6 Tips Membeli Rumah Agar Tidak Menyesal


Bagi kamu yang berencana membeli rumah untuk investasi maupun untuk ditempati sendiri, tips membeli rumah ini pasti akan sangat bermanfaat bagi kamu sebagai acuan dalam menentukan pilihan.


tips membeli rumah murah tips membeli rumah bekas tips aman membeli rumah
6 Tips Membeli Rumah Agar Tidak Menyesal 



Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Membeli dan memiliki rumah sendiri merupakan impian bagi hampir semua orang. 

Artikel ini akan membantu kamu dengan membagikan tips bermanfaat untuk kamu yang ingin membeli rumah.


Tips Membeli Rumah


Jika kamu merasa mampu dan sudah memiliki tabungan yang cukup untuk membeli rumah impian, maka ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar kamu tidak tertipu atau rugi.


1. Tentukan tipe rumah yang akan dibeli


Menentukan jenis rumah yang akan dibeli tentu menjadi salah satu pertimbangan penting. Ada beberapa tipe rumah yang bisa saja menjadi pilihan bagi kamu dan keluarga.

Rumah primary

Rumah tipe ini merupakan rumah baru yang dibangun oleh pengembang. Jika kamu membeli rumah tipe ini, bisa dipastikan kamu lah orang yang pertama yang menempati rumah ini karena rumah ini belum pernah dimiliki dan ditempati oleh siapa pun.

Jika kamu berkeinginan membeli rumah tipe primary ini dari pengembang, maka kamu harus memperhatikan siapa pengembangnya dan bagaimana jejak rekamnya. 

Tipsnya pilihlah pengembang yang terpercaya yang memang sudah memiliki beberapa proyek perumahan.

Tips ini bisa menghindarkan kamu dari penipuan pengembang abal-abal yang hanya akan mengambil keuntungan dari kamu


Rumah secondary

Untuk tipe rumah ini, kamu juga harus berhati-hati dalam memilihnya. Rumah secondary juga menjadi pilihan favorit bagi kamu yang hendak membeli rumah. Harga yang ditawarkan relatif lebih murah jika dibandingkan rumah primary yang dibangun pengembang.

Sekedar tips bagi kamu dalam membeli rumah secondary adalah pastikan rumah atau tanahnya tidak dalam sengketa. 

Untuk ini kamu bisa melakukan pengecekan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN). Kamu bisa melakukannya sendiri ataupun menggunakan jasa pihak ketiga seperti notaris.

Akan sangat berbahaya jika kamu sudah terlanjur membeli rumah tersebut, dan ternyata dalam sengketa dengan pihak lainnya. Kamu akan menjadi pihak yang paling dirugikan dalam hal ini.


2. Jenis pembayaran yang digunakan untuk membeli rumah


Terdapat beberapa pilihan pembayaran yang bisa kamu pertimbangkan untuk membeli rumah impian kamu. 

Jika kamu mempunyai dana dan tabungan yang cukup, kamu bisa melakukan pembayaran secara cash. Dengan membayar secara cash, kamu bisa mendapatkan potongan harga dari penjual maupun pengembang.

Jika kamu belum mempunyai dana yang cukup, tetapi ingin segera memiliki rumah sendiri, tipsnya adalah kamu bisa menggunakan jasa KPR bank. Kamu bisa mencari tahu beberapa produk bank yang menawarkan fasilitas KPR dan menyesuaikan dengan kemampuan kamu.

Tips lainnya jika kamu belum mempunyai dana sendiri dan tidak mau menggunakan jasa KPR, maka kamu bisa meminta pembayaran cash bertahap kepada pengembang maupun penjual.


3. Pilihlah lokasi rumah yang strategis


tips membeli rumah murah tips membeli rumah bekas tips aman membeli rumah
Tips Membeli Rumah 2022



Ketika membeli rumah, kamu pasti menginginkan tempat tinggal yang strategis dimana rumah kamu berlokasi  tidak jauh dari berbagai pusat aktivitas.

Carilah rumah yang memiliki akses jalan yang mudah untuk dilewati dan dekat dengan sarana transportasi. 

Ini merupakan tips bagi kamu yang hendak membeli rumah dan menjadikannya aset investasi di masa depan.  Lokasi yang strategis akan menambah nilai rumah yang menjadi aset kamu

Lokasi rumah yang strategis juga mempermudah kamu dalam melakukan aktivitas sehari – hari seperti bekerja, sekolah, maupun belanja.


4. Lakukan appraisal rumah


Tips yang satu ini sebenarnya sangat jarang dilakukan oleh calon pembeli, tetapi tips ini sangatlah penting. Ini dikarenakan rata-rata kita sebagai pembeli sangat awam dalam memahami nilai pasar dan kondisi rumah yang akan dibeli.

Appraisal ini bertujuan untuk melakukan penilaian secara objektif dan profesional dalam menaksir nilai pasar dan kondisi aset. Kamu bisa menggunakan hasil appraisal yang kamu dapat untuk melihat berapa nilai pasar rumah yang akan kamu beli dan bagaimana kondisinya

Untuk melakukan appraisal rumah, kamu harus mengeluarkan uang untuk membayar jasa profesional. Tarifnya berkisar Rp1 juta sampai Rp1,5 juta.

Bagi sebagian orang mungkin tips yang satu ini terasa berat karena harus mengeluarkan uang di awal. Tetapi ini akan sangat bermanfaat bagi kamu supaya kamu tahu detail nilai rumah yang akan kamu beli.


5. Cek legalitas rumah dan tanah


Tips membeli rumah lainnya yang bermanfaat bagi kamu adalah lakukan pengecekan legalitas rumah dan tanah yang akan kamu beli.

Pastikan kamu sudah cek dokumen-dokumen kusial seperti sertifikat tanah, Izin Mendirikan Bangunan, dan PBB. Lakukan sebelum membeli dan melakukan pembayaran.

Pada sertifikat tanah dan IMB kamu harus memastikan tidak ada sengketa dengan pihak lain dan juga pastikan tanah dan bangunan rumah yang akan kamu beli tidak terdampak oleh pelebaran jalan dan tata kota nantinya.


6. Perhatikan asuransi yang dipilih


Perhatikan asuransi yang dipilih
Tips Membeli Rumah 



Ketika kamu sudah memutuskan rumah mana yang akan kamu jadikan pilihan dan semua kelengkapan legalitas sudah kamu pastikan tidak ada masalah, maka kamu bisa melakukan transaksi jual beli rumah.

Ada satu tips lagi yang tidak boleh kamu lewatkan. Rumah impianmu yang sudah kamu beli pastilah  menjadi salah satu aset yang berharga. 

Untuk itu, memberikan proteksi finansial atas risiko-risiko kerugian di masa depan, seperti bencana alam, kebakaran, hingga pencurian sangatlah penting. Salah satunya membeli asuransi rumah.

Kamu bisa membeli asuransi rumah di perusahaan asuransi terpercaya seperti Simas Insurtech. Ada berbagai manfaat pertanggungan yang akan kamu dapatkan seperti jaminan gempa bumi, kebakaran, tersambar petir, hingga pencurian. 


Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat