6 Hal Penting dalam Mengelola Website atau Blog dengan Baik


6 Hal Penting dalam Mengelola Website atau Blog dengan Baik - Orang yang membuat dan mengelola blog disebut blogger, tetapi bagaimana cara mengelola blog yang baik belum banyak yang menguasai. Padahal cuma satu kuncinya, adalah konsistensi.


pengertian mengelola website mengelola website sekolah contoh mengelola website
Hal Penting dalam Mengelola Website atau Blog dengan Baik


 

Konsisten dalam menulis, mengolah ide menjadi sebuah konten memang tidak gampang tapi kalau sudah biasa akan jadi terbiasa.

 

Dalam postingan kali ini, saya akan membagikan tips mengelola blog dengan sederhana. Apalagi buat yang blognya menjadi ladang penghasilan kehidupan kayak saya hehehe ... Yuk baca sampai selesai.

 

 

Fakta Menurut Data

 

Jadi sebagian orang ada yang berpikir bahwa mengelola blog untuk bisnis adalah hal yang membuang waktu. Faktanya statistik dari HUbSpot di tahun 2012 menyatakan bahwa 53% perusahaan yang punya blog bisa mendapatkan pelanggan baru, karena blognya dikelola dengan teratur.

 

Ditambah lagi laporan yang diterbitkan eMarketer 2014 mengatakan jika presentase pembaca blog itu tiap tahun meningkat. Seperti di tahun 2008 yakni 45.0%, dan ditahun 2014 60.0%, dan belum tahun ini yang semuanya serba digital. Pasti akan lebih tinggi lagi. Tetapi sayangnya justru jumlah penulis blog melambat grafiknya.

 

Yang perlu diktahui selama saya mengelola blog nyipenengah.com ini hasil dari apa yang saya tulis ini, mengantarkan saya menemukan client untuk diajak kerjasama.

 

Jika blog dikelola dengan baik, dan lagi artikel-artikelnya berkualitas bukan jadi mustahil jika akan mendatangkan kerjasama-kerjasama yang lain. Pertanyaannya, bagaimana blog bisa terus hidup dan menghidupi empunya? Ini dia tipsnya.

 

 

Tips Penting Mengelola Website atau Blog dengan Baik

 

pengertian mengelola website mengelola website sekolah contoh mengelola website
Tips Penting Mengelola Website 


Ketahui siapa pembaca blog

 

Ketika mengisi konten kita bisa menulis apa saja, baik itu yang soft selling maupun hard selling. Suka-suka kita wong ini blog sendiri ya kan? Tapi berbeda ketika blog sudah dikomersilkan. Menulislah yang baik dan tidak sembarangan. Yang paling utama lagi adalah, blog kita bisa memberikan manfaat dan informasi kepada pembacanya.

 

Untuk mengetahui siapa pembaca kita menjadi sangat penting. Jika bingung tinggal intip Google Analytics aja. Kadang-kadang saya juga iseng ngecek, ternyaya pembaca blog saya jauh lebih banyak laki-laki ketimbang perempuannya.

 

Berarti yang saya tulis harus sering konten lebih ke lelaki dong? Tidak juga sebenarnya. Terlebih blog saya isinya campur-campur, tapi lebih ke film dan drama sih, jadi lebih general aja.

 

Membuat ide tulisan dan bikin wishlist

 

Terkadang ide tidak mudah ditemukan begitu saja, kita harus menangkap dan mencarinya dengan cara menuliskan wishlistnya. Kalau sudah mencatatnya dengan baik, ketika kita sudah berada di depan laptop tinggal tancap, tidak perlu menunggu terlalu lama.

 

Cara termudah adalah dengan mencari tahu apa sih yang dibutuhkan pembaca? Apa sih kebutuhan kita sebagai manusia? Berikan solusinya.

 

Dukung juga tulisan dengan mencatatkan referensinya sebagai sumber. Seperti fakta, data, infografis, yang intinya relevan dalam menambah info sebuah artikel.

 

Membuat blog yang manusiawi

 

Meskipun blog yang kita buat komersil atau memang sengaja untuk bisnis, namun tidak melulu harus membicarakan produk.

 

Ciptakan blog atau website yang manusiawi, artinya tidak hanya produk saja tapi juga permasalahan dan solusi yang biasanya terjadi di masyarakat umum.

 

pengertian mengelola website mengelola website sekolah contoh mengelola website
Tips Penting Mengelola Website atau Blog dengan Baik

Membalas komentar yang datang

 

Apakah blog atau websitemu juga ramai dengan komentar seperti pada media sosialmu? Kalau iya, seperti halnya dengan media sosial maka balaslah pesan yang ada.

 

Dengan membalas, artinya kita menghargai setiap komentar yang datang, tapi bukan komentar spam ya.

 

Share konten yang ada di blog/website

 

Sudah capek-capek menulis tapi pembacanya seuprit? Coba share ke media sosialmu, pembaca baru akan mampir jika kamu tidak malas untuk membagikan konten yang sudah ditulis.

 

Tidak ada salahnya menggunakan jasa penulis blog

 

Tidak memiliki waktu? Tenang, sekarang sudah banyak penyedia jasa penulis blog. Tinggal pesan artikel dan unggah. Tetapi pilih jasa penulis yang tentunya profesional ya, jadi sesuai dengan yang kita mau dan ingin.

 

Semoga tulisan di atas dapat memberikan sedikit pencerahan ya? Di blog saya memang kebanyakan review drama Korea, dan justru dari review tersebut allhamdulillah job membahas soal drama Korea saya dapatkan.

 

Nggak ada tulisan yang sia-sia ya, asal menemukan pembaca yang tepat. Dan kebanyakan yang terjadi pembacamu adalah calon klienmu. Demikian yang terjadi pada blog yang saya kelola. Semoga bermanfaat, semangat terus ngeblog ya!


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat