Cara Mengatasi Kesemutan, Carpal Tunnel Syndrome (CTS) pada Ibu Hamil


Cara Mengatasi Kesemutan, Carpal Tunnel Syndrome (CTS) pada Ibu Hamil - Saat saya yang baru menginjak hamil 4 bulan, seringkali bertanya kepada Mbak Yani yang sedang hamil 7 bulan anak kedua. Ia bilang bahwa di kehamilan yang mulai menua, ia merasakan kesemutan di pergelangan tangannya.




 

Gejala tangan kesemutan ini dalam dunia medis dinamakan dengan carpal tunnel syndrome (CTS). Tenang, semuanya adalah hal yang wajar dan bisa sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan nanti.

 

Tapi tetap aja nggak nyaman, kalau nggak diatasi. Setelah saya menginjak kehamilan tua, saya pun merasakannya dan mencari tahu bagaimana cara mengatasinya.

 

Setelah browsing dan menemukan cara mengatasi Carpal Tunnel Syndrome (CTS), dengan metode senam peregangan dari Bidan Kriwil kondisi saya jauh lebih membaik. Jadi pas bangun tidur merasa kesemutan tangan, otomatis saya melakukan senam peregangan tangan sampai dengan mau melahirkan.

 

Ada juga beberapa cara selain melakukan senam peregangan tangan, yang dilansir dari Healtine untuk mengatasi  Carpal Tunnel Syndrome (CTS) ini.

 

 

Cara Mengatasi  Carpal Tunnel Syndrome (CTS) pada Ibu Hamil

 

 

Melakukan terapi es

 

Dengan menggunakan terapi es, gejala  Carpal Tunnel Syndrome (CTS) ini bisa dikurangi. Bungkus es dengan handuk dan tempelkan di daerah yang kesemutan, kurang lebihnya 10 menit dan ulangi.

 

Melakukan terapi fisik

 

Jika berbagai cara alami tidak mempan, bisa melakukan terapi fisik dengan ahli atau terapis yang berpengalaman. Biasanya di rumah sakit besar, menyediakan pelayanan terapi fisik.

 

Mengurangi konsumsi garam

 

Ibu yang sedang hamil seringkali mengalami pembekakan dibeberapa daerah. Kalau saya sendiri yang bengkak itu seringkali kaki, tapi kalau sudah dibuat jalan kembali lagi. Jika pergelangan tangan ini ada pembengkakan, kurangi konsumsi garam dan perbanyak minum air putih.

 

Lakukan pemijatan di daerah yang nyeri

 

Pemijatan yang dilakukan pada area kesemutan seringkali, bisa menyembuhkan gejala Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Bagaimana cara melakukannya? Lakukan gerakan memutar dari bagian siku turun ke pergelangan tangan. Lakukan berulang sampai dengan nyeri mereda.

 

 

Melakukan senam pergangan tangan

 

Melakukan senam peregangan tangan merupakan cara terampuh yang saya lakukan. Setiap kali bangun tidur, saya mengepalkan tangan berkali-kali dan ada beberapa cara yang lain, ini dia caranya:

 

  • Kepalkan kedua tangan dan lakukan gerakan memutar
  • Tangan kanan tarik ke depan, tahan dengan tangan kiri demikian sebaliknya
  • Luruskan kedua tangan, tautkan ke depan dan ke belakang

 

Untuk lebih jelasnya bisa akses video dari Bidan Kriwil di sini ya : https://youtu.be/QP4mhnrTaiw soalnya di saya benar-benar bekerja. Jadi siapa tahu buat ibu yang sedang hamil cocok juga, siapa tahu?  


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat