Mengenal Tata Cara Refinancing Mobil


Mengenal Tata Cara Refinancing Mobil - Jika Anda saat ini sedang leasing mobil baru, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “refinancing”. Refinance atau refinancing adalah proses memperbarui kredit mobil yang sedang berjalan untuk mendapatkan modal secara tunai. 


Mengenal Tata Cara Refinancing Mobil



Sederhananya, Anda akan mendapatkan pinjaman baru dengan tenor dan suku bunga yang berbeda. Biasanya refinancing dilakukan ketika kredit mobil Anda sudah hampir selesai dan belum melunasi sisa tagihan. Karena tagihan tersebut akan diselesaikan oleh pihak leasing dan Anda pun akan mendapatkan uang modal dalam jumlah besar.


Proses refinancing biasanya dilakukan pada beberapa kondisi seperti berikut.


Ini Dia Tahapan Proses Refinancing


Melunasi utang di beberapa tempat


Jika Anda mempunyai beberapa utang di tempat berbeda dan tidak ada dana segar untuk menutupi dengan cepat, salah satu solusinya adalan refinancing mobil. Dengan refinancing, dana segar akan lebih cepat didapat dan Anda bisa membayar utang lebih dulu. Sedangkan untuk melunasi refinancing, Anda bisa memilih tenor yang lebih panjang dan bunga cicilan yang lebih rendah.


Butuh dana tunai untuk usaha


Pembeli mobil kredit hadir dari berbagai kalangan, salah satunya adalah pemilik usaha. Biasanya pemilik usaha membutuhkan dana segar sebagai modal investasi usahanya. Maka dengan melakukan refinancing, dana segar akan didapatkan. Banyak yang melakukan refinancing dengan mobil yang tidak terlalu baru (di atas 5 tahun). Dengan kondisi mobil seperti ini, dana yang didapatkan tidak akan sebesar mobil baru, hanya berdasarkan nilai appraisal mobil lama saja. Nantinya Anda tidak akan terlalu berat untuk mencicilnya kembali.


Ingin cicilan yang lebih ringan


Refinancing juga bisa dilakukan ketika mobil yang sedang dicicil memiliki bunga yang terlewat besar, sehingga cukup berat untuk melunasinya tiap bulan. Maka refinancing pun dilakukan agar cicilannya lebh ringan.


Di dalam proses refinancing, ada beberapa tahap yang harus dilewati. Berikut tahapannya.


Pahami berapa total pinjaman


Pastikan untuk memahami dengan baik berapa total pinjaman yang Anda butuhkan dan berapa yang sekiranya akan diberikan oleh pihak leasing. Jangan lupa cek berapa bunga yang akan Anda bayar per bulannya


Lengkapi dokumen


Lengkapi dokumen mulai dari KTP, KK, Akte nikah, NPWP, slip gaji, hingga fotokopi rekening 3 bulan terakhir


Lakukan simulasi kredit


Simulasi kredit berguna untuk melihat gambaran yang jelas mengenai skema pembayaran berdasarkan tenor dan bunganya.


Melakukan survey


Pihak leasing akan melakukan survey mobil Anda untuk memastikan kendaraan tersebut dalam keadaan baik dan bisa berfungsi. Biasanya proses ini cukup detail dari eksterior hingga pengecekan mesin.


Menunggu refinancing disetujui


Jika semua sudah dilakukan, saatnya menunggu pihak leasing menyetujui refinancing. Biasanya memakan waktu hingga 7 hari kerja, namun lamanya proses ini berbeda di tiap perusahaan.


Jika Anda ingin melakukan refinancing dengan aman, pastikan perusahaan leasing tersebut memiliki kredibilitas baik dan bisa dipercaya. Kini sudah banyak perusahaan leasing yang menawarkan jasa terbaik, salah satunya adalah SEVA


Platform pembiayaan dari Astra ini dapat membantu Anda untuk membeli mobil dengan cara mudah dan nyaman secara finansial, baik untuk mobil baru maupun over kredit. Tak hanya itu, Anda pun bisa membeli mobil secara online melalui website SEVA. Cukup ikuti saja langkah-langkahnya, Anda bisa mendapatkan mobil yang diinginkan.


Kemudahan membeli mobil juga didukung dengan fitur Instant Approval yang dapat membantu Anda untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi finansial sebelum memberikan pilihan mobil baru yang sesuai kemampuan. Fitur ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan finansial yang lebih untuk Anda di masa depan hingga mobil yang dibeli dapat dimiliki sepenuhnya. 


Yuk, beli mobil yang jelas hanya di SEVA. Ajak serta bestimu ya.

 


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat