5 Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil, Wajib Dikonsumsi!


5 Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil, Wajib Dikonsumsi - Di masa kehamilan, tentu saja sang ibu sangat membutuhkan makanan dengan nutrisi, contohnya seperti buah. Salah satu buah yang sudah terkenal manfaatnya, terutama di kalangan ibu hamil adalah jambu biji. Namun, apakah benar manfaat jambu biji untuk ibu hamil tersebut?

 

bahaya jambu biji untuk ibu hamil bolehkah ibu hamil makan jambu biji dengan bijinya manfaat jambu biji putih untuk ibu hamil
5 Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil


 

Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

 

Nah, berikut ini beberapa manfaat jambu biji untuk ibu hamil yang sudah siap untuk sajikan kepada Anda.

 

Mencegah Bayi Terlahir dengan Berat Badan Rendah

 

Tidak hanya akan berdampak pada ibu saja jika Anda melalaikan nutrisi dari jambu biji ini, melainkan juga memengaruhi si kecil nantinya untuk brkembang.

Pasalnya, dalam jambu biji sendiri terkandung zat besi, yaitu nutrisi yang seharusnya dibutuhkan dua kali lipat ketika Anda memasuki masa kehamilan.

Meningkatnya kebutuhan zat besi pada ibu hamil, juga dikarenakan bayi sangat memerlukan asupan darah agar ia di dalam kandungan pun juga dapat berkembang dengan baik.

Darah memiliki kandungan hemoglobin yang merupakan asupan makanan dan oksigen dari sang ibu untuk bayinya. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda harus mengoptimalkan zat besi ini di dalam tubuh.

 

Mengurangi Risiko Pegal dan Kram Otot

 

bahaya jambu biji untuk ibu hamil bolehkah ibu hamil makan jambu biji dengan bijinya manfaat jambu biji putih untuk ibu hamil
jambu biji untuk ibu hamil muda


Masalah sendi dan otot mungkin sudah biasa menghampiri ibu hamil, terutama sekali di sepanjang tulang belakang. Jadi tidak heran kenapa seringkali ibu hamil merasakan sakit pinggang selama masa kehamilannya.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan janin memberikan ibu beban terlalu berat. Kadang juga disertai dengan tekanan pada perut, sehingga berpengaruh pada tulang belakangnya.

Namun, Anda perlu waspada ini, mungkin bisa jadi pertanda kalau janin Anda aktif. Akan tetapi, di lain sisi ini sebenarnya pertanda tubuh Anda sedang kekurangan mineral tertentu.

Nah, sebagai solusi untuk mengatasi kondisi seperti ini, maka tak jarang dokter merekomendasikan pasiennya untuk mengkonsumsi sayur dan buah lebih banyak. Salah satunya Anda dapatkan dari jambu biji.

 

Mendukung Perkembangan Otak Bayi

 

Apakah Anda pernah mendengar kalau perkembangan otak bayi justru sebenarnya sudah terjadi sejak ia masih dalam kandungan? Ternyata benar.

Dalam hal ini, asam folat sangatlah berperan, sama halnya dengan zat besi. Asupan asam folat bisa didapatkan dari jambu biji ini.

Apabila ibu kekurangan asam folat, maka tabung saraf bayi kemungkinan tidak tertutup dengan baik. Sebagai akibatnya, bayi Anda akan berisiko terlahir cacat, seperti spina bifida.

 

Memperlancar Pencernaan

 

Lalu, apa manfaat jambu biji buat ibu hamil lainnya? Tentu tidak ketinggalan untuk masalah pencernaan seperti sembelit yang kerap kali menghampiri ibu hamil.

Namun, mengonsumsi makanan sehat kadang dapat meringankan rasa sakitnya, disertai juga dengan kemampuannya dalam melancarkan pencernaan. Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang tinggi serat.

 

Mencegah Komplikasi Kehamilan



bahaya jambu biji untuk ibu hamil bolehkah ibu hamil makan jambu biji dengan bijinya manfaat jambu biji putih untuk ibu hamil
jambu biji untuk ibu hamil


 

Salah satu studi telah membuktikan bahwa jambu biji dapat mencegah kehamilan. Tentu saja, ini ada hubungannya dengan nutrisi yang terkandung dalam jambu biji, terutama vitamin C, E, dan asam askorbat.

Vitamin C dan E akan bekerja sama dalam meningkatkan antioksidan. Dengan demikian, radikal bebas yang menjadi pemicu stress oksidatif dalam tubuh pun dapat segera Anda hindari.

Secara tidak langsung, artinya jambu biji berperan dalam melindungi tubuh dari inflamasi atau peradangan, termasuk masalah komplikasi yang jauh lebih berat di masa kehamilan.

Sudahkah Anda merasakan bagaimana manfaat jambu biji untuk ibu hamil? Penting bagi Anda untuk mengonsultasikannya dulu kepada dokter jika ternyata mempunyai kondisi medis tertentu.

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat