Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pademi

Post a Comment

 

Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pademi - Selamat sore! Meski di rumah aja, dan nggak bisa ke mana-mana tetap jaga kewarasan ya teman-teman. Kali ini saya mau ngebahas soal pentingnya kesehatan mental, untuk kita selama masa pandemi. Yang mana akses ke mana aja sedang dalam tidak diizinkan kecuali hal-hal yang mendesak.


kesehatan mental test kesehatan mental adalah pdf kesehatan mental remaja kesehatan mental menurut who pentingnya kesehatan mental kesehatan mental di masa pandemi



 

Kesehatan mental sendiri bisa dipengaruhi dari kehidupan seseorang sehati-hari. Kalau menurut halodoc, peristiwa yang bisa membuat orang mengalami kesehatan mental di dalam rumah tangga seperti kekerasan, pelecehan anak, dan juga stres berat yang bekepanjangan. Hal ini bisa mengubah cara pandang seseorang, hal teparahnya bisa menyakiti diri sendiri.

 

 

Rutinkan Memanjakan Diri agar Kesehatan Mental selalu Terjaga dengan Baik

 

 

Saya yakin kesibukan sehari-hari seseorang terkadang akan membuat lelah, penat, jenuh, dan bosan. Terkadang pula membuat motivasi jadi menurun, padahal kita dituntut untuk memenuhi tanggung jawab dan beraktivitas secara produktif. Maka jangan biarkan kesehatan mentalmu terganggu, dengan rutinitas tersebut. Luangkan waktu untuk menyenangkan diri sendiri, agar kondisi fisik dan mental tetap sehat.

 

Setiap rumah tangga atau seseorang dalam berkehidupan, diberikan tingkatan ujian yang berbeda-beda. Misalnya saya, walaupun belum dikarunia seorang anak saya tinggal dengan mertua yang sudah renta dan tidak bisa beraktivitas seperti sedia kala. Kembali seperti bayi lagi intinya. Kalau bayi masih belum bisa ngomel, hanya menangis berbeda dengan orangtua masih bisa ngomong dan sudah dikasih tahu. Terkadang hal inilah yang membuat kesehatan mental saya down. Posisi sebagai menantu, mau mengingatkan salah, nggak mengingatkan juga kadang kesal mengingat ada 4 kepala di dalam rumah yang berbeda cara pandang.

 

Maka memanjakan diri merupakan cara self pampering yang tepat, agar kesehatan mental saya senantiasa terjaga. Self pempering sendiri memiliki arti kegiatan merawat diri sendiri agar fisik dan psikis supaya lebih prima. Cara self pampering masing-masing pribadi juga berbeda, yang tahu ya ita sendiri dan apa kebutuhan tubuh. Tidak hanya kebutuhan hidup, kebutuhan badan juga layak diberikan haknya.

 

 

3 Lagkah Memanjakan Diri agar Kesehatan Mental selalu Prima

 

 

Melakukan Perawatan Rambut

 

Sebagai seroang wanita, rambut adalah mahkotanya. Dengan merawat rambut merupakan cara saya memanjakan diri, dulu sih sebulan sekali ke salon untu creambath, tetapi sekarang sudah jarang. Di desa suami tidak ada salon yang terdekat, harus ke pusat kota yang jaraknya setengah jam pun saya tidak bisa meninggalkan mertua begitu saja. Perawatan rambut bisa diakalin dilakukan di rumah, dengan membeli hair mask. Kalau rambut wangi, membuat makin disayang suami pastinya ye kan?

 

 

Melakukan Perawatan Tubuh

 

Self pempering bisa juga diterapkan dengan merawat dan menjaga tubuh agar tubuh senantiasa terjaga kesehatannya. Apa saja yang bisa dilakukan? Menyantap makanan bergizi, agar tubuh berenergi. Menggunakan sabun mandi dan aneka perawatan tubuh yang lain dengan kandungan alami adalah salah satu cara berterima kasih kepada tubuh kita.

 

Melakukan Perawatan Wajah

 

Usia seiring waktu akan bertambah dan menua, tugas kita adalah menjaga dan merawatnya dengan baik agar senantiasa kulit terjaga kesehatannya. Self pampering untuk waah adalah dengan menggunakan skincare yang sesuai jenis kulit. Perawatan wajah tidak hanya untuk melindungi, tetapi untuk jangka panjang wajah ttap sehat dan cerah. Siapa yang tidak bahagia, usia menginjak tua. Nah, semoga kesehatan mental kita tetap dirawat dengan baik ya teman-teman.

 

Semoga pandemi lekas berlalu, dan kita dapat beraktivitas kembali seperti sedia kala. Doa terbaik untuk teman-teman di manapun berada, self pampering penting dilakukan ya setiap hari, dengan selalu berpikir positif dan optimis kita bisa mealui segala ujian.

 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment