Cara Menstabilkan Gula Darah Secara Alami dengan 7 Cara Ini


Cara Menstabilkan Gula Darah Secara Alami dengan 7 Cara Ini - Minum apa agar gula darah normal? Siapa yang punya gejala atau sudah pernah ke dokter dan dinyatakan memiliki penyakit gula darah? Yang dikenal juga dengan istilah diabetes melitus.


cara menstabilkan gula darah secara alami minum apa agar gula darah normal cara mengontrol gula darah pada penderita diabetes
cara mengontrol gula darah tanpa obat


 

Mengapa bisa dikatakan punya penyakit gula darah? Karena ditandai hasil lab dengan adanya kadar gula dalam darah yang kita miliki. Jadi nggak bisa dianggap sebelah mata ini penyakit, terlebih kalau gula darah tinggi.

 

Almarhum mertua perempuan saya termasuk yang memiliki gula darah tinggi, dan pernah menjalani operasi kecil karena jempol kaki kanannya terluka, mengeluarkan darah setiap hari yang tidak kunjung hilang.  Nah bagaimana cara mengontrol gula darah pada penderita diabetes? Ini dia cara yang bisa dilakukan.

 

7 Cara Mengontrol Gula darah Tanpa Obat

 

1. Hindari rebahan sesudah makan

Setelah makan dan sebelum makan berat badan kita pasti akan berbeda, pun asupan yang kita konsumsi akan mengalir ke seluruh tubuh dan menempati porsinya masing-masing.

 

Hal yang harus dilakukan adalah agar gula darah cepat turun, hindari posisi tiduran, rebahan, atau berbaring sesudah makan.

 

2. Melakukan olahraga

 

cara mengontrol gula darah tanpa obat agar gula darah cepat turun cara menurunkan gula darah
agar gula darah cepat turun


Salah satu cara menstabilkan gula darah secara alami adalah dengan melakukan olahraga atau aktif bergerak tidak mager.

 

Dengan aktif bergera ke sana-kemari akan membuat sel-sel dalam otot akan mengambil lebih banyak glukosa, dan mengubah menjadi energi. Gerakan memiliki fungsi agar gula darah cepat turun.

 

Berapa lama olahraga tersebut diperlukan? Kurang lebihnya 150 menit dalam waktu seminggu.

 

3, Mengatur pola makan yang benar

 

Patuh adalah hal pertama yang harus dilakukan oleh penderita diabetes, karena semua berawal dari asupan makanan. Hindari makanan yang mengandung kalori, tinggi lemak, dan batasi karbohidrat. Fast food sebaiknya juga dihindari, pilih makanan bergizi seimbang.

 

Menghindari bukan berarti tidak boleh, hanya dikurangi porsinya agar lonjakan gula dalam darah tidak meninggi.

 

4. Penting untuk mengontrol porsi makanan

 

Penderita diabetes harus sadar diri, mengapa? Ya supaya gula darah dalam darah tidak naik. Bagaimana caranya? Pantau berat dan ukuran makanan, pilih porsi kecil tapi sering daripada porsi besar. Lihat informasi kandungan makanan dalam kemasan, makan dengan perlahan agar bisa tercerna dengan benar.

 

5. Istirahat yang cukup

 

Istirahat atau tidur yang cukup akan menolong penderita gula darah, oeh sebab itu harus rileks. Mengapa? Jika timbul stres, penderita gula darah akan meningkat kadar gula darahnya. Ingat! 7-9 jam tersebut harus terpenuhi ya!

 

6. Atur stres dengan aman


cara mengontrol gula darah tanpa obat agar gula darah cepat turun cara menurunkan gula darah
cara mengontrol gula darah pada penderita diabetes


 

Minum apa agar gula darah normal? Nggak melulu harus minum ini dan itu sih, cara menstabilkan gula darah secara alami itu mudah sebenarnya. Mengatur stres dengan baik juga bisa membuat penderita gula darah merasa aman.

 

Jadi jangan stres-stres dan banyak pikiran ya? Masalah memang selalu datang, tetapi ambilan poin untuk menikmati setiap ujian yang datang. Ambil napas beberapa kali, leaskan. Memutar musik yang disukai juga bisa melepaskan stres lho, healing dan me time dengan hal yang disukai juga termasuk cara meredam stres.

 

7. Pantau gula darah dengan cara mengukurnya

 

Tidak harus memiliki alat pengukur gula darah sih, kita bisa memeriksakan gula darah di apoik lho. Nggak juga harus ke rumah sakit atau puskesmas kalau memang tidak bisa.

 

Dengan cara memantau gula darah akan membua kita memtuskan mengonsumsi makanan berlebih atau tidak.

 

Semoga cara mengontrol gula darah pada penderita diabetes di atas, dapat membantu mengingatkan kembali akan kesehatan yang harus kita jaga dengan amanah. Harapannya kita semua senantiasa sehat selalu, aamiin. Salam

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat