7 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Bandeng Untuk Tubuh!

 

7 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Bandeng Untuk Tubuh - Ikan Bandeng merupakan jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi. Selain itu rasa ikan bandeng ini memiliki rasa yang enak dan gurih.


7 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Bandeng Untuk Tubuh
7 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Bandeng Untuk Tubuh



Belum lagi penyajian ikan bandeng di Indonesia sangat beragam bisa dengan cara digoreng, di bakar, dan di presto. Ikan bandeng juga sangat digemari oleh hampir semua masyarakat Indonesia.

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, ikan bandeng juga memiliki sederet manfaat yang baik untuk tubuh. Nah penasaran apa saja manfaat ikan bandeng untuk tubuh? Yuk simak ulasannya dibawah ini! 

 

Manfaat Ikan Bandeng, bagi Tubuh Manusia

 

1. Memberikan kesehatan fungsi otak

Ikan bandeng memiliki kandungan lemak omega-3, antioksidan dan protein yang sangat bagus untuk menjaga dan memberikan kesehatan pada fungsi otak kita. Nutrisi tersebut bisa meningkatkan daya ingat dan konesentrasi sehingga kita tidak cepat lupa atau demensia. Ikan bandeng juga sangat dibutuhkan bagi lansia.

Selain diperlukan oleh lansia, ikan bandeng juga bagus untuk perkembangan si buah hati karena nutrisi tersebut bisa membuat anak sehat dan pintar.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat ikan bandeng ternyata bisa memelihara kesehatan jantung kita. Lemak pada omega-3 mampu menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Karena kandungan omega-3 pada ikan bandeng mampu menurunkan trigliserida dan kolesterol sehingga mampu mengontrol tekanan darah.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi mata

Dalam menjaga kesehatan dan fungsi mata, maka sebaiknya konsumsi ikan bandeng karena kandungan nutrisi pada ikan bandeng terdapat vitamin A, vitamin B, lutein dan tentunya omega-3. Vitamin A yang kita tahu adalah vitamin yang baik untuk matak karena vitamin A mampu mengurangi penyakit pada mata seperti katarak dan degenerasi macula.

4. Merawat kesehatan tulang dan gigi

Pada ikan bandeng terdapat nutrisi penting untuk kesehatan tulang dan gigi yaitu kalsium dan fosfor. Kedua nutrisi ini biasanya kita dapatkan pada olahan susu namun pada ikan bandeng kamu bisa merasakan manfaatnya. Kalsium dan fosfor sangat baik untuk mencegah tulang keropos dan merawat kekuatan gigi.

5. Mencegah anemia

Manfaat lainnya jika mengkonsumsi ikan bandeng yaitu mencegah tubuh anemia. Ikan bandeng mengandung vitamin B, asam folat dan zat besi. Nutrisi tersebut sangat baik dalam pembentukan sel darah merah. zat besi yang sangat penting untuk membentuk dan regenerasi sel darah merah sehingga mampu mencegah seseorang mengalami anemia.

6. Menjaga daya tahan tubuh

Ikan bandeng memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Semua nutrisi yang terkandung pada ikan bandeng mampu membentuk sel imun agar membuat tubuh rentan sakit. Dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat akan melawat kuman yang masuk didalam tubuh.

7. Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin

Selain itu juga ikan bandeng sangat baik dikonsumsi ibu hamil. nutrisi baik yang terkandung pada ikan bandeng mampu merawat dan mendukung tumbuh kembang janin. Selain itu juga ibu hamil akan rentan sakit serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk porsi baiknya, ibu hamil rutin mengkonsumsi ikan bandeng sebanyak 3 porsi per minggu. Untuk olahan ikan bandeng pastikan jangan setengah matang agar tidak ada bakteri masuk ke dalam tubuh ibu hamil saat dikonsumsi.

 

Itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi ikan bandeng. Ikan bandeng memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun jika seseorang memiliki alergi terhadap ikan, jangan memaksa untuk mengkonsumsinya. Nutrisi pada ikan bandeng bisa diperoleh dari olahan buah-buahan dan sayur lainnya. Semoga bermanfaat ya, salam!

Postingan Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat