Selesaikan Tantangan TUFI Bisa Dapat Bibit Pohon

Selesaikan Tantangan TUFI Bisa Dapat Bibit Pohon - Belakangan ini cuaca semakin tidak menentu. Musim kemarau yang terlampau panas, sampai-sampai terjadi kondisi negara tetangga hampir kehabisan air dalam empat bulan. Atau berita mengenai negara lain yang mengalami cuaca panas sampai 50 derajat selsius. Sungguh ini merupakan berita yang mengerikan.


Selesaikan Tantangan TUFI Bisa Dapat Bibit Pohon
Selesaikan Tantangan TUFI Bisa Dapat Bibit Pohon


 

Tapi, pertanyaanya, kenapa tampaknya masih banyak yang kurang peduli dengan kondisi yang ada saat ini, ya? Bukan tidak peduli, tapi masih sedikit untuk menjadikan issue perubahan iklim ini sebagai berita utama yang sering dibahas, bukan lagi berita tentang perselingkuhan dan perceraian yang masih lebih banyak pembahasannya di linimasa.

 

Sejujurnya, kekhawatiran akan perubahan iklim yang nantinya akan berimbas juga pada kekeringan, perubahan cuaca ekstrim sampai kerusakan lain yang rasanya tidak mampu saya bayangkan. Ini semua sudah banyak yang merasakan. Tapi, aksi untuk memperlambat laju perubahan iklim yang sudah dirasakan ini, mungkin masih sedikit yang menerapkannya. Atau justru malah masih sedikit yang tahu.

 

Kali ini saya akan berikan sedikit aktivitas yang bisa membantu menahan laju perubahan iklim. Simak ya sampai habis, kemudian bantu untuk bagikan ke teman-teman lainnya.

 

 

#BergerakBersamaBerdaya Bareng TUFI Untuk Perlambat Laju Perubahan Iklim

 

Perkenalkan TUFI yang merupakan kependekan dari Team Up For Impact. Sebuah komunitas peduli bumi yang memiliki website teamupforimpact.org. Website ini ditujukan buat kita, generasi yang terbiasa dengan internet. Untuk ikut partisipasi dalam misi menyelamatkan bumi melalui kegiatan yang receh alias super ringan.

 

Meski kegiatannya sederhana tapi tenang saja, ada reward alias penghargaan berbentuk satu bibit tanaman yang nantinya akan ditanam di seluruh hutan Indonesia. Saat ini fokus penanamannya di wilayah Sumatera.

 

Bibit pohon ini bisa didapat kalau kita mencapai poin 1400. Cara mendapat poin ini sangat mudah. Di website TUFI tersedia tantangan alias challenge harian yang merupakan kegiatan demi menjaga bumi. Inilah kegiatan sederhana yang saya maksud tadi. Berupa aktivitas menyelesaikan tantangan yang mudah dan murah bersama TUFI.

 

Ada beberapa kategori yang bisa dipilih untuk mengikuti tantangan. Satu hari maksimal menyelesaikan tiga tantangan saja. Dan kali ini, saya mengajak teman-teman mengikuti tantangan yang mudah banget dari kategori DIGITAL.

 

Oiya, setiap menyelesaikan satu tantangan, kita akan mendapatkan poin. Jumlah poin bisa dilihat di bagian kanan atas di website TUFI.

 

 

Selesaikan Tantangan TUFI Bisa Dapat Bibit Pohon
Selesaikan Tantangan TUFI Bisa Dapat Bibit Pohon


Tantangan Menyelamatkan Bumi Dengan Aktivitas Digital

 

Saya sudah menyiapkan tiga tantangan yang akan saya selesaikan hari ini. Misi yang nantinya bisa teman-teman ikuti juga. Sebab, kegiatan ini sangat mudah untuk dilakukan. Siap untuk menjalankan misi?

 

Jangan lupa untuk klik tombol menyelesaikan misi di website TUFI setiap menyelesaikan misi tantangan ya.

 

Tantangan Pertama : Tahan Komentar Negatif

 

Baik, hari ini saat menggunakan sosial media. Mari mulai menjalankan misi. Dan misi ini sebaiknya bukan saja dilakukan satu hari, tapi juga setiap hari selama hidup kita. Yah, mungkin masih agak sedikit sulit. Tapi, tak mengapa, mari kita berlatih satu hari ini untuk memberikan efek jangka panjang.

 

Ketika membuka tiktok, twitter, facebook, instagram atau sosial media lain yang belum saya sebutkan. Cobalah untuk menahan agar tidak memberikan komentar yang buruk. Tidak memberikan sindiran atau caci maki.

 

Apalagi kalau orang tersebut berada di kubu politik yang berbeda denganmu. Iya, kubu politik, saat ini sedang lumayan seru. Atau juga semisalnya idol mereka berbeda dengan idolamu, tolong tahan diri untuk tidak berkomentar negatif. Meskipun dalam pikiran kita itu memang benar adanya, tapi tahan saja dulu. Untuk hari ini yang nantinya bisa berefek di masa depan.

 

Gampang kan? Sekarang, mari lanjut menjalani misi selanjutnya.

 

Tantangan Kedua : Cek Hoax dan Fake News

 

Saya yakin, untuk tantangan kedua ini tidak begitu sulit. Sangat tidak sulit terutama buat teman-teman yang sering meng-counter beberapa berita yang beredar dan sudah divalidasi ternyata berita tersebut hoax.

 

Atau teman-teman yang memang gatal setiap melihat video, gambar atau berita apapun yang ternyata fake news. Jadi, tantangan kedua ini bakalan mudah banget dan yakin untuk teman yang sering cek berita untuk validasi apa benar atau bukan, ini tantangan hasilnya akan benar-benar terasa di masa depan.

 

 

Tantangan Ketiga : Follow Akun Baru

 

Wah, tantangan ketiga ini lebih mudah lagi ternyata, ya. Tapi, tunggu dulu, sabar, tahan dulu. Yang saya maksud adalah akun-akun yang temanya tentang lingkungan. Seperti akun Walhi, akun TUFI, akun Eco Blogger Squad. Yang seperti ini.

 

Atau bisa juga akun influencer lingkungan seperti Pandawara Group yang sekarang sudah banyak diikuti dan dijadikan kegiatan seru oleh akun lain. Nah, akun seperti ini yang sebaiknya di follow ya. Gimana? Enggak sulit kan? Mudah, kok.

 

Apalagi kalau sudah follow terus ikut mengajak teman lainnya untuk follow. Share kegiatan mereka juga di IGS atau di Tiktok Share. Biar semua orang bisa tahu dan mau mengikuti akun mereka dan efeknya adalah bisa ikut menerapkan kegiatan positif mereka dalam menjaga lingkungan.

 

Gampang kan mengerjakan misi bersama TUFI? Jangan lupa ya, untuk klik selesaikan misi biar mendapat poin dari TUFI.

Postingan Terkait

28 komentar:

  1. Tentu bagus kalau kita follow akun2 kelestarian alam dan lingkungan. Seperti TUFI ini misalnya, ternyata kita bisa memperoleh poin ya jika kita berhasil menyelesaikan misinya. Ya begitulah bermain socmed adakalanya netizen usil, gatal berkomentar negatif. Padahal belum dicek kebenarannya.

    BalasHapus
  2. Aku kira tadi TUFI itu semacam alat permainan, ternyata kependekan dari Team Up For Impact haha. Semoga banyak yang bergabung menjadi anggota komunitas keren yang membernya pada peduli bumi tersebut ya mbak. Dan yang penting, banyak yang menyelesaikan tantangan TUFI biar bisa dapat banyak bibit pohon.

    BalasHapus
  3. Jangan sampe deh mengalami kekeringan. Cuaca terik akhir-akhir ini aja berasa gak nyaman. Menarik tantangan Tufi ini. Apalagi bisa mendapatkan bibit pohon. Semoga bumi semakin hijau

    BalasHapus
  4. kupikir tantangannya seputar memilah sampah, naik transportasi umum, bawa tumbler, dsb ternyata ada tantangan versi digital untuk lebih bijak menggunakan internet. Menarik nih! aku mau coba sama anakku.

    BalasHapus
  5. Seru banget ya kak, bisa dapat pohon dan bisa berkontribusi untuk bumi. Semoga kita selalu semangat dan konsisten memberikan manfaat untuk bumi kita.

    BalasHapus
  6. Dari tantangan itu aku pilih kategori yang makanan aja yah. kayaknya biar aku semangat deh, hahaha. Terima kasih ya atas sharingnya.

    BalasHapus
  7. Seneng deh sekarang banyak yang udah mulai peduli dengan lingkungan termasuk TUFI ini. Kumpulan poin biar bisa beli pohon yuukk

    BalasHapus
  8. Aku tuh awalnya bingung, ini TUFi tuh apa ya. Terus baru tau setelah baca ulasannya, ternyata Team Up For Impact toh. Ini bagus juga ya challengenya karena dengan menyelesaikannya kita bisa dapat bibit pohon.

    BalasHapus
  9. Tantangan receh tapi dampaknya terdahap kehidupan sosial kita dan bermuara kepada bumi yang selalu hijau ini, serius lho Mbak. Dari 3 tantangan di atas, satu aja yang paling bawah yang belum saya lakukan. Kalau nomor satu dan dua sih, sudah mendarah daging..Nah yang ketiga nih, harus mulai aktif :)

    BalasHapus
  10. tapi memang belakangan ini banyak akun media sosial yang membahas isu lingkungan hidup, memberikan edukasi namun dengan dikemas menarik

    BalasHapus
  11. Wah informasi baru buat saya nih. Baru tahu kalau ada website semacam ini. Jadi penasaran pengen buka dan ikut menyelesaikan tantangan demi tantangan yang ada.

    BalasHapus
  12. Aku yang sekarang udah jarang misuh-misuh di sosial media. Kayanya gak penting banget buat sebar-sebar aura negatif. Cek fakta dan hoax ini juga wajib sih. Jadi dapat infonya yang bener

    BalasHapus
  13. Tantangan yang mudah tapi membawa dampak baik bagi diri dan yang lain..apalagi bisa dapat bibit pohon gratis dari TUFI. Asyiiik!

    BalasHapus
  14. Ikut tantangan TUFI ini jadi langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga bumi ya mbak

    BalasHapus
  15. Kalau saja banyak yang konsen seperti Team Up For Impact. komunitas peduli bumi mungkin bumi kita akan aman smp kedepannya ya mba...

    Jadi mau dapetin bibit pohon juga ikutan ah...

    BalasHapus
  16. menarik ya tantangan permainan tufi ini, karena imbalsannya mendapatkan bibit pohon. dulu aku pernah dapat bibit pohon dari kebon raya saja senangnya luar biasa. Alhamdulillah setelah 6 tahun pohonnya sekarang berbuah lebat

    BalasHapus
  17. Wah, mainan digital tapi menjadi bagian dari pemeran yang menyelamatkan bumi ya. Kedengarannya unik.

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah tantangannya mudah nih, ikutan juga dooonkk... Yang pertama tuh Insya Allah mudah, saya ndak pernah deh kayaknya komen yang aneh2 di postingan orang heheee... Insya Allah yang positif aja.

    BalasHapus
  19. Seneng deh kalau sekarang makin banyak komunitas yang peduli lingkungan seperti ini. Semoga kegiatannya penuh manfaat dalam upaya untuk menjaga lingkungan sekitar ~

    BalasHapus
  20. Sekarang banyak tantangan yang menyangati kita untuk lebih peduli pada lingkungan ya dengan reward menarik seperti website Tufi ini insya Allah mau daftar juga dan ikut tantangannya

    BalasHapus
  21. Lumayan bangetttt mainan aja bisa dapet bibit pohon beneran. Cocok buat aku kasih ke ibuku yang suka banget bercocok tanam mak!

    BalasHapus
  22. Aku juga udah ikutan beberapa challenge di TUFI lho dan emang bikin ketagihan. Oh ya follow akun baru pegiat lingkungan bisa bikin kita makin semangat menjaga bumi yah karena jadi terinspirasi untuk terus menjaga lingkungan.

    BalasHapus
  23. Wah Mbak Nyi ikutan juga, Challenge Team Up For Impact memang salah satu yang bisa kita lakukan ya Mbak buat menjaga bumi, jadi semangat ikutin aksinya karena ada aksi harian

    BalasHapus
  24. Bagiku TUFI website bikin inspirasi mengurangi emisi karbon dengan cara yang paling bisa kita jangkau. Jadi kalo no clue mau apalagi, bisa buka TUFI website buat nambah kebiasaan baik baru

    BalasHapus
  25. Salut banget dengan influencer yang bergerak berdaya bersama untuk lingkungan, seperti Pandawara Group. Semoga semakin banyak yang tergerak untuk ikut bergerak berdaya bersama agar bumi ini semakin nyaman untuk ditinggali.

    BalasHapus
  26. Wah dapat bibit pohon ya
    Jadi makin semangat buat menyelesaikan tantangan nih

    BalasHapus
  27. Aku juga ikutan challenge TUFI kak. Habis seru abis sih. Karena dilakukan bersama-sama

    BalasHapus
  28. Alhamdulillah udh ikutan aksi tantangan TUFI nihh, Dan udah dapet bibit pohon utk ditanam juga. Sampai sekarang masih terus Jalanin aksi2 hemat energi Dan jaga bumi :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat