5 Penyebab Gerd Kambuh dan Cara Mengatasinya dengan Mudah


5 Penyebab Gerd Kambuh dan Cara Mengatasinya dengan Mudah - Penyakit gerd adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan. Akibat penyakit ini dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas apalagi saat digunakan untuk mengonsumsi makanan. Apabila telah lama mengidap gerd, ketika kambuh akan mengalami beberapa gejala mulai susah makan hingga muntah-muntah. Oleh sebab itu penyebab gerd kambuh harus disadari sehingga dapat mengatasinya ketika menyerang.


pertolongan pertama saat gerd kambuh gejala gerd kambuh gejala gerd kronis
5 Penyebab Gerd Kambuh dan Cara Mengatasinya dengan Mudah



Jangan sampai penyakit ini dibiarkan, maka bisa berdampak pada datangnya komplikasi penyakit lainnya. Sering kali banyak orang yang merasa abai dengan gejala dan ciri ketika penyakit gerd kambuh karena dianggap bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal jika tidak tertangani dengan baik bisa berakibat kematian.

 

Ini Dia 5 Penyebab Gerd Kambuh dan Cara Mengatasinya

 

Penyebab gerd sering kambuh sering kali tidak disadari oleh penderitanya sehingga cenderung abai. Agar tidak menimbulkan sakit yang berkepanjangan hingga munculnya komplikasi penyakit lain, berikuta dalah penyebab gerd kambuh;


pertolongan pertama saat gerd kambuh gejala gerd kambuh gejala gerd kronis
cara mengatasi gerd kambuh


 

Obesitas

Sebagian besar orang mungkin tidak akan menyadari bahwa obesitas pun bisa jadi penyebab gerd kembali kambuh. Perlu diketahui bahwa lemak yang menumpuk di dalam perut bisa menyebabkan penekanan pada perut dan meningkatkan produksi asam lambung. Asam lambung tersebut nantinya akan naik ke kerongkongan dan gerd pun kambuh. Oleh karena itu, penting untuk menjaga berat badan bagi yang telah memiliki riwayat sakit gerd.

 

Pola Makan yang Salah

Munculnya penyakit yang terjadi di pencernaan sering kali terjadi karena pola makan yang salah. Jarang makan hingga manajemen waktu makan yang berantakan adalah awal mula terjadinya gerd. Sebaiknya untuk menghindari terkena penyakit ini mengatur pola makan memang sangat penting. Utamanya bagi yang telah memiliki riwayat gerd.

Penyebab kambuhnya gerd juga bisa berasal dari pola makan yang salah. Menata ulang seperti menghindari makan terlalu cepat, tidur setelah makan, makan terlalu banyak hingga mengunyah terlalu cepat akan sangat membantu agar tidak mengalami gerd yang sering kambuh.

 

Salah Konsumsi Makanan

Penyebab gerd kambuh  selanjutnya adalah salah dalam mengonsumsi makanan tertentu. Penderita gerd biasanya sangat sensitif terhadap makanan yang terlalu pedas, makanan berminyak, makanan terlalu asin, makanan dengan tingkat asam yang tinggi hingga minuman berkafein.

 

Efek Samping Obat-Obatan

Kambuhnya penyakit gerd juga bisa berasal dari efek samping obat-obatan. Utamanya adalah obat aspirin. Bagi kamu yang memiliki riwayat sakit gerd memang sebaiknya hati-hati dalam mengkonsumsi obat ini.  Obat lain yang dapat memicu kambuhnya gerd adalah ibuprofen dan aleve karena obat tersebut dapat mengganggu fungsi sistem  pencernaan dan akhirnya meningkatkan produksi asam lambung di dalam perut.

 

Kehamilan

Penyebab terakhir yang penting untuk diperhatikan adalah karena faktor kehamilan. Umumnya pada masa kehamilan hormon estrogen dan progesteron akan meningkat jumlah produksinya. Akibatnya akan berpengaruh pada otot-otot sfringer esofagus. Tidak hanya itu, saat kondisi hamil yang kian membesar akan menyebabkan adanya penekanan pada lambung yang membuatnya terasa nyeri.

Akibat gerd kambuh memang selalu mendatangkan suasana yang tidak nyaman. Aktivitas menjadi terganggu karena rasa nyeri yang dirasakan. Makan pun tidak nyaman sehingga badan pun berpotensi menjadi lemas.

Untuk mengatasi masalah yang terjadi saat gerd kambuh sebaiknya adalah langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis secepatnya. Di samping itu, agar tidak sering kambuh hindari hal-hal yang menjadi penyebab gerd kambuh. Apabila pola hidup serta makan telah sehat dan teratur, maka gerd pun tidak akan terlalu sering kambuh dan bisa melakukan kegiatan dengan nyaman dan sehat.

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat