Membuat Blog Tahun 2023, Baca Sampai Selesai

Membuat Blog Tahun 2023, Baca Sampai Selesai - Ada yang kepikiran mau buat blog di tahun 2023? Tenang, meski sudah mendekati pertengahan tahun, tapi kalau mau membuat blog sebagai media untuk menuangkan opini, tetap masih bisa. Sebab, tidak ada kata terlambat. Tapi, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan kalau mau membuat blog. Tenang saja, persiapannya enggak terlalu susah. Bisa jadi, sudah dimiliki oleh pembaca.

 

foto pribafi edit canva



 

Tips Mulai Membuat Blog Tahun 2023

 

 

1 Bisa Menulis

 

Oh, tenang saja. Saya enggak akan bilang kalau Anda harus bisa menulis seperti khalil gibran. Tidak. Maksud saya, Anda bisa menulis dan menuangkan hasil pemikiran dengan rangkaian kata-kata yang panjang. Bukan hanya sedikit seperti teks sms.

 

Sebab, blog yang nantinya Anda buat tentu akan berisi tulisan-tulisan panjang yang minimal berjumlah 300 kata. Ini minimal, sebab blog tidak seperti facebook, twitter apalagi status di wa story.

 

edit canva

Jadi, beda media menulis tentunya beda pula penerapan dan aturannya. Meski, memang sih, tidak ada aturan baku tentang blog harus berisi tulisan minimal 300 kata. Namun, kalau hanya dijadikan tempat menulis status yang sedikit, sebaiknya gunakan media lain biar lebih terfokuskan.

 

 

2. Membuat Blog

 

Ini hal yang termasuk praktek langsung, sih. Soalnya, akan sangat tidak efektif kalau belajar membuat blog tapi tidak langsung dipraktekkan. Biar bisa langsung dicoba dan dilihat hasilnya kalau sudah dipraktekkan.


 

Cara Membuat Blog

 

Sebenarnya mudah dan saya merekomendasikan Anda menggunakan platform Blogger karena gratis dan bebas digunakan.

 

 

Buka website Blogger.com

Pilih Create Your Blog

Masukkan akun Google untuk mendaftar

Masukkan Title / Judul, Blog Address / Alamat Blog dan Deskripsi Blog

Klik selanjutnya dan blog Anda berhasil dibuat

 

 
3. Persiapan Mengisi Blog

 

Setelah blog sudah selesai dibuat, saatnya Anda mengisi blog Anda dengan tulisan yang ingin Anda sampaikan. Kalau masih bingung, Anda bisa menjadikan blog sebagai tempat curhat. Siapa tahu sedikit kurang nyaman kalau curhat di media sosial, jadi silakan curhat di blog.

 

Kelebihan curhat di blog, meskipun nantinya akan muncul di mesin pencarian. Tapi, tidak akan terpotong atau langsung viral seketika. Jadi, bisa bebas berekspresi mau menulis apapun selama bisa dipertanggungjawabkan, ya.

 

 

4. Latih Mental

 

Jadi, menulis blog juga salah satu cara untuk melatih mental. Yang dilatih adalah mental menjadi penulis dimana prosesnya tidak mudah dan tidak instan. Apalagi kalau yang ingin membuat blog, alasannya biar bisa mendapat cuan. Buang jauh-jauh dulu pikiran ini.

 

Karena, mengawali menjadi penulis di blog alias blogger, tidak instan hasilnya. Bahkan, seorang blogger yang benar-benar menjadikan profesi untuk kesehariannya saja masih harus berproses dan banyak belajar.

 

Jadi, mari latih mental untuk mencintai proses menulis alih-alih langsung ingin terkenal dan mendapat cuan dari menulis.

 

5. Kelengkapan Jaringan

 

Karena menulis di blog berbeda dengan menulis di buku harian. Maka, perlakuan khusus yang membedakannya adalah menulis di blog membutuhkan jaringan internet.

 

Sebab, kalau tidak ada internet maka hasil tulisan Anda juga tidak akan muncul. Alih-alih justru menghilang bak debu yang tak berjejak. Jadi, pastikan kalau sedang menulis langsung di dashboard blog, jaringan internet harus aman.

 

 

Pilih Jaringan Internet Yang Stabil dan Cepat



 

Kalau saya, lebih memilih layanan internet yang bukan sekadar cepat dan stabil, sih. Tapi, juga yang membuat saya tak perlu lagi ribut dengan sisa kuota yang terpakai.

 

foto pribadi edit canva

Menurut pengalaman saya selama ngeblog, yang paling sering terjadi adalah kuota internet cepat habis untuk riset. Karena itu, saya pakai layanan internet dari IndiHome yang memang sudah terbukti tanpa batas.

 

Apalagi, jaringan internet dari Telkom Indonesia ini sudah menggunakan fiber optic, jadi tidak perlu lagi ada drama internet mati saat hujan deras. Mau hujan deras apalagi banjir, internet tetap bisa digunakan dengan bebas. Jadi, lebih baik pilih Internet Provider yang menyediakan layanan super lengkap seperti IndiHome biar bebas drama.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat