Cara Naik Kereta Api Saat Ini


Cara Naik Kereta Api Saat Ini - Cara naik kereta api saat pandemi, berbeda dengan naik kereta api tiga tahun yang lalu. Apalagi sekarang kalau kamu belum vaksin, jangan harap bisa naik kereta api.


tips naik kereta api sendirian cara naik kereta api saat ini cara naik kereta api saat corona
Cara Naik Kereta Api Saat Ini


 

Sebelumnya saya sudah menuliskan '8 Tips Bepergian dengna Kereta Jarak Jauh agar Lebih Nyaman', nah kali ini mau berbagi tips cara naik kereta api saat ini yang masih banyak belum diketahui.

 

Jadi ceritanya ibuku kan nginep di tempat mertuaku, terus mau pulang lebih dahulu karena acara tujuh bulan kehamilanku masih lumayan jauh jaraknya tanggalnya.

 

Demi menghemat waktu karena ibuk pulang sendirian, saya ke stasiun kereta api di Pekalongan nganterin ibuk untuk naik kereta api, biar cepat sampai gitu.

 

Eh ternyata syarat naik kereta api itu harus vaksin, meskipun kamu baru seminggu lalu vaksin tetap saja bagian administrasi akan mengecek data diri dari KTP yang diajukan sebagai syarat naik kereta api tadi dan di data ternyata ibuk belum terdaftar vaksin. Akhirnya nggak jadi deh naik kereta api. Demikian juga kalau kamu beli tiket kereta api online.

 

Karena hal tersebut, cara pesan tiket kereta api di KAI Access belum bisa kalau belum vaksin. Saya ingin berbagi pengalaman, siapa tahu ada yang membutuhkan cara naik kereta api bagi pemula. Intip tipsnya di bawah ya!

 

 

5 Cara Naik Kereta Api Saat Ini


 

1. Lakukan pemesanan tiket

 

Sebelum naik transportasi kereta api, kita diwajibkan untuk memesan tiket terlebih dahulu. Bisa cara pesan tiket kereta api di kai access melalui online, maupun di lokasi langsung.

 

Nantinya kita diminta untuk memilih dari stasiun mana kita naik, di mana stasiun kita turun, tanggal berangkat kapan? Dan juga kursi mana yang ingin kita duduki?

 

Kalau beli online kita tinggal memasukkan nomor kartu tanda penduduk, tetapi kalau beli di stasiun langsung kita harus menyerahkan KTP.

 

 
2. Bayar sesuai dengan daftar harga tiket kereta api 2022

 

Untuk harga tiket kereta api tergantung jauh dekat jarak yang kita pilih. Antara harga tiket kereta api eksekutif dan ekonomi tentu juga berbeda selisihnya.

 

Biasanya kalau saya dari Pekalongan ke Kendal, harganya tergantung kereta apa yang saya naiki dan kereta api eksekutif atau ekonomi. Kurang lebihnya dari harga Rp60 ribu ampai dengan Rp70 ribu, ada juga yang Rp50 ribu, tetapi sudah jarang.

 

 

3. Cetak tiket

 

Kalau belinya di stasiun langsung, kita akan langsung menerima tiket setelah pembayaran. Tetapi kalau kita membeli dengan cara online, kita harus mencetak tiket keberangkatan sebelum masuk ke tempat tunggu.

 

Naik kereta api sendirian kadang membuat kita bingung ya kan? Apalagi kalau baru pertama kali naik kereta api terus pesannya online. Tidak apa-apa  jangan takut, kamu bisa minta bantuan petugasnya kok. Mereka akan dengan senang hati membantumu.

 

 

4. Menanti kedatangan kereta



syarat naik kereta api tiket kereta api online 2021 daftar harga tiket kereta api 2021
Cara Naik Kereta Api Saat Ini


 

Setelah membeli tiket kereta api, saatnya kamu masuk ke dalam ruang tunggu di dalam. Tetapi kalau masih lama misalnya kamu datang siang, eh malam baru berangkat bisa tuh untuk jalan-jalan dahulu. Biasanya hal itu saya lakukan kalau saya naik kereta api jarak jauh.

 

Perhatikan keretamu apa dan nomor keretamu kapan tiba, jangan sampai kamu terlewat dengan jam keberangkatan. Bisa bahaya ini sih, apalagi kalau speaker di stasiun kurang jelas terdengarnya karena terlalu ramai.

 

5. Duduk manis menunggu kereta sampai tujuan

 

Jika kamu sudah naik kereta yang sesuai dengan pemesanan tiketmu, perhatikan juga kursi nomor kereta yang sudah dipesan. Jangan salah masuk antara kelas ekonomi atau eksekutif lho ya.

 

Nah kalau sudah ketemu nomor tiket tempat dudukmu, selamat menikmati perjalanan. Jangan ketiduran kalau jarak yang kamu tempuh dekat ya, tapi kalau jauh sih bebas saja. Saya pernah dari Weleri ke Pekalongan, yang cuma 40 menitan hampir saja kebabalasan menuju Jakarta hehehe ...

 

Demikian postingan tentang 'Cara Naik Kereta Api Saat Ini', semoga bermanfaat ya! Salam.

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat