Pilih Mana? Belanja Online vs Belanja Offline

 

Pilih Mana Belanja Online vs Belanja Offline - Belanja offline adalah, kegiatan yang kita lakukan menuju sebuah toko/minimarket/supermarket/ruko, dan lain sebagainya. Intinya kita berangkat dari rumah dan menuju ke lokasi orang berjualan.


perbedaan belanja online dan offline belanja offline adalah kelebihan dan kekurangan belanja offline statistik kota belanja online indonesia 2021
Pilih Mana? Belanja Online vs Belanja Offline


 

Sementara belanja online adalah, kegiatan yang kita lakukan dalam membeli sesuatu tanpa perlu ke luar rumah. Cukup menggunakan perangkat komputer atau ponsel.

 

Perbedaan belanja online dan offline yang paling terlihat ya seperti yang saya sampaikan di atas. Belanja online cukup dilakukan di dalam rumah, sedangkan belanja offline kita harus beranjak pergi meninggalkan rumah.

 

Kalau ditanya perbedaan harga toko online dan offline bagaimana? Saya akan menjawab kalau belanja online harganya jauh lebih murah, tetapi perlu digaris bawahi meskipun murah kita tetap harus membayar ongkos pengirimannya. Kecuali kalau plarform marketplace sebagai pihak ketiganya, memberikan promosi gratis ongkir.

 

 

Menurut laporan 'Navigating Indonesia's E-commerce: Omnichannel as the Future of Retail, mengemukakan jika 74,5 persen konsumen lebih banyak belanja online daripada belanja offline.

 

Tetapi kembali lagi kepada individunya mau belanja online atau belanja offline, banyak alasan yang melatarbelakangi. Ini dia beberapa alasan yang bisa jadi pertimbangan mau melakukan yang mana.

 

 

Belanja Online vs Belanja Offline

 

 

1. Dari segi waktu

 

Jika ukuran belanja dilihat dari segi waktu, belanja online jauh lebih hemat waktu ketimbang offline. Karena kita tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk keluar rumah. Tinggal klik, transfer, urusan beres tinggal menunggu barang tiba.

 

Namun bagi orang yang suka berbelanja offline, menganggap belanja langsung itu jauh lebih menyenangkan karena bisa memilih dan memilah bahkan bisa menawar.

 

2. Dari segi tenaga

 

Belanja online memberikan seseorang kemudahan, tidak banyak menghabiskan energi karena yang bekerja hanya ujung jari. Tinggal tekan klik, pembayaran bisa dengan internet banking atau mobile banking, selesai.

 

Bagaimana dengan belanja offline? Kita harus siap fisik dan tenaga ketika berkeliling dengan menenteng belanjaan. Belum lagi pulangnya naik angkutan umum atau membawa kendaraan sendiri.

 

3. Dari segi kepuasan

 

Untuk ukuran kepuasan setiap orang memiliki kepuasaan berbeda. Ada yang puas mengunjungi toko offline, ada yang cuku dengan belanja online sudah cukup.

 

Namun faktanya kekurangan belanja online adalah kita tidak bisa melihat real barang yang kita beli. Sementara kelebihan belanja offline, kita bisa memegang, mencoba, dan memilah warna yang mana yang cocok kita gunakan.

 

Demikian kurang lebihnya serba-serbi Belanja Online vs Belanja Offline, semoga membantu. salam. 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat