Anies Baswedan: Fokus pada Pembangunan Infrastruktur Mikro

Anies Baswedan: Fokus pada Pembangunan Infrastruktur Mikro - Siapa yang tidak kenal dengan tokoh politik satu ini? Kiprahnya dalam pembangunan masyarakat, khususnya Jakarta tidak diragukan lagi. Ya, Anies Baswedan, mantan gubernur DKI ini melakukan banyak gebrakan ketika menjabat. Salah satu yang mempunyai dampak signifikan dan inklusif bagi pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat adalah fokusnya pada infrastruktur mikro.


 


Strategi yang diambilnya ternyata sangat tepat. Bukan hanya berfokus pada infrastruktur makro seperti pembangunan jalan tol dan bandara, namun justru bidang yang langsung berinteraksi dengan masyarakat. Bidang yang serius ditanganinya adalah energi terbarukan, pendidikan, kesehatan, sanitasi dan sarana air bersih.

 

Pentingnya Infrastruktur Mikro

 

Pembangunan infrastruktur mikro sangat penting karena berpengaruh pada kepentingan masyarakat yang berdampak pada bidang lain. Dengan fokus pada bidang ini justru semakin banyak orang yang bisa merasakan manfaat pembangunan tersebut. Masalah sosial yang sebelumnya ada, secara bertahap bisa ditangani.

 

Kendala keterbatasan kualitas sumber daya manusia terjadi karena kualitas pendidikan yang rendah. Untuk mengatasi hal tersebut Anies Baswedan membangun banyak sarana pendidikan. Selain itu juga memberikan beasiswa kepada banyak pelajar. Bantuan ini dapat meningkatkan semangat belajar dan mengurangi biaya yang harus dikeluarkan.

 

Dalam bidang penyediaan air bersih, Anies membangun banyak instalasi sehingga masyarakat bisa menikmati air berkualitas dengan mudah. Selain itu juga dilakukan revitalisasi sungai dan membuat sumur resapan. Dampak dari pembangunan ini bukan hanya kemudahan untuk mendapat air bersih, namun juga mendorong usaha yang berbasis penggunaan air bersih.

 

Untuk bidang sanitasi yang berpengaruh pada tingkat kesehatan lingkungan, Anies melakukan beberapa upaya. Diantaranya dengan membuat toilet umum dan mengedukasi pentingnya sanitasi dan kebersihan lingkungan. Langkah ini bisa menurunkan penyebaran penyakit melalui limbah sehingga kesehatan masyarakat meningkat.

 

Fasilitas untuk menunjang kesehatan masyarakat juga terus ditingkatkan dengan menambah jumlah rumah sakit, tenaga medis dan pelayanan. Semua masyarakat bisa dengan mudah mendapat akses kesehatan secara lebih terjangkau, bahkan banyak yang gratis.

 

Untuk mengatasi kelangkaan sumber energi dari fosil, Anies memanfaatkan sumber daya terbarukan. Dengan demikian kelestarian lingkungan terus terjaga namun masyarakat tetap bisa mendapatkan manfaat.

 

Bidang lain yang juga diperhatikan adalah penyediaan fasilitas umum seperti taman kota, dan tempat bermain anak. Tujuannya menjadikan Jakarta sebagai kota yang ramah lingkungan dan lebih manusiawi. Dalam melaksanakan programnya Anies bekerja dengan banyak pihak. Mulai dari perusahaan swasta, instansi terkait, donator dan lembaga internasional.

 

Melibatkan Peran Serta Masyarakat

 

Bagi Anies Baswedan, masyarakat Jakarta bukan objek pembangunan, tetapi harus terlibat dan ikut bertanggung jawab untuk meningkatkan kesejahteraan. Hal tersebut diwujudkan dengan mengajak serta masyarakat dalam perencanaan dan pengawasan pembangunan. Dengan terlibat langsung akan meminimalkan penyalahgunaan proyek dan terjadinya korupsi.

 

Masyarakat juga lebih merasa memiliki program tersebut sehingga berupaya agar berhasil dan tetap bisa difungsikan dalam waktu lama. Keterlibatan masyarakat juga bisa lebih memastikan bahwa infrastruktur yang dibangun benar-benar memenuhi kebutuhan dan sesuai aspirasi.

 

Visi pembangunan infrastruktur mikro tersebut bersifat inklusif. Komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas dan taraf hidup warga Jakarta juga diwujudkan dengan penyediaan fasilitas publik lain seperti sarana transportasi. Bukan hanya jumlah armada, rute dan pelayanan yang diberikan juga terus ditingkatkan.

 

Program-program yang dijalankan Anies Baswedan selama menjabat sebagai gubernur DKI sampai sekarang manfaatnya masih dirasakan. Langkah konkret ini menjadikan Jakarta sebagai daerah percontohan bagi wilayah lain dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warganya. Dengan fokus pada infrastruktur mikro terbukti bisa mendukung kemajuan bidang lainnya.

 

 

Sumber pendukung artikel:


https://nameservers.id/anies-baswedan-memperluas-fokus-pembangunan-ke-infrastruktur-mikro-untuk-kesejahteraan-rakyat.html
https://kampungtridi.com/anies-baswedan-membangun-infrastruktur-mikro-untuk-kemajuan-sosial-dan-ekonomi.html
https://kbanews.com/resonansi/anies-baswedan-menyediakan-infrastruktur-air-minum-warga-akan-memberi-bahagia-rakyat/
https://www.instagram.com/p/CozB95Wy2s5/?hl=en

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat