Mau Servis Motor Apa Saja? Komponen Ini Perlu Diperiksa

 

Mau Servis Motor Apa Saja? Komponen Ini Perlu Diperiksa - Pemilik sepeda motor, mau tidak mau harus rutin servis motor apa saja yang dipunyai. Baik motor matic atau motor yang bergigi. Karena jika tidak rajin membawa motor untuk service, otomatis performa motor akan turun pun motor tidak akan awet.


servis motor harga servis motor matic apa saja servis motor apa saja
Mau Servis Motor Apa Saja? Komponen Ini Perlu Diperiksa


 

Saya pikir kalau punya motor urusan perjalanan akan mudah dan nggak ribet, memang ... tapi armada yang dikendarai juga perlu dirawat dengan baik agar perjalanan menjadi menyenangkan.

 

"Emange punya motor tinggal naik aja? Ya kudu diservis juga to!" ucap adik saya. "Dipajekin juga tu motor tiap tahun," lanjutnya lagi.

 

Astaga saya kira punya motor tinggal naik dan beliin bensin, udah gitu doang. Ternyata punya motor nggak sekadar memiliknya. Harus melakukan perawatan dan juga membayar pajaknya, hahaha ... kemana saja saya selama ini. Nggak cuma makhluk hidup yang butuh dirawat ternyata ya?

 

Allhamdulillahnya memiliki kakak yang pandai utak-atik kendaraan beroda dua maupun beroda empat, membuat saya jadi setidaknya mengerti apa yang harus dirawat rutin.  Lantas apa saja yang perlu diperhatikan dalam melakukan servis motor?

 

8 Komponen yang Perlu Diperiksa Ketika Service Motor

 

Servis motor honda maupun servis motor yamaha, semuanya sama yang perlu diperiksa dan 8 komponen ini yang paling utama. Apa saja ?


servis motor harga servis motor matic apa saja servis motor apa saja
8 Komponen yang Perlu Diperiksa Ketika Service Motor


 

1. Memerhatikan oli mesin

 

Oli motor matic mendapatkan perhatian lebih, ketimbang motor bergigi. Kalau kata suami, memiliki motor matic memang lebih ribet dalam pemakaian. Yah, mentang-mentang suami memiliki motor bergigi. Tapi menurut saya, memiliki motor apa saja itu nggak ada yang nggak ribet. Lha wong cuma punya sepeda aja juga kudu perhatian terhadap rantainya.

 

Oli mesin dalam motor punya fungsi sebagai pelumas dan pelindung mesin, itulah mengapa harus rutin diganti olinya dengan cara servis motor terdekat. Ukuran rata-rata dalam mengganti oli mesin kalau sudah 2500 Km pemakaian ya.

 

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

 

2. Memerhatikan oli gardan

 

Oli gardan wajib diganti bagi pemilik motor matic ya, karena fungsi oli gardan ini untuk melumasi gear yang ada di CVT (Continuously Variable ransmission). Kalau tidak rutin diganti ya bikin ngadat. Tapi tenang, penggantian oli gardan nggak serutin oli mesin. Kalau sudah mengganti oli mesin 2x, baru barengi dengan penggantian 1x oli gardan. Begitu ya.

 

3. Penggantian kampas rem

 

Saya selalu berpesan kepada suami untuk selalu mengganti kampas rem, saat kondisi pengereman mulai tidak pakem. Karena saya juga sering memakai motor juga, jadi kalau ada apa-apa pada motor, saya yang selalu protes.

 

Penggantian kampas rem ini tidak bisa ditunda-tunda menurut saya, karena berpengaruh kepada keselamatan di jalan. Meski kita sudah hati-hati, kadang pihak lain yang main nyelonong dan rem yang pakem akan menjaga kita.

 

4. Busi

 

Kalau kamu kayak saya yang nggak bisa narik motor buat didompleng tengah, fix kamu wajib memeriksa busi tiap kali servis motor. Mengapa? Karena busi yang akan mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api, jadi seketika motor bisa menyala. Jika tidak ya, kita perlu melakukan cara lain dan itu jauh lebih berat.

 

5. Ban

 

Saya termasuk orang yang memeriksa ban dulu sebelum bepergian, soalnya takut kalau bocor dijalan dan jauh dari bengkel kan? Apalagi pas bawa sendirian, kan panik. Daripada semua itu terjadi maka penting untuk melakukan pengecekan pada ban. Baik itu bannya udah gundul atau belum, dan isi tekanan udara kempes atau tidak.

 

 

6. Filter udara

 

Udara yang masuk pada ruang pembakaran motor, kalau tidak difilter dapat menyebabkan kerusakan. Sistem injeksi dan karburatornya bisa tersumbat. Hal tersebutlah yang membuat kita patut waspada, jangan sampai filter udara ini rusak. Kalau keadaan filter udara udah nggak layak, mending diganti aja ya.

 

7. Aki/Accu

 

Ideal tegangan yang terjadi pada aki berada pada 12,3-12,6 volt dan kondisinya mesin mati ya. Tetapi kalau menyala akan berada diketegangan 13,7-14,2 volt. Apabila mendapati tidak sesuai dengan tegangan yang terjadi berarti ada masalah pada akinya. Agar mengendarai dengan nyaman, wajib diganti ya kalau akinya rusak.

 

8. Tune up Motor dengan rutin

 

Pemeriksaan rutin komponen ini wajib dilakukan rutin, agar motor dapat melakukan tugasnya dengan baik. Dari kampas rem, busi, lampu, karburator, filter udara, klakson, rem, rantai, dan lain sebagainya.

 

Tune up motor juga bisanya termasuk mengganti oli mesin, oli gardan, penggantian sparepart dan tentu saja mekanik akan mengomunikasikan ke kita sebagai pemilik motor. Bersedia atau tidak untuk dilakukan penggantian.

 

 

Rekomendasi Servis Motor Terdekat dan Terbaik

 

Servis motor yang bikin aman dan nyaman ada di Planet Ban. Mengapa? Karena servis motor yang dilakukan di planet ban, akan memberikan pengalaman servis motor rasa baru.

 

Di planet ban servis motor rasa baru diberi nama dengan sistem servis terpadu. Yang tujuannya meng-upgrade atau meningkatkan performa ketahanan motor dengan biaya yang hemat dan cepat. Fokus yang dilakukannya biasanya letak yang ngumpet-ngumpet, dan jarang dibersihkan.

 

Manfaat yang didapatkan ketika servis motor di Planet Ban apa sih?

 

4 Manfaat yang didapatkan ketika servis motor di Planet Ban apa sih?

 

1. Di Planet Ban pembersihan menggunakan cairan khusus berteknologi tinggi, jadi nantinya setelah diservis akan mendapakan performa motor dan proteksi mesin yang awet, dan aman.

 

2. Di Planet Ban penggunaan sparepartnya asli, bukan yang bajakan jadi akan membuat motor jadi tahan lama, tarikan enteng, serta mesin nggak gampang panas.

 

3. Rutin servis di Planet Ban akan membuat kita hemat, karena 4-6 bulan sekali baru servis. Berbeda di bengkel biasa tiap blan harus datang. Karena standart jarak tempuhnya bisa 5000km.

 

4. Dengan servis di Planet Ban, kita jadi lebih melindungi lingkungan. Emisi dan polusi pada motor berkurang banyak.

 

Mengapa harus ke Planet Ban? Ketimbang di Tempat lain?

 

servis motor harga servis motor matic apa saja servis motor apa saja
Mengapa harus ke Planet Ban? Ketimbang di Tempat lain? 



Sebenarnya bengkel di mana aja sama, tetapi berbeda dengan Planet Ban karena memiliki standarisasi dalam pembersihan itu menyeluruh. Nggak kaleng-kaleng, bagian tersembunyi yang sering luput dibersihkan oleh Plane Ban justru menjadi bagian penting. Misalnya kotoran dan debu yang ada di blok CVT, yang biasanya bikin motor terasa berat.

 

Selain itu bagian klep mesin, throttle body, kepala silinder, piston, dan lain-lain. Semua sisa pembakaran dari debu dan kotoran juga dibersihkan, inilah yang bikin mesin rasa baru. Yang bikin Planet Ban berbeda.

 

Dengan pembersihan yang totalitas bakalan bikin kita merasakan kenyamanan ketika berkendara. Mesin jadi lebih enteng tarikannya, suaranya juga halus, lebih hemat BBM-nya, emisi turun 70%, dan bersih deh pokoknya.

 

Biaya servis motor matic apa saja di Planet Ban juga sama, nggak bikin kantong bolong. Bocoran harganya untuk motor injeksi cuma Rp20.000, service throttle body Ro20.000, dan service CVT plus rantai Rp19.500,-.

 

Dengan begini, teman-teman nggak ragu lagi deh buat mampir ke Planet Ban. Tenang, servis motor apa saja bisa. Planet Ban juga sudah ada di berbagai kota, jadi nggak perlu jauh-jauh buat servis motor terdekat.

 

Sumber pendukung artikel : 

Foto oleh instagram Planet Ban diedit oleh Canva

Postingan Terkait

6 komentar:

  1. Pas muda aku juga ngertinya mbeliin bensin doang mba...pas udah kerja...dikasih tambahan tanggungjawab, mbayar pajek sendiri ke samsat. Pas dah nikah...mbawa sendiri ke bengkel klo trouble/butuh cek rutin. Untung sekarang banyak bengkel dengan harga terjangkau plus pelayana bagus Planet Ban salah satunya.
    .

    BalasHapus
  2. Kadang sebagai wanita dengar kata otomotif aja rasanya udah berat untuk dipelajari ya. Ternyata kalo kita mau belajar gak berat kok, malah menyenangkan

    BalasHapus
  3. Bener banget. Motor matic memang punya urusan penting yang perlu diperhatikan lebih dibandingkan motor bergigi.

    Oli yang bagus itu bisa bikin mesin jadi lebih hemat bahan bakar. Jadi, bisa jalan lebih jauh dengan isi bensin yang sama. Bisa hemat duit!

    Cukup perhatiin oli motor matic dengan baik, dan motor kesayanganmu akan terus bertenaga dan siap menjelajahi dunia!

    BalasHapus
  4. Ban memang menjadi hal krusial yang perlu untuk rutin di cek. Hal ini karena berpengaruh pada keselamatan berkendara.

    BalasHapus
  5. Biaya servicenya juga terjangkau banget sih menurut saya. Planet Ban tahu persis kebutuhan pelanggannya

    BalasHapus
  6. Planet Ban tidak pernah mengecewakan kalau saya sih. Teknisi juga solutif

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat