Coba Sendiri! 7 Kuliner Khas Manado Kebanggaan Penduduk Lokal

23 komentar


Coba Sendiri! 7 Kuliner Khas Manado Kebanggaan Penduduk Lokal - Kondisi perlahan semakin kondusif, artinya kita sudah bisa mulai keluar rumah dengan lebih nyaman, bahkan merencanakan liburan yang menyenangkan. Jika masih belum nyaman untuk berlibur terlalu jauh ke luar negeri, tak jadi masalah, karena kamu bisa berlibur ke beragam kota di nusantara yang kaya akan keindahan alam, budaya, dan tentunya wisata kuliner khas yang menggugah selera. Untuk kamu yang masih bingung menentukan pilihan, kamu bisa coba mengunjungi ibukota Sulawesi Utara, kota Manado. Ada kuliner Manado halal di sana.


wisata kuliner manado kuliner manado halal ciri khas makanan manado
wisata kuliner manado



Untuk menuju kota Manado, tersedia beragam layanan penerbangan yang bisa kamu pilih. Untuk memastikannya, kamu bisa cek rute perjalanan Batik Air di Traveloka untuk informasi real-time sesuai periode perencanaan liburanmu. Jangan lupa juga untuk sekalian cek jadwal Damri Bandara untuk kamu yang ingin menggunakan fasilitas tersebut nantinya.

Jika sudah menentukan layanan penerbangan menuju kota cantik yang terletak di teluk dan dikelilingi pegunungan ini, tiba saatnya untuk merencanakan destinasi liburan, termasuk destinasi kuliner yang jangan sampai dilewatkan. Sudah tak sabar ingin tahu beragam kuliner khas Manado yang menjadi kebanggaan para penduduk lokal? Yuk, langsung lihat beberapa di antaranya di bawah ini.


Wisata Kuliner Manado yang Wajib Dicoba

 

1. Bubur Manado

Bubur Manado adalah salah satu kuliner Manado yang telah cukup dikenal di Nusantara. Nama lokal dari Bubur Manado ini sendiri adalah Tinutuan, santapan hangat yang terbuat dari campuran bubur beras, labu kuning, jagung pipil dan sayuran hijau.

Jika kamu ingin mencoba Tinutuan yang otentik di Manado, kamu bisa mengunjungi pusat kuliner Tinutuan yang berada di Wakeke. Jangan kaget, karena di sana terdapat banyak sekali rumah makan yang menyediakan Tinutuan. Mulai dari warung sederhana hingga restoran mewah, semua bisa kamu pilih sesuai keinginanmu.

 

2. Woku Blanga


wisata kuliner manado kuliner manado halal ciri khas makanan manado wisata kuliner manado 2021
Woku Blanga


Sajian ikan dan seafood ini dinamakan Woku Blanga karena teknik pembuatannya yang dimasak menggunakan belanga tanah liat. Sementara Woku sendiri adalah jenis bumbu racikan dari daun jeruk, daun kunyit, daun serai, daun pandan, kemangi, dan bumbu pelengkap lainnya yang mampu menghasilkan cita rasa pedas segar dan aroma wangi semerbak.

Terdapat beragam varian sajian laut dan ikan yang biasa dimasak dengan gaya Woku Blanga, di antaranya ada udang, kepiting, ikan mas, ikan nila, dan ikan kerapu. Tertarik mencobanya? Kamu bisa langsung menyambangi restoran khas Minahasa dan beragam warung makan tradisional yang tersebar di kota Manado.

 

3. Ayam Isi Buluh

Buluh adalah kata lain untuk Bambu. Seperti Woku Blanga, Ayam Isi Buluh ini juga dimasak dengan teknik yang tak biasa, yaitu dimasukkan ke dalam bambu yang memang biasa digunakan penduduk lokal untuk memasak. Untuk bumbunya sendiri, Ayam Isi Buluh diracik dengan beragam bumbu masak. Di antaranya ada cabai, kunyit, jahe, dan serai.

 

4. Dabu Dabu

Dabu-dabu adalah sebutan untuk sambal di Manado, dan merupakan salah satu elemen penting karena sebagian besar masyarakat Manado menikmati sajian pedas. Dabu-dabu Manado sendiri dikatakan sangat pedas.

Di antara sajian dabu-dabu yang terkenal adalah Sambal Roa yang merupakan campuran Ikan Roa, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, dan gula. Sebelum dicampur dengan cabai, ikan roa tersebut sebelumnya diasap hingga sangat kering, ditumbuk hingga halus dan dimasak dengan minyak yang sedikit.

Sambal Roa bisa dinikmati dengan banyak makanan Manado lainnya, mulai dari Tinutuan, hingga pisang goreng! Apakah kamu tertarik mencicipi pisang goreng dengan cocolan Sambal Roa?

 

5. Ikan Tude

Salah satu santapan lain yang nikmat dinikmati dengan bumbu dabu-dabu adalah Ikan Tude. Sajian ikan khas Manado ini bisa diolah dengan digoreng atau dibakar sesuai dengan selera kamu.

 

6. Es Brenebon

Es kacang merah khas dari Manado! Brenebon sendiri adalah sebutan untuk kacang merah. Jika berkunjung ke Manado, tentu belum lengkap kalau belum mencoba Es Brenebon ini. Bertanyalah pada penduduk lokal dan minta direkomendasikan rumah makan Es Brenebon yang terkenal di sana. Dingin dan manis, enak sekali dimakan setelah berjalan-jalan di bawah terik matahari.

 

7. Cakalang Fufu

wisata kuliner manado kuliner manado halal ciri khas makanan manado wisata kuliner manado 2021
Cakalang Fufu



Cakalang adalah jenis ikan yang banyak menjadi komponen penting dalam sajian kuliner Manado, sementara Cakalang Fufu adalah sajian ikan Cakalang yang dimasak dengan cara diasapi atau fufu. Namun ternyata Cakalang Fufu sendiri adalah sajian ikan asap yang kemudian akan diolah lagi menjadi berbagai varian, diantaranya adalah olahan Cakalang Fufu Santan dan Cakalang Fufu Saus.

 

Hmm, selesai mengetahui makanan khas Manado di atas, jadi auto lapar, deh! Meskipun kini kamu juga bisa merasakannya di kota tempat tinggalmu, namun rasa dan pengalamannya tentu berbeda dengan mencoba langsung di wilayah pembuatannya. Karena itu, pastikan untuk mencatat kuliner apa saja yang ingin kamu coba langsung di Manado, ya.

Sedapnya! Di antara ketujuh makanan khas di atas, kuliner apa yang paling menarik perhatianmu dan rasanya ingin kamu coba langsung sekarang juga?

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

23 komentar

  1. wah aku belum nyobain yang es brenebon nih, seger amat ya kayaknya, bisa kali buat menu takjil berbuka

    BalasHapus
  2. Sudah pernah mencicipi semua di resto Manado di Jakarta. Mantaap dan lezat semua! Meski enggak semua bisa saya nikmati dengan senang hati. Karena kalau resep asli, pedesnya ketinggian levelnya bagi saya. Maka jika ada pilihan, biasa saya pesan yang sedang saja pedasnya..ga kuaaat perut saya!

    BalasHapus
  3. Makanan Mando emang enak2 semua dan cita rasanya pasti unik :) Oh, brenebon itu es kacang merah? Mantao deh abis makan dabu2 pedes trus mimi esnya nyesss! Manjain perut hihihihi :) Cakalang fufu aku belum pernah coba, taunya sih nasi goreng cakalang hehehe :)

    BalasHapus
  4. Aku tuh doyan banget sama makanan khas Manado karena enak-enak banget, terutama yang jadi favoritku adalah ikan cakalang. Kalau di rumah aku biasanya sering masak woku, dhabu2 dan brenebone yang favoritnya pak suami dan anakku juga.

    BalasHapus
  5. Baru satu makanan yang pernah saya cicipi yaitu bubur manado, kebetulan ada yang jual di Malang. Pengen juga nin nyicip bubur manado di tempat aslinya

    BalasHapus
  6. Namanya kuliner Manado itu semua enak ya kak. 5 tahun yang lalu aku mudikke Manado puas deh nkmati ikan cakalang, bubur manado, ikan roa en cookies khas Manado. Mantaps...
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  7. Bubur Manado tuh beneran enak. Pas dulu di Ambon sering makan bubur Manado. Skarang udah jarang nemuin mba

    BalasHapus
  8. Aku suka semua masakan manado yang halal, bumbunya tuh favorit banget deh karena pedas dan rempahnya nampol. Aku paling sering makan bakwan jagung dan tumis bunga pepayanya itu loh, uenak

    BalasHapus
  9. Ikan tude aku udah pernah makan nyi waktu ada festival kuliner dari sana. Cakalang fufu tampaknya enak juga ya, ada rasa pedasnya gitu

    BalasHapus
  10. Pernah ke Menado tahun 2012 acara kantor (jaman msh ngantor) kaget donk di suguhi pisang goreng sama sambal roa hahha. Ayam wokunya juga mantap

    BalasHapus
  11. Aku paling suka sama kuliner yang dimasak dengan metode diasap.
    Rasanya lebih wangi dan saat dikecap di lidah menjadi tak terlupakan. Ingin mencoba Cakalang Fufu. Namanya kiyut sekali..

    BalasHapus
  12. Dan penasaran banget sama Kuliner Woku Blanga. Karena sering lihatin di youtube masak woku, tapi belum pernah nyicipin.

    Hmm pasti enak banget nih.

    BalasHapus
  13. aku pernahnya bubur manado sama cakalang. kalau woku itu ayam woku itu sama nggak mak. cuma itu dari ikan ya bukan ayam?

    BalasHapus
  14. Wowow.. Cakalang fufu. Enak banget itu. Aku dulu pernah dapat bingkisan cakalang fufu. MasyaAllah.. Enak banget.. Pengen coba lagi yg asli dari sana

    BalasHapus
  15. Dari sekian kuliner manado, aku baru nyoba yang buburnya, Mak. Pertama praktik sendiri, lihat dari resep dan sedikit modif dengan bahan yang ada hihihi. Terus pas lagi makan di kafe, sentuhan rasanya juga beda. Penasaran pengen tau rasa otentik Bubur Manadonya, nih

    BalasHapus
  16. Doyan semuaaaa akutu mbaaa

    Pernah sekali ada business trip ke Menado, dan endeuss benerrr sik kuliner di sana

    BalasHapus
  17. Aku pernah nyobain ke 7 makanan khas Manado, waktu itu pernah seminggu di MAnado sampe enek makan ikan muluu dan bubur Manado, emang enyak2 dan berbeda banget sama di Sunda khas makanannya. Butuh adaptasi bbuat makan yang pedas2 pula.

    BalasHapus
  18. Nama kulinernya unik2 semua ya, Mbak. Aku penasaran dg citarasa bubur mando yang emang terkenal banget. Kalau bisa merasakan sendri kuliner khasnya di Manado, senang pastinya. Hihihi.

    BalasHapus
  19. Belum pernah ke Manado, semoga di beri rejeki kesehatan kemudahan untuk bisa berkunjung ke menado.

    kemarin2 baru mencicip makanan kas manado dr bekasi jakarta aja 😭😭

    BalasHapus
  20. Saya baru pernah cobain Bubur Manado dan Woku Belanga nih. Tapi ya tentu saja, cobainnya di daerah lain di luar Manado, soalnya belum pernah ke sana sih. Pastinya penasaran sama gimana rasa kuliner tersebut yang disanta di daerah asalnya.

    BalasHapus
  21. Aku selalu penasaran dengan ikan cakalang fufu, cuma baca tapi nggak tahu gimana rasanya, aromanya, hmmm.. Kalo bubur Manado udah sering aku nikmatin waktu di Bogor

    BalasHapus
  22. Cakalang Fufu Nyi... Pengen nyobain itu. Aku suka ikan cakalang tapi di sini susah, adanya Indom*e cakalang...itu juga harus beli di marketplace

    BalasHapus
  23. kuliner manado enak - enak, dabu - dabu juga enak. Ah jadi ingin makan masakan manado

    BalasHapus

Posting Komentar