Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Ketiak

 

Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Ketiak -  Penyebab jerawat di ketiak? Pernahkah anda mengalaminya? Terlihat sepele tapi lumayan menganggu juga lho. Dan ternyata jerawat nggak hanya tumbuh di wajah, tapi juga bisa dipunggung bahkan ketiak.


ciri jerawat di ketiak jerawat di ketiak kanan gambar jerawat di ketiak
Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Ketiak


 

Ada yang saking gemesnya muncul jerawat tidak tahan, terus memencet dan mengeluarkan nanah. Padahal tidak baik memencet jerawat lho, karena bisa jadi iritasi dan menyebabkan gangguan kulit yang lainnya.

 

Mengapa jerawat bisa tumbuh di ketiak sih? Yuk kita cari tahu penyebabnya.

 

Penyebab Jerawat Tumbuh di Ketiak

 


Benjolan seperti jerawat di ketiak sering kita jumpai, kadang kita ragu itu jerawat atau bukan. Nyatanya memang itu jerawat.

 

Kulit di ketiak sangat tipis dan halus,  di mana mengandung kelenjar keringat dan jika folikel rambutnya tersumbat bisa terjadi iritasi, jerawat muncul pun bisa tumbuh masalah kulit yang lain.

 

Waspadai penyebab jerawat di ketiak berikut ini ya, agar kamu mulai hati-hati dalam menjaga kesehatan kulit ketiak.

 

 

Terjadi gesekan di sekitar kulit ketiak

 

Gesekan antara kulit ketiak dengan kulit bawah bisa menyebabkan terjadinya berbagai masalah kulit, contohnya pemakaian bahan yang ketat, tali pengait bra yang terlalu erat, dan lain sebagainya. Gesekan yang tidak nyaman terus menerus terjadi, akan mengakibatkan jerawat tumbuh.

 

Terjadi luka akibat menggunakan pisau cukur

 

Cara paling aman dalam melakukan pembersihan bulu di area ketiak adalah dengan mencukur, pun tidak menimbulkan rasa sakit seperti waxing.

 

Tetapi jika tanpa kita sadari terjadinya luka, ketika mencukur. Ini bisa menyebabkan merah, nyeri, dan timbul jerawat di ketiak.

 

Adanya jamur yang tumbuh

 

Keadaan ketiak yang lembab, bisa menyebabkan tumbuhnya jamur. Coba cek ketiakmu sering keringetan atau tidak? Sebaiknya jaga selalu ketiak agar kering, agar jerawat tidak hinggap pada ketiak.

 

 

Cara Melakukan Pencegahan Jerawat di Ketiak

 

 

ciri jerawat di ketiak jerawat di ketiak kanan gambar jerawat di ketiak
Cara Melakukan Pencegahan Jerawat di Ketiak

Jika tidak ingin jerawat di ketiak tumbuh dan muncul, lakukan kebiasaan ini ya:

 

Menggunakan pakaian yang tidak ketat alias longgar

 

Pakaian ketat tidak disarankan, karena bisa memicu timbulnya jerawat di ketiak. Hal lain juga bisa membuat daerah ketiak jadi lembab, dan berkeringat. Pilih bahan yang nyaman dan bisa menyerap keringat, agar keadaan ketiak tetap aman.

 

Hindari menyentuh ketiak terus menerus

 

Tangan kita yang kotor, kemudian menyentuh ketiak bisa menyebabkan jerawat timbul. Mengapa demikian? Karena tangan yang kotot menjadi jembatan berpindahnya bakteri. Jadi jika ingin memegang ketiak, pastikan tanganmu bersih.

 

Sebaiknya mandi selepas berolahraga

 

Olahraga menimbulkan banyak keringat di tubuh termasuk ketiak. Maka lebih baik mandi selepas berolahraga, agar bakteri yang ada di ketiak bisa luruh. Gosok dengan lembut ya, dan gunakan air hangat lebih bagus.

 

 

Cara Mengatasi Jerawat di Ketiak

 

Jerawat yang muncul dan menimbulkan rasa tidak nyaman, bahkan nyeri harus segera diatasi. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini:

 

Oleskan salep atau cream obat jerawat

 

Sudah banyak ditemukan obat atau cream untuk jerawat yang membandel. Beli saja atau kalau ragu periksakan diri ke dokter dan minta resep dari dokter saja.

 
Lakukan kompres air hangat di bagian ketiak

 

Sama seperti nyeri ketika haid, saat jerawat timbul dan menyebabkan nyeri kamu bisa mengopres ketiak dengan air hangat. Gunakan waslap dan kompres kuran lebih 15 menitan.

 

Memakai sabun antiseptik

 

Ketika mandi gunakanlah sabun antiseptik, agar kuman yang ada di kulit ketiak bisa luruh jatuh dengan air. Sekarang ini sudah banyak sabun yang bisa menghilangkan jerawat, coba saja salah satunya siapa tahu cocok.

 

Menggunakan deodorant yang tepat
 

Deodorant juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya jerawat, makanya gunakan yang cocok dengan kulit tubuh ya.

 

Semoga artikel ‘Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Ketiak’, dapat membantu mengatasi permasalahan kulit yang berjerawat di area ketiak ya! Salam.

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat