Memaksimalkan Optimasi SEO untuk Blogger


Memaksimalkan Optimasi SEO untuk Blogger - Apa itu SEO? SEO singkatan dari Search Engine Optimization, adalah metode optimasi blog agar mudah ditemukan oleh pengunjung dalam laman pencarian.


cara membuat seo website apa itu seo seo on page belajar seo untuk pemula
Memaksimalkan Optimasi SEO untuk Blogger


 

Teknik dalam SEO ada dua jenis, SEO on Page dan SEO off Page. Kepengennya sih saya memaksimalkan keduanya, tapi yang paling sering saya lakukan sih baru SEO on Pagenya dan sayangnya juga belum maksimal.

 

Kurang lebihnya dalam pembelajaran contoh SEO on Page ini, biasanya akan memelajari seputar:

 

  • Judul. Bagaimana membuat judul yang mudah dicari
  • Memberikan kata kunci. Dalam judul maupun paragraf diberikan kata kunci, agar artikel gampang dicari
  • Deskripsi. Jangan sampai dibiarkan kosong, harus diisi
  • Gambar. Bagaimana gambar harus diberikan keterangan kata kunci, agar bisa terindex Google
  • URL. Terkait URL ini jangan sampai typo, sebaiknya ada kata kunci, jangan sampai broken link, dan lain sebagainya.

 

Masih banyak sekali yang lain harus dipelajari apa itu SEO, tapi tidak bisa dipelajari satu atau dua jam. Butuh pembiasaan dan beratus-ratus hari. Itulah tip blogging yang ingin dicoba seluruhnya, buat saya. Semoga bisa menerapkannya dalam ngeblog dan pelan-pelan memahami.

 

Ohya, saya juga ingin memaksimalkan juga tools SEO yang diberikan oleh Google gratis dan beberapa tools lain. Lagi-lagi saya hanya memakainya ketika dibutuhkan, dan belum sepenuhnya bisa mempraktikan. Apa saja sih tools tersebut?

 

 

SEO Tools Free yang Wajib Dipelajari untuk Blogger

 

 

Google menyediakan banyak tools gratis yang bisa dipelajari oleh blogger, pun ada yang berbayar tergantung kebutuhan. Apakah kamu juga sudah memaksimalkan? Saya baru dua yang sering dipakai, tapi juga tidak maksimal sih. Semoga kedepannya saya bisa dengan baik menggunakannya. Apa saja sih?

 

 

Google Search Console

 

GSC atau sering disebut dengan Google Search Console memiliki fungsi untuk memantau performa blog, jumlah kunjungan, URL yang terindex Google, menghapus URL yang rusak dan lain sebagainya.

 

Google Search Console juga membantu mempercepat artikel kita terindex dan juga memberitahu kita posisi ke berapa artikel kita dalam pencarian.

 

 

Google Analytic

 

Aktivita pengunjung blog kita bisa dipandau dari tools Google Analytic, seperti dari mana pengunjung, apa yang dibaca artikelnya, darimana pengguna, dan lain sebagainya.

 

Demografi pengunjung juga detail terlihat pada Google Analytic, jika kita sering mengutak-atik Google Analytic pasti akan ketahuan dan kita bisa memaksimalkannya.

 

Sejauh ini saya baru menggunakn untuk memantau page view dalam sebuah artikel mencapai berapa. Karena beberapa job/pekerjaan yang saya dapat menginginkan jumlah page view yang tertarget, misalnya 200-500 views.

 

Kalau kamu sudah menggunakan tools free apa saja manteman?

 

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat