Indonesia Bangun Kemandirian Pertahanan dengan Komponen Cadangan (Comcad)

21 komentar


Indonesia Bangun Kemandirian Pertahanan dengan Komponen Cadangan - Pertahanan merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan manusia, terutama untuk mendapatkan rasa aman, nyaman, dari segala ancaman. 



gaji komcad seragam komcad pendaftaran komcad 2022 pendaftaran komcad
komcad kemhan go id login




Karena rasa aman akan muncul bilamana keinginan untuk memperjuangkan kepentingan itu, berhasil diraih. Senjata rasa aman sendiri adalah bertahan, bertahan dari segala ancaman yang datang dari pihak lain. 


Apalagi jika tidak ingin dikuasai oleh pihak lain, maka penting untuk membangun pertahanan yang kuat. Kalau Thomas S Kuhn bilang dalam bukunya, The Structure of Scientific Revolutions edisi ketiga bilang, 'Pertahanan berangkat dari proses temuan yang kemudian secara terus-menerus diteliti perkembangannya'. 


Beberapa aspek pendukung pertahanan dibentuk oleh negara, termasuk membentuk institusi yang khusus mencetak orang-orang yang berkiprah di bidang bersangkutan. Salah satunya adalah Komponen Cadangan, yang disingkat dengan KOMCAD. 


Komponen cadangan adalah Sumber Daya Nasional yang sudah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama. Yang dimaksud dengan Komponen Utama ini adalah, Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pembentukan komponen ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021. 


Sementara dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara menjelaskan bahwa pertahanan negara Indonesia diselenggarakan melalui Sistem Pertahanan Semesta, dimana dalam sistem tersebut melibatkan seluruh warga negara, wilayah serta segenap sumber daya nasional yang dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terarah dan berlanjut.



Definisi Ilmu Pertahanan




Ilmu pertahanan tidak hanya sebatas strategi atau ilmu militer saja, juga bukan membahas taktik perang atau teori mengenai siasat. Tetapi ilmu pertahanan sangat luas daripada seni dan ilmu perang itu sendiri. 


Ilmu pertahanan merupakan suatu ilmu yang mempelajari bagaimana mengelola sumber daya dan kekuatan nasional pada saat damai, perang dan pada saat setelah perang untuk menghadapi ancaman dari luar dan dari dalam negeri. Baik itu ancaman militer dan non-militer terhadap keutuhan wilayah, kedaulatan negara, dan keselamatan segenap bangsa dalam rangka mewujudkan keamanan nasional.


Artinya saat kondisi aman dan damai, ilmu pertahanan digerakan untuk dibahas dengan segala yang berkaitan, baik sumberdaya nasional atau sumber daya  manusia secara dini sebelum sesuatu terjadi. 


Dalam ilmu pertahanan sendiri banyak hal yang dipelajari bersifat strategis, taktis dan operasional, dimana antara lain ada pengetahuan tentang intelijen, personil, operasi, logistik, dan kemampuan dukungan teritorial serta ilmu pengetahuan yang lain. 


Apalagi perkembangan manusia dari masa ke masa semakin berbeda, perlu didukung dengan adanya perkembangan teknologi pula. Bukan sekadar ilmu militer atau perang yang akan dipelajari, tapi juga multi-displin. Seperti ilmu demografi, sosiologi, sejarah, hukum, matematika, teknologi, psikologi, antropologi, dan ilmu lain yang mendukung serta diperlukan untuk memenangkan pertempuran dalam mencapai tujuan. 



KOMCAD Memiliki Fungsi Memperkuat Kemampuan Komponen Utama TNI 



Pada tanggal 7 Oktober 2021 Presiden Joko Widodo lah yang menjadi inspektur upacara penetapan Komcad TNI di lapangan Terbang Suparlan.


Peserta yang menjadi siswa Komponen Cadangan adalah mereka yang sudah dilatih selama tiga bulan dan dikarantina tanpa berinteraksi dengan pihak luar. 


Terlebih di masa pandemi, peserta Komcad dalam penanganan prokes yang ketat, disuntik vaksin, melakukan tes swab juga swab PCR. 


Dalam siaran Pers yang dirilis oleh Biro Humas Setjen Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menyatakan, "Komponen cadangan adalah program sukarela (tidak wajib) yang diamanatkan oleh UU No. 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN). Mobilisasi komponen cadangan hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI, dan di bawah kendali Panglima TNI".


Prabowo sebagai Menhan dalam upacara pembentukan Komcad TA. 2021 menyampaikan dalam laporannya bahwa ada sejumlah 3.103 orang merupakan siswa terdidik dari : Rindam Jaya sebanyak 500 orang, Rindam III/Siliwangi sebanyak 500 orang, Rindam IV / Diponegoro sebanyak 500 orang, Rindam V /Brawijaya 500 orang, Rindam XII /Tanjungpura sebanyak 499 orang dan Universitas Pertahanan sebanyak 604 orang.



Apa Perbedaan Komponen Cadangan dengan Komponen Utama (TNI)



Dijelaskan dalam website Kementerian Pertahanan dengan link berikut : https://komcad.kemhan.go.id/komcad/ Perbedaan Komponen Cadangan dengan Komponen Utama (TNI), begini "TNI yang merupakan angkatan bersenjata negara Indonesia yang berperan sebagai alat negara di bidang pertahanan, Komponen Cadangan merupakan komponen pertahanan dalam sistem pertahanan rakyat semesta yang dianut Republik Indonesia yang berfungsi untuk memperkuat Komponen Utama pertahanan yakni TNI".


Lantas bagaimana bila seseorang ingin mengikuti rekrutmen Komponen Cadangan? Syarat apa saja yang harus dimiliki dan dipenuhi untuk mengikuti program Komcad?



Berikut ini syarat menjadi anggota Komponen Cadangan  




gaji komcad seragam komcad pendaftaran komcad 2022 pendaftaran komcad
pendaftaran komcad 2022




  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  • Setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
  • Usia 18 tahun - 35 tahun;
  • Sehat jasmani dan rohani; dan
  • Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.


Ini dia yang harus dilakukan untuk menjadi Komponen Cadangan  


  • Mendaftar melalui website/aplikasi mobile pendaftaran Komponen Cadangan
  • Setelah mendaftar sebagai Komponen Cadangan melalui website/aplikasi mobile, selanjutnya akan diarahkan untuk mengikuti seleksi penerimaan Komponen Cadangan *) seleksi menggunakan sistem gugur
  • Pengumuman lolos seleksi calon Komponen Cadangan
  • Latsarmil (Latihan Dasar Militer) selama 3 bulan
  • Pengumuman kelulusan latsarmil
  • Penetapan menjadi Komponen Cadangan pertahanan negara.


Untuk tugas dan kewajiban sebagai seorang Komponen Cadangan adalah 


  • Komcad dikerahkan bila negara dalam keadaan darurat militer atau keadaan perang.
  • Komcad dimobilisasi oleh presiden dengan persetujuan DPR, dengan komando dan kendali berada di bawah Panglima TNI.
  • Komponen Cadangan hanya untuk kepentingan pertahanan dan kepentingan negara.
  • Masa aktif komponen cadangan tidak setiap hari dan tidak setiap saat.
  • Meski tidak aktif setiap saat, komponen cadangan harus selalu siaga jika dipanggil negara.



Hak menjadi Komponen Cadangan beberapa diantaranya adalah



  • Uang saku selama menjalani pelatihan
  • Tunjangan operasi pada saat mobilisasi
  • Rawatan Kesehatan
  • Perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian
  • Penghargaan



Komponen Cadangan akan berakhir apabila



  • Telah menjalani masa pengabdian sampai dengan usia 48 (empat puluh delapan) tahun
  • Sakit yang menyebabkan tidak dapat melanjutkan sebagai Komponen Cadangan
  • Gugur, tewas, atau meninggal dunia
  • Tidak ada kepastian atas dirinya, setelah 6 (enam) bulan sejak dinyatakan hilang dalam tugas sebagai Komponen Cadangan.
  • sejak dinyatakan hilang kewarganegaraannya.
  • karena mengundurkan diri dengan alasan yang disetujui oleh menteri
  • Komponen cadangan dinyatakan hilang dalam tugas apabila tidak kembali ke kesatuannya setelah 7 (tujuh) hari


gaji komcad seragam komcad pendaftaran komcad 2022 pendaftaran komcad
pendaftaran komcad 2022




Komponen Cadangan 2022 Telah Dibuka, Daftar Di sini



  • Buat teman-teman yang tertarik menjadi Komponen Cadangan, di tahun 2022 ini pendaftarannya sudah dibuka sejak 1 Maret sampai 8 Mei. Sementara jumlah personel yang akan diterima adalah 2.500 orang dengan rincian sebagai berikut ;
  • TNI AD  Kodam II Sriwijaya : 500 orang, TNI AD Kodam VI Mulawarman : 500 orang
  • TNI AD Kodam XIV Hasanuddin : 500 orang, TNI AL  Kodikmar Surabaya : 500 orang
  • TNI AL  Pusdiklat Pasgat Bandung : 500 orang.
  • Untuk seleksinya sendiri dimulai pada Mei 2022, dilanjutkan dengan pelatihan (Latsarmil). Penerimaan pendaftaran dikhususkan untuk jenis kelamin laki-laki, dari usia 18 sampai dengan 35 tahun. 





Ada berapa banyak Komcad TA 2022 ini? Dibutuhkan pada bagian  



TNI AD

  • Perwira sebanyak 36 orang
  • Bintara sebanyak 168 orang
  • Tamtama sebanyak 1.296 orang

TNI AL

  • Perwira sebanyak 12 orang
  • Bintara sebanyak 56 orang
  • Tamtama sebanyak 432 orang

TNI AU
  • Perwira sebanayak 50 orang
  • Bintara sebanyak 350 orang
  • Tamtama sebanyak 100 orang



Tunggu apa lagi? Pendaftaran sudah bisa secara online di : komcad.kemhan.go.id

atau www.kemhan.go.id. Bisa juga melalui No WhatsApp di 0899 017 0845. 



Berkaca dari peperangan para pahlawan sebelum Indonesia merdeka, saat itu militer kita tidak secanggih lawan. Hanya berbekal bambu runcing kemerdekaan Indonesia bisa diraih, ini membuktikan bahwa pengetahuan dan kecerdasan ternyata bisa mengimbangi kekuatan yang sedemikian canggihnya. 


Dengan kata lain kekuatan fisik bisa dikalahkan dengan semangat juang yang tak pernah padam, itu yang harus kita pegang selalu. Karena dalam perang tidak hanya komponen fisik yang dibutuh, tapi juga komponen moral, dan komponen konseptual. (*)




Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

21 komentar

  1. Info menarik nih, keren ya sekarang, ada komponen cadangan juga buat TNI.
    Anaknya kakak saya nih cita-citanya jadi tentara, kayak bapaknya.
    Bakalan senang nih dia kalau tahu makin banyak yang dibutuhkan untuk menjadi tentara.

    BalasHapus
  2. wih aku baru tau mba, keren ya ternyata rencana pertahanan Indonesia, sampe ada pendidikan buat komponen cadangan ini

    BalasHapus
  3. hmm rumit juga yaa mba.. yang jelas biaya pertahanan indonesia juga seharusnya besar. anggota2nya juga dijamin kesejahteraannya karena pekerjaannya memang berisiko. asal engga dikorupsi aja sih, biar kita pun sebagai rakyat juga bisa merasakan manfaat dari rasa aman berkat pertahanan indonesia

    BalasHapus
  4. Kalau liat TNI gini jadi inget sahabat anakku yang pengen jadi TNI. Latihan fisiknya masha Allah bgt. Dia hampir tiap hari lari, pagi, siang, sore. Angkat beban dll. Alhamdulillah keterima juga.

    BalasHapus
  5. Masih lumayan lama nih periode pendaftarannya, masih sampai awal Mei ya mbak. Share ke WAG keluarga ah, kali aja ada yang pada pengen daftar. Lihat Hak yang didapatkan tuh Insya Allah terjamin yaa, baik dari segi uang saku, juga jaminan kesehatannya.

    BalasHapus
  6. Baru tahu kalau KOMCAD (Komponen Cadangan) setelah baca postingan ini. Baca postingan ini jadi teringat dengan temanku yang saat ini udah jadi TNI dan bertugas di Barabai, Kalimantan.

    BalasHapus
  7. Komcad merupakan salah satu cara kita menjaga negara ini.

    BalasHapus
  8. Wah, keren banget... INdonesia perlahan memikirkan hal ini untuk perhananan dan keamanan negeri. Apakah Komponen Cadangan juga mendapat seragam khusus yang bisa dibedakan antara Komcad atau Komponen Utama (TNI)?

    BalasHapus
  9. wahh yang usianya masih muda dan sedang cari kerja, boleh banget nih yaa daftar ini

    BalasHapus
  10. Duh semangat saya kok menggebu-gebu begini ya baca lowongan jadi komando cadangan ini. Andai saja Perempuan juga boleh ikut daftar, hehehe

    BalasHapus
  11. Komcad, adalah bagian dari Sishankamrata yg digagas salah satunya oleh Menhan Prabowo. Komcad merupakan komponen pendukung dari komponen utama yaitu TNI dan Polri.

    BalasHapus
  12. Hmmm kok jd keinget wamil di Korsel ya hehe
    Bedanya ini gak wajib ya, eh atua belum diwajibkan hehehe
    Tapi sebenarnya bagus juga lho kyk gini2 nih, soalnya supaya generasi muda2 Indonesia juga makin banyak yang paham mencintai tanah air dengan terjun langsung gabung jadi comcad.

    BalasHapus
  13. Semoga dengan banyaknya pemuda indonesia yang mendaftar untuk mengabdikan diri pada negara akan membuat Indonesia memiliki pertahanan keamanan nasional yang lebih baik

    BalasHapus
  14. Wah ada pembukaan pendaftaran komponen cadangan. Yang dibutuhkan jumlahnya banyak juga, ya, Mbak.

    BalasHapus
  15. Ohh sekarang sudah bisa mendaftar secara online ya, mbak? Dulu alm. Opaku seorang TNI AU dan hampir semua keluarga dari opa TNI. Tapi generasi kedua dan ketiganya ga ada yang nurunin menjadi TNI juga, hehehe.

    BalasHapus
  16. Wah baru tahu nih tentang komponen cadangan yang ternyata fungsinya untuk membantu negara ketika dalam keadaan darurat militer,

    Ternyata sekarang udah mulai dibuka pendaftaran yah

    BalasHapus
  17. Halo mba. Benar banget bahwa bagaimanapun jangan sampai kalah dalam daya juang ya mba. Makasih informasinya mba :)

    BalasHapus
  18. Saya baru dengar istilah komponen cadangan ini mba, apakah mereka juga digaji seperti TNI gitu?

    BalasHapus
  19. komponen cadangan ini memang penting ya mba dan kita bisa ikut berpartisipasi di dalamnya nih

    BalasHapus
  20. Baru tahu nih kalau ada program seperti ini. Dan fungsiinya jg bagus banget terutama ketika negara dalam keadaan darurat militer. Makasih sharingnya mba

    BalasHapus
  21. baru tau kalo komcad itu ada pendaftarannya juga, kirain harus kenal "orang dalem" kalo mau daftar jadi komcad. Pertahanan emang penting sih, karena mempertahankan kedaulatan bangsa ngga bisa sembarangan. Apalagi di era ghawzul fikri

    BalasHapus

Posting Komentar