Tips Investasi bagi Ibu Rumah Tangga, Apa Produk yang Cocok?

Tips Investasi bagi Ibu Rumah Tangga, Apa Produk yang Cocok? - Banyak ibu rumah tangga (IRT) yang ingin menghasilkan uang sendiri disamping kesibukannya mengurus rumah. Jika berbisnis dirasa cukup merepotkan, maka para mommy bisa mencoba untuk berinvestasi. Melalui investasi, ibu-ibu bisa mendapatkan passive income dari return atau keuntungan hasil penanaman modal. 


tabungan yang cocok untuk ibu rumah tangga reksadana adalah
Tips Investasi bagi Ibu Rumah Tangga



Investasi menjadi salah satu cara mendulang cuan yang cocok dijalani oleh ibu rumah tangga karena tidak menguras waktu dan pikiran. Anda hanya perlu membeli instrumen investasi, kemudian menunggu keuntungannya di masa mendatang atau sesuai jangka waktu yang ditentukan. 


Dari sekian banyak instrumen investasi, ada produk investasi yang cocok dan aman bagi IRT. Apalagi saat ini investasi bisa dilakukan secara mudah melalui platform digital, salah satunya mobile banking. Cara daftar mbanking dan penggunaannya pastinya Anda sudah paham. 


Sebelum mulai berinvestasi, sebaiknya Anda mengenali dan memahami terlebih dahulu mengenai berbagai instrumen investasi. Lantas apa saja produk investasi yang cocok bagi ibu rumah tangga?



Tips Investasi yang Cocok bagi Ibu Rumah Tangga



Meski proses pembelian investasi cukup mudah di era sekarang, sebaiknya ibu rumah tangga tidak gegabah atau asal pilih. Selain itu, jangan hanya tergiur dengan besaran keuntungan yang ditawarkan. 


Sebaiknya pertimbangkan instrumen investasi yang aman dan cocok bagi Anda. Berikut ini sejumlah produk investasi yang disarankan bagi ibu rumah tangga.



tabungan yang cocok untuk ibu rumah tangga reksadana adalah
Tips Investasi bagi Ibu Rumah Tangga, Apa Produk yang Cocok?




  1. Reksadana


Reksadana menjadi salah satu instrumen investasi yang cocok bagi ibu rumah tangga. Saat Anda baru mulai berinvestasi atau masih awam, sebaiknya tidak buru-buru membeli instrumen yang menawarkan return tinggi karena tingkat risikonya juga besar. Reksadana sangat direkomendasikan bagi IRT karena tingkat risikonya lebih rendah, namun tetap menawarkan keuntungan yang kompetitif. 


Saat ini investasi Reksadana juga sangat mudah karena bisa dilakukan secara online. Salah satunya Anda bisa berinvestasi melalui aplikasi digital banking. Apa itu digital banking tentunya sudah tidak asing bagi Anda. Selain itu, investasi ini juga bisa dilakukan dengan modal yang sangat terjangkau. 


Saat berinvestasi di produk Reksadana, Anda juga tidak perlu pusing memikirkan alokasi modal atau dana Anda. Dalam investasi Reksadana, sudah ada manajer investasi profesional yang akan mengelola dana dan portofolio aset Anda. Jadi Anda tinggal memantau perkembangan aset Anda dan menunggu imbal hasilnya. 


  1. SBN


Surat Berharga Negara (SBN) juga menjadi instrumen investasi yang cocok bagi ibu rumah tangga. Produk investasi ini diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah RI sehingga aman dan regulasinya jelas. Berinvestasi di SBN dilakukan dengan membeli obligasi yang ditawarkan oleh negara. 


Ada beberapa jenis SBN yang diterbitkan oleh pemerintah, di antaranya ORI, SBR, SR, RT. Jenis SBN yang banyak diincar oleh IRT yaitu Seri ORI dan SBR. Biasanya pemerintah akan membuka pembelian SBN pada waktu-waktu tertentu, sehingga Anda harus bergerak cepat begitu produk investasi ini ditawarkan. 


Modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi SBN juga cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp1 juta. Alasan lain mengapa investasi ini sangat disarankan bagi IRT adalah karena risikonya yang kecil, namun return yang didapat tetap menggiurkan. Keuntungan yang didapat berupa bunga yang rata-rata sudah melebihi suku bunga deposito bank. 


  1. Deposito Berjangka


Jika Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin berinvestasi untuk jangka panjang, maka deposito berjangka bisa jadi pilihan yang tepat. Deposito berjangka adalah produk perbankan yang berupa tabungan dengan jangka waktu tertentu. Karena sifatnya berjangka, pengambilan dana deposito ini hanya bisa dilakukan dalam waktu tertentu sesuai yang sudah disepakati nasabah dengan perbankan. 


Deposito berjangka cocok bagi Anda yang memiliki uang dingin sebagai modal investasi jangka panjang. Anda akan menyimpan uang tersebut di dalam deposito untuk jangka waktu tertentu. Produk investasi ini juga menawarkan tingkat suku bunga yang beragam, mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan. 


  1. Emas atau Logam Mulia


Emas atau logam mulia tentunya sudah tidak asing lagi bagi ibu-ibu. Produk investasi yang satu ini memang cocok dipilih ibu rumah tangga karena nilainya cenderung stabil atau tidak fluktuatif seperti saham dan Reksadana. Jadi investasi ini bersifat cukup aman karena potensi kerugiannya sangat kecil. Selain itu, emas juga bersifat likuid sehingga mudah dicairkan apabila Anda sedang dalam kebutuhan mendesak.


Ada dua jenis emas yang bisa dibeli oleh ibu-ibu, yaitu perhiasan dan logam mulia atau emas batangan. Emas perhiasan mudah ditemui karena biasa digunakan untuk mempercantik penampilan. Di balik kelebihannya yang bisa dipakai, emas jenis ini memiliki return yang bersifat cenderung turun, tidak sebagus emas batangan. Sementara itu, logam mulia juga tersedia dalam berbagai variasi beratnya. 


  1. P2P


Peer-to-Peer Lending juga jadi pilihan investasi yang cocok bagi ibu rumah tangga. P2P lending adalah sistem keuangan yang mempertemukan peminjam dan investor. Jadi Anda bisa memberi pinjaman kepada individu atau bisnis yang ingin menjadi debitur. Nantinya investor akan mendapat keuntungan dari bunga pinjaman yang diajukan. 


Investasi P2P sangat disarankan bagi ibu-ibu karena modalnya cukup terjangkau. Melalui platform serupa marketplace bagi kreditur dan debitur, Anda sebagai investor bisa memilih jenis pinjaman yang ingin didanai, masa tenor, besaran bunga, hingga risikonya. Investasi ini juga akan menawarkan imbal hasil yang menarik tergantung pada suku bunga yang didanai. 


Itulah rekomendasi beberapa produk investasi yang cocok bagi ibu rumah tangga. Sejumlah instrumen investasi di atas sangat disarankan bagi investor pemula karena tingkat risikonya yang lebih rendah, modal terjangkau, serta tetap menawarkan keuntungan yang menggiurkan. 



Menggunakan Digital Banking untuk Investasi Reksadana Mudah


Setelah mengetahui daftar produk investasi yang cocok bagi IRT, apakah Anda sudah menentukan pilihan? Jika Anda mencari instrumen investasi yang sedang ngetren atau marak digemari, maka belilah Reksadana. Investasi ini banyak dipilih karena risikonya terbilang rendah dan keuntungannya tetap menarik. Selain itu, investasi Reksadana juga bisa dilakukan secara online melalui platform digital. 

Saat ini Anda bisa berinvestasi Reksadana melalui digital banking dengan layanannya yaitu mobile banking. Salah satu mobile banking yang menyediakan fitur investasi Reksadana adalah PermataMobile X. Mobile banking dari PermataBank ini bisa Anda unduh di Play Store dan App Store. Cara daftar mbanking ini sangatlah mudah dan persyaratannya cukup sederhana. 

Melalui PermataMobile X, Anda bisa memulai investasi Reksadana dengan modal sebesar Rp100,000. Ada empat produk investasi reksadana yang bisa Anda pilih, yaitu Reksadana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Informasi lebih lengkap mengenai cara daftar mbanking PermataMobile X dan persyaratannya bisa Anda baca di sini.


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat