Lengkap Bacaan Sholat Subuh dan Doa Qunut

 

Lengkap Bacaan Sholat Subuh dan Doa Qunut - Cara untuk melakukan sholat subuh sebenarnya sama saja dengan shalat wajib lainnya. Tapi menurut Mazhab Syafi'i sholat subuh ini beda karena ada penambahan doa qunut.


bacaan sholat subuh dari niat sampai salam tulisan arab bacaan doa qunut doa i'tidal sholat subuh
Lengkap Bacaan Solat Subuh dan Doa Qunut


 

Doa qunut ini dibacanya setelah kita melaksanakan ruku. Jadi pada kesempatan kali ini yuk kita simak cara sholat subuh lengkap dengan bacaan doa qunut subuh.

 

 

Langkah Melaksanakan Sholat Subuh dan Melakukan Doa Qunut Subuh

 


  • Membaca Niat dan Takbiratul Ihram

 

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

 

Bacaan latin: "Ushalli fardlon shubhi rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillahi ta'aala"

 

Artinya: "Aku niat melakukan sholat fardu Subuh 2 rakaat, sambil menghadap kiblat, saat ini, karena Allah ta'ala"

 

Takbiratul ihram sebagai berikut:

 

اللهُ أكْبَرُ

 

Bacaan latin: "Allahu Akbar."

 

Artinya: Allah Maha Besar

 

  • Berdiri Bersedekap

 

Berdiri dengan posisi bersedekap

 

  • Membaca Iftitah

 

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

 

Bacaan latin: Allahumma baa'id baynii wa bayna khotoyaya kamaa ba'adta bainal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqinii min khotoyaaya kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minad danas. Allahummagh-silni min khotoyaya bil ma-iwats tsalji wal barodi.

 

Artinya: "Ya Allah, jauhkan lah antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, salju, dan embun."

 

  • Membaca Surat Al Fatihah dan Surat dalam Al Quran

 

Bacalah surat Al Fatihah dan juga satu surat pendek yang ada di dalam Al Quran.

 

  • Rukuk

 

سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ

 

Bacaan latin: Subhana rabbiyal 'adziimi wa bihamdihi (sebanyak 3 kali)

 

Artinya: "Maha suci Tuhan yang Maha Agung serta memujilah aku kepadaNya."

 

  • I'tidal

 

سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

 

Bacaan latin: Sami'allaahu liman hamidah

 

Artinya: "Allah maha mendengar terhadap orang yang memujinya."

 

Setelah Anda berdiri dengan tegak, lalu baca:

 

رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ ، حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ

 

Bacaan latin: Rabbana lakal hamdu mil us samawati wamil ul ardhi wamil u maa syi'ta min syai'in ba'du.

 

Artinya: "Ya Allah tuhan kami, bagimu segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh sesuatu yang engkau kehendaki sesudah itu."

 

  • Sujud

 

سُبْحَانَ رَبِّىَ الْأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

 

Bacaan latin: Subhana rabbiyal a'la wabihamdih (sebanyak 3 kali)

 

Artinya: "Maha Suci Tuhan yang Maha Tinggi serta memujilah aku kepadanya."

 

  • Duduk di Antara Dua Sujud

 

رَبِّ اغْفِرْ لِى وَارْحَمْنِى وَاجْبُرْنِى وَارْزُقْنِى وَارْفَعْنِى

 

Bacaan latin: Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fuannii

 

Artinya: "Ya Allah ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, cukupkanlah segala kekurangan dan angkatlah derajatku, berilah rizki kepadaku, berilah aku petunjuk, berilah kesehatan kepadaku dan berilah ampunan kepadaku."

 

  • Melakukan shalat rakaat kedua

 

Ulangi sama seperti rakaat pertama

 

  • Doa Qunut

 

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّ مَاقَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

 

Bacaan latin: Allahummahdini fi man hadait, wa 'afini fiman 'afait, watawallani fi man tawallait, wa barik li fima a'thait, wa qini syarra ma qadhait, fa innaka taqdhi wala yuqdha 'alaik, wa innahu la yadzillu man walait, walaa ya'izzu man 'adait, tabarakta rabbana wa ta'alaita, fa lakal hamdu ala ma qadhaita, wa astaghfiruka wa atubu ilaik, wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallam.

 

Artinya: "Ya Allah tunjukkanlah aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang telah Engkau berikan kesehatan. Peliharalah aku sebagaimana orang-orang yang telah Engkau lindungi. Berikanlah keberkahan kepadaku pada apa yang telah Engkau berikan. Selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang telah Engkau tentukan. Engkaulah yang menghukum dan bukan dihukum. Tidak hina orang yang Engkau jadikan pemimpin. Tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi. Bagimu segala pujian di atas apa yang Engkau tentukan. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-MU. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan karunia atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya."

 

  • Duduk Tasyahud Akhir

 

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

 

وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

 

Bacaan latin: Attahiyyaatul mubaarakaatush shalawatuth toyibatulillah. as salaamu'alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullaahi wabarakaatuh, assalaamu'alaina wa'alaa ibaadillaahishaalihiin. asyhadu allaa ilaaha illallaah, wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah.

allaahumma shalli alaa muhammad, wa'alaa aali muhammad. kamaa shallaita alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim. wabaarik alaa muhammad wa alaa aali muhammad. kamaa baarakta alaa ibraahiim wa alaa aali ibraahiim, fil alamina innaka hamidum majiid.

 

Artinya: "Ya Allah, limpahi lah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad, seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad beserta para keluarganya, seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya, Engkau lah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia di seluruh alam.

 

  • Mengucapkan Salam

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

 

Bacaan latin: Assalaamu alaikum wa rahmatullah

 

Artinya: "Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu."

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat