Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Post a Comment


Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami - Cara cepat turunkan kolesterol yang tinggi, juga butuh proses, yang penting telaten dalam melakukannya terlebih dulu itu yang paling penting.


Cara menurunkan kolesterol dengan cepat
Cara menurunkan kolesterol dengan cepat


 

Kolesterol adalah lemak yang berguna untuk tubuh, tetapi jika kadarnya dalam terlalu tinggi akan membahayakan. Karena kolesterol ini bisa menumpuk di pembuluh darah, dan menyebabkan aliran darah tersendat.

 

Kolesterol juga terdapat dalam makanan yang kita konsumsi, seperti berasal dari daging, susu, dan lain sebaainya. Maka cara yang tepat untuk mengendalikan kolesterol dalam tubuh adalah dengan menjaga gaya hidup menjadi sehat. Mengatur asupan makanan dengan tepat, berolahraga dengan rutin, dan hindari kebiasaan merokok.

 

 

Bagaimana Mengetahui Gejala Kolesterol yang Datang?


 

Kolesterol yang tinggi biasanya tidak disadarai oleh seseorang, sampai muncul gejala komplikasi seperti stroke, atau penyakit jantung. Untuk mengetahui apakah kita menderita kolesterol berlebih caranya adalah dengan melakukan tes darah. Dari hasil tes tersebut akan diektahui berapa tinggi atau normal kolesterol yang kita miliki.

 

Dalam memeriksakan berapa kadar kolesterol di tubuh ini, bisa dilakukan 4-6 tahun sekali dimulai dari usia 20 tahun menurut alodokter.

 

Sementara untuk anak-anak bisa diperiksakan mulai usia 9-11 tahun, kemudian diulangi dalam rentang usia anak 17-21 tahun. Berbeda pada anak-anak dari keluarga yang memiliki riwayat diabetes dan kolesterol tinggi disarankan anak-anak waktu berusia 2-8 tahun lantas diulangi lagi pada usia 12-16 tahun kedepan.

 

 

Sayur Menurunkan Kolesterol

 

 

Cara menurunkan kolesterol tanpa obat, bisa dilakukan dengan mengonsumsi sayuran yang kaya serat. Seperti apa saja buah menurunkan kolesterol tersebut? Yuk kita simak satu persatu anjuran dari dr. J.B. Suharjo B. Cahyono Sp.PD:

 

Wortel

Di dalam sayuran wortel, ada serta selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Ketiga serat ini bisa memperbaiki penyerapan kolesterol dari saluran pencernaan. Yang membuat kadar kolesterol dalam tubuh bisa diturunkan.

 

Terong

Dalam sayuran terong seberat 94 gram, mengandung serat sebanyak 2,4 gram. Mengonsumsi jus terong akan lebih baik, daripada harus dimasak, karena alami tapi kalau kurang suka bisa juga dimasak.

 

Bayam

Pada sayur bayam, sayur berdaun hijau segar ini sangat baik dalam menurunkan kolesterol. Dalam satu cangkir sayur bayam, ada kandungan 6gram serat yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Cara mengolahnya bisa dibuat untuk masakan sayur bening, agar segar.

 

Kentang

Satu kentang berukuran sedang, mempunyai sekitar 5gram serat larut. Kentang juga bisa digunakan sebagai makanan pengganti nasi, emak mertua saya penderita diabetes disarankan dokter untuk makan kentang, tapi kalau untuk konsumsi kentang kurang suka makanya saya akalin campuran nasi merah dalam beras. Kentang juga baik untuk menurunkan kolesterol, sebaiknya makan kentang dengan kulitnya karena banyak manfaatnya

 

Kacang Panjang

Dalam 150 gram kacang panjang, mengandung 2,6 gram serat. Di mana kacang panjang ini bagus untuk menurunkan kolesterol, karena rendah lemak dan kalori. Direbus akan lebih baik penyajiannya, daripada dioseng karena mengandung banyak minyak.

 

Terima kasih sudah membaca cara cepat turunkan kolesterol yang tinggi, pesan dokter Cahyono yang harus diingat adalah menghindari makanan yang digoreng, akan lebih baik jika mengolahnya dengan cara direbus atau dikukus.

 

Selain itu jauhi juga makanan yang mengandung tinggi lemak, seperti jeroan, cumi, kuning telur, dan udang. Untuk konsumsi telur ini, tiga butir dalam seminggu sudah cukup baik. Makanan tersebut bisa diganti dengan lebih banyak sayuran ataupun buah-buahan.

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment