5 Cara Mengurangi Sampah di Sekolah


5 Cara Mengurangi Sampah di Sekolah - Judul tentang sampah di sekolah ini, memang selalu hangat menjadi perbincangan. Karena di Indonesia menurut data tahun 2022, menempati penghasil sisa sampah mananan pada peringkat kedua diantara negara-negara G20. Nah lho! 


cara mengurangi sampah di sekolah judul tentang sampah di sekolah pengelolaan sampah di sekolah
5 Cara Mengurangi Sampah di Sekolah



Jangan sampai permasalahan sampah di sekolah dan solusinya kita abaikan, karena menjadi tugas dan tanggungjawab bersama yang harus diatasi. Bukan hanya anak-anak, tapi juga orang dewasa bertanggung jawab penuh, untuk mendampingi anak dalam membuang sampah serta memilah yang benar. 


Cara mengurangi sampah plastik di Sekolah harus menjadi tanggungjawab bersama, sedari dini anak-anak juga harus diajarkan dengan bijak bagaimana pengelolaan sampah di sekolah yang benar. Terutama berawal dari rumah. 


Kenali 5 Cara Mengurangi Sampah di Sekolah dan Terapkan yuk!


cara mengurangi sampah di sekolah judul tentang sampah di sekolah pengelolaan sampah di sekolah
pengelolaan sampah di sekolah



1. Membawa botol minuman dan tempat makan dari rumah


Punya duit ini tinggal beli gampang, bukan begitu konsepnya ya. Dengan membawa botol minuman atau tempat makan dari rumah, kita dapat mengurangi penggunaan sampah plastik. Kita juga bisa menekan timbunan sampah di sekolah. 


Malah anak jauh lebih hemat, jika di sekolahan disediakan terminal isi ulang. Jadi anak-anak yang butuh minuman tinggal pencet deh, nggak perlu membeli. 


2. Beralih ke penggunaan pensil kayu dan bolpoin stainless


Sebaiknya orangtua maupun guru di sekolah, menyarankan kepada anak untuk menggunakan pensil kayu dan bolpoin stainless, daripada penggunaan penda dengan material plastik. Yuk dengan tegas kita sosialisasikan baik di rumah, ke tetangga, dan orang-orang yang kita kenal. 


3. Melaksanakan aksi Jumat bersih


Daridulu di daerah saya jika ada komunitas, biasanya menyelenggarakan aksi Jumat bersih selain berbagi nasi bungkus setiap Jumat. Karena aksi ini secara tidak langsung, akan menggerakan orang-orang di sekitar untuk melakukan hal yang sama. Dan di banyak sekolah sudah mulai diterapkan juga, selain aksi Jumat bersih juga pemilahan sampah yang benar. Semoga hal ini terus digalakan, di mana pun tempatnya berada. 



4. Membuat lomba dari sampah plastik 



Sampah plastik ternyata kalau dibuat karya seni, juga bisa bernilai tinggi lho daripada dibuang begitu saja. Maka pengelolaan sampah di sekolah, juga bisa nih diterapkan untuk siswa-siswi dengan cara membuat lomba dari prakarya sampah plastik. 


5. Mengurangi pembelian makanan berbungkus plastik



permasalahan sampah di sekolah dan solusinya cara mengurangi sampah plastik di sekolah dampak sampah plastik di sekolah
permasalahan sampah di sekolah dan solusinya



Biasanya anak-anak dibawakan bekal dari rumah, tetapi kalau tidak membuat bekal tidak ada salahnya membeli makanan atau jajanan dengan membawa kotak bekal. Tinggal disodorkan kepada penjual, dan penjual tidak lagi perlu nih mengeluarkan plastik. Asyik juga kalau diterapkan di seluruh sekolah. Sampah jadi dapat diminimalisir. 



Semoga 5 cara mengurangi sampah di sekolah di atas, juga sudah diterapkan oleh sekolah-sekolah maupun instansi-instansi dan seluruh masyarakat. InsyaAllah dengan demikian, kita turut menjaga bumi dan lingkungan. 


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat