durian lolong pekalongan
durian pekalongan

 

  • Membawa sarung tangan tebal, karena durian buah yang berduri jadi jangan sampai jadi korban terkena tusukan duri durian
  • Duduk di barisan depan. Ketika bupati sedang melakukan incip-incip buah durian, untuk menentukan siapa pemenang. Beliau berbagi durian lho, kemarin. Jadi posisi depan lebih menguntungkan dan juga kalau terjadi kericuhan tinggal naik ke panggung untuk menyelamatkan diri

 

 

Kesimpulan

 

Festival Durian Kabupaten Pekalongan merupakan festival setahun sekali, dan ada banyak durian dibagikan. Untuk mendapatkan warga perlu berebut, atau bahasa yang sering digunakan disebutnya dengan 'rayahan'. Namun perlu mental berani, dan nyali yang kuat untuk mendapatkan durian gratis.

 

Simak saja festival durian Kabupaten Pekalongan, yang terjadi di alun-alun Kajen. Hanya 2000 durian dengan pengunjung lebih dari 20 ribu orang. Oleh sebab itu penting menjaga diri ketika bepergian ke sebuah festival, di mana kadang kericuan kerap kali terjadi. Termasuk pada festival durian di Alun-alun Kajen.

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat