Di rumah Aja Nggak Bikin Mati Gaya, Yuk Berbelanja dan Usaha Bareng Platform Shopee

Post a Comment


Di rumah Aja Nggak Bikin Mati Gaya, Yuk Berbelanja dan Usaha Bareng Platform Shopee – Percaya atau tidak, rezeki itu ada di mana-mana, masalahnya tinggal bagaimana kita memindahkannya ke tangan kita. Lihat saja keadaan di sekitar kita, mari belajar dari seekor burung, berjuta burung beterbangan di angkasa setiap hari untuk mendapatkan rezeki. Mereka tidak pernah berkeluh kesah ataupun putus asa, setiap kali harus terbang hinggap di ranting satu ke rating yang lain, hinggap ke dahan pohon sampai mendapatkan makanan. Ia pun harus terbang ribuan mil jauhnya untuk bermigrasi mandapatkan asupan makanan. Betapa gigihnya, betapa optimisnya akan ada rezeki dari Sang Ilahi. Demikian juga dengan seekor ayam, garuk sana, garuk sini, garukan pertama gagal, ia menggaruk kembali sampai menemukan makanan. Kegigihan dan optimismenya yang harus kita ambil pelajarannya, mereka berusaha keras dengan sumber daya yang dimiliki sehingga dapat mengatasi permasalahan hidup yang dihadapi. Bagaimana dengan manusia? Yang diciptakan sebagai makhluk paling sempurna?


shopee indonesia download shopee for pc shopee login belanja shopee shopee seller center
shopee indonesia



Sampai di titik ini, masyarakat Indonesia sudah punya pemahaman dan keyakinan baru mengenai wabah pandemi. Sejak dicetuskan oleh Presiden Jokowi, pada Februari 2019 lalu. Terhitung hampir dua tahunan sudah, kita melakukan kegiatan di rumah saja. Dengan keyakinan baru, kita membangun nasib yang baru. Keyakinan yang kita genggam sampai saat ini bernama Husnudzon (berbaik sangka). Atas apa saja yang terjadi dalam kehidupan kita, keyakinan untuk berpikir semuanya bagus, semuanya baik dan memberikan manfaat. Apabila ada  hal yang tidak berkenan, segera tarik dalam dunia quantum kita dan jadikan hal tersebut sebagai kejadian yang positif. Meskipun hal itu tidak mudah.

 

Karena akal kita berpikir 60.000 pikiran dalam setiap harinya. Setiap pikiran mengandung energi listrik, yang akhirnya terpancar ke alam. Energi pikiran bisa positif dan juga negatif, mana yang lebih banyak? Hanya kita sendiri yang tahu. Maka setiap pikiran adalah doa dan setiap doa dikabulkan oleh Allah baik yang positif maupun negatif.

 

 

Di Rumah Saja Bikin Bosan atau Bikin Belajar Banyak Hal?

 


Tidak sedikit masyarakat yang merasa bosan, tidak bisa beraktivitas sebagimana mestinya. Jujur saya pun iya, banyak cara dilakukan oleh masyarakat selama masa pandemi meski di dalam rumah. Tetapi semuanya bergantung kepada kita sendiri, apakah mau rebahan atau menjadi hal yang membuat produktif.



shopee indonesia download shopee for pc shopee login belanja shopee shopee seller center
download shopee Saja

 

Jika kita menilik ke hal yang postif, ada banyak orang yang karena sibuk bekerja tidak bisa melakukan hobi membacanya. Kini, mereka bisa melakukan hobi baca buku dengan sepuasanya. Ada yang nggak suka masak, mulai belajar memasak dan  yang paling happening di media sosial adalah minuman kopi yang bernama Dalgona Coffee, adalah minuman foam yang terbuat dari kopi. Beberapa teman saya mempraktikan hal tersebut dan mereka berhasil. Padahal mereka bukan ahli dalam meracik minuman, tapi bisa lho! Selain itu banyak kalangan yang menghibur diri dengan bermain tiktok, dari anak-anak sampai orang tua pun tenaga medis mengisi waktu luangnya bermain tiktok. Bisa jadi hal tersebut sebagai refleksi diri, setelah bekerja dan berjuang mengurus pasien Covid-19 yang allhamdulillah grafiknya mulai melandai.

 

Ada juga yang meluangkan waktunya untuk menonton Drama Korea atau film yang disenanginya, untuk menghabiskan waktu. Seseorang harus cuci tangan sesering mungkin, pakai masker kalau keluar rumah, menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, menghindari untuk menyentuh wajah dan langkah-langkah lain mencegah penyebaran covid-19. Kalau kita tidak mengonfirmasi pikiran-pikiran  cemas, was-was akan berimbas menjadi energi negatif. Sebisa mungkin respon kita  terhadap fakta yang tersaji, kita tetap positive thingking dan melakukan apa yang direkomendasikan oleh pemerintah serta WHO.

 

 

Membuat Masker Sebagai Salah Satu Usaha Mendapatkan Penghasilan

 

 

Salah satu hal yang saya lakukan di rumah agar tetap positif, adalah dengan memaksimalkan potensi diri. Kebetulan suami bisa menjahit dan pernah bekerja di konveksi, sementara saya pernah belajar menjahit di BLK Kabupaten jadilah kami bekerjasama untuk melakukan hal yang bisa bermanfaat. Berawal dari komunitas Blogger BPLUS, yang sedang merencanakan donasi masker. Kami mengajukan diri untuk membantu menjahit maskernya, Allhamdulillah keterampilan kami berguna untuk saling bersinergi meringankan Indonesia dari pandemi yang sedang terjadi. Meskipun apa yang kami lakukan tidak seberapa, lantas akhirnya kami menjual masker. Mengingat masker kesehatan harganya sudah melangit waktu itu, sementara masyarakat Indonesia butuh perisai untuk melindungi diri. Dari awalnya membuat masker satu lapis menjadi dua lapis, sampai dengan tiga lapis, agar bisa disisipi tisu dan siapapun yang keluar rumah memiliki pertahanan yang kuat.

 

Sempat ada yang mengatakan kami menjual maskernya terlalu mahal, padahal kami hanya mengambil untung seribu tiap masker. Sementara bahan yang dijual makin meninggi, jarak beli ke tempat lokasi juga satu jam dengan mengendarai motor. Belum lagi untuk memotong yang menggunakan alat gunting manual, berburu karet yang mulai langka bahkan kami tempuh ke kota provinsi. Seringnya produk kami disamakan dengan produk konveksi, jelas beda sekali. Mereka mengerjakan dengan alat, kami masih menggunakan tenaga manusia. Tapi ya sudahlah, namanya juga mereka nggak tahu dengan apa  yang kami alami. Mas suami terus menyemangati, dan kami masih terus produksi. Allah memang MahaAdil, memberikan  rezeki dengan penuh misteri, ada saja yang pesan.. Tidak ada orang sukses, yang melaju dengan mulus bukan? Butuh tekanan dan butuh ujian, sekalipun itu oleh orang terdekat. Tapi pikiran yang positif, akan terus menggerakan kami dengan hal-hal yang baik. Alhamdulillah.


shopee indonesia download shopee for pc shopee login belanja shopee shopee seller center



Kami juga mulai percaya diri untuk memasang jualan masker di marketplace, Shopee adalah pilihan kami. Karena sering konsumen meminta kami mengunggahnya di marketplace tersebut, "Soalnya gratis ongkir!" Begitu kata konsumen melalui chat WhatsApp dengan ditambah emoticon senyum. Semakin banyak yang minta, akhirnya kami memberanikan diri merintis usaha di Shopee. Jangan tanya kompetitornya, banyak banget! Sampai kami geleng-geleng kepala, tapi kami kembali ingat. Di pasar aja banyak pedagang yang sama, tapi mereka tetap memiliki rejeki yang sudah diatur-Nya. Lantas mengapa takut? Plaftorm Shopee, menjembatani kami sebagai pelaku usaha mikro yang sedang terus berjuang bertahan hidup di tengah pandemi.  Tidak hanya jualan, kami juga memesan bahan di Shopee untuk menghidari seringnya keluar rumah. Di toko-toko jahit begitu sesak, ada yang sadar menggunakan masker dengan benar, ada pula yang masih cuek-cuek saja. Jujur rasa takut pasti adalah ya. Maka pilihan bijak adalah dengan memesan barang dengan online, apalagi Shopee menawarkan gratis ongkir. Jadi sangat terbantukan.

 

Shopee merupakan wadah belanja online, yang fokus pada platform mobile. Shopee memberikan kemudahan kepada orang-orang yang ingin belanja, berjualan secara langsung melalui ponselnya. Saya ingat pertama kali tauh Shopee waktu masih ngantor tahun 2015, saat itu Shopee memberikan gratis ongkir minimal pembelian Rp30 ribu. Tapi sekarang? Shopee udah free ongkir, bagi siapa saja yang ingin berbelanja. Produk apa saja di Shopee ada lho, dan terbilang komplit. Metode pembayarannya pun gampang, aman dan memudahkan kita melakukan transaksi.

 

Yang paling saya suka dari Shopee adalah komitmennya, dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan para penjualnya. Seperti saya ini yang yang masih merintis, merasa diberdayakan karena membuat penjualan jadi makin efektif. Nggak hanya penjual yang merasa senang, tetapi pembeli pun merasa gembira karena diberikan akses free ongkir ketika memesan barang. Tidak ketinggalan pula, Shopee memberikan kesempatan mereka yang suka menulis dengan mengikuti Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah


Minimal Punya 1 Toko Online

 

 



Sudah punya toko online? Maka langkah selanjutnya adalah mengelola dengan baik, agar rezeki yang mengalir pun lancar masuknya ke dalam rekening.

 

Mengapa harus memiliki toko online sendiri? Agar mendapatkan penghasilan, baik berjualan produk sendiri ataupun produk orang lain yang dijualkan. Jualan tidak melulu harus punya produk sendiri kok, bisa juga dengna menjadi reseller. Meski margin keuntungan belum besar tidak mengapa, yang penting telaten dan banyak konsumen yang repeat order. Namanya juga sedang membangun, demikian juga dengan saya meski margin masih belum seberapa tapi semangat! Dengan niat saya yakin siapapun itu sudah membawa satu langkah penting perubahan besar dalam hidupnya. Salam.



Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment