5 Jenis Buah dan Sayur yang Tidak Perlu Dikupas


5 Jenis Buah dan Sayur yang Tidak Perlu Dikupas Kulitnya - Buah yang gampang dimakan buah apa sih? Tentu buah yang tidak perlu dikupas hehehe ... tinggal lahap aja ya, nggak perlu repot.




 

Kadang saya ingin makan buah salak atau rambutan, tapi malas karena harus dikupas dahulu, yang kadang bikin kuku atau tangan lecet. Iya nggak sih? Kulit salak itu tajam lho? Percaya nggak? Saya pernah terluka karenanya. Makanya kadang mau makan salak males, karena kudu ngupas dulu gitu. Nah, sebutkan buah yang perlu dikupas? Selain salak?

 

FYI, kenapa mengupas kulit buah atau sayuran itu perlu? Karena untuk mengurangi paparan dari pupuk atau pestisida yang digunakan untuk menanam buah dan sayuran.

 

Dilansir dari Healthine, kulit buah dan sayuran sebenarnya kaya nutrisi, ada serat, vitamin, mineral, dan juga senyama antioksidan. Kalau nggak dikupas ya kita dapet asupan nutrisinya total, berbeda dengan yang sudah dikupas.

 

Manfaat dari buah atau sayur yang kaya serat tinggi ini, bisa membuat kita yang mengonsumsi jadi bisa nahan lapar lebih lama, cocok untuk yang lagi program diet.

 

 

Ini Dia 5 Jenis Buah dan Sayur yang Tidak Perlu Dikupas

 

 

jenis buah dan sayur
Ini Dia 5 Jenis Buah dan Sayur yang Tidak Perlu Dikupas



1. Buah apel

 

Kamu tim kupas apa tim langsung makan? Kalau tim langsung makan, selamat kita samaan. Kulit apel ini banyak serat larutnya, dari vitamin C, vitamin A, dan ada senyawa antioksidan yang disebut dengan flavanoid. Tapi kita perlu waspada juga, karena ada kandungan pestisida jug di kulit apel, kuncinya cuci bersih ya dan beli apel yang organik jauh lebih bagus. Tapi apel organik kan mahal ya? Hehehe ... apapun itu pokoknya, yang penting kita dapat asupan buah ya untuk tubuh.

 

2. Wortel

 

Dilansir dari Prevention, wortel memiliki senyawa poliasetilen, yang mana dalam penelitian tabung senyawa ini bisa mengusir atau melawan sel kanker. Yang suka makan wortel tanpa dikupas cung!

 

3. Kentang

 

Kulit kentang merupakan makanan yang punya banyak manfaat, dari serat, zat besi, dan folat dibanding dagingnya. Family kentang seperti ubi juga memiliki kandungan yang sama.  Bisa pilih ubi madu atau ubi ungu, karena banyak mengandung pigmen.

 

4. Mentimun

 

Kulit buah mentimun mengandung vitamin K, potasium tinggi, dan serat. Tapi kulit mentimun juga ada kandungan lilinnya, jadi harus dicuci dengan sebaik-baiknya.

 

5. Terong

 

5 Jenis Buah dan Sayur yang Tidak Perlu Dikupas
biji buah yang bisa dimakan

Terong ini termasuk enak bagi saya, mau dikonsumsi dikupas kulitnya atau tidak sama-sama rasanya enak. Kulit terong banyak mengandung antioksidan yang disebut nasunin, yang mana nasusin ini bagian dari antioksidan flavanoid. Senyawa yang bisa membanatu penurunan berat badan.

 

Kamu suka dikupas atau tidak dari buah dan sayur di atas? Buah yang dikupas dengan tangan cuma kentang deh. Yang lain membutuhkan media yaitu pisau.  Yang paling penting dari buah dan sayur adalah, mampu mencukupi kebutuhan keseharian kita ya.

 

 

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat