Cara Memasang Aki Motor Sendiri

Post a Comment

 

Cara Memasang Aki Motor Sendiri - Aki atau akumulator adalah alat yang dapat menyimpan energi, aki bisa ditemukan di motor atau mobil. Beberapa bulan belakangan ini, aki motor beatku ngadat dan harus dibetulkan. Sayangnya belum sempat untuk membetulkannya, karena di rumah emak nggak ada yang jaga.







 

Sudah beberapa kali mampir ke bengkel, aki yang paling murah dibandrol dengan harga Rp150 ribu, dan yang mahal Rp190ribu tapi yang murah habis. Pas nengok isi dompet nggak ada Rp190ribu, jadilah batal ganti dan di bengkel alat untuk menggesek kartunya rusak. Akhirnya pilihan pesan di online, karena jatuhnya lebih murah dan mau dipasang mas suami sendiri.

 

           

Aki Motor Honda

 

 

 

Karena merek motor saya honda, jadilah belinya aki motor honda dan pastikan belinya sesuai dengan tipe motor kalian. Karena motor saya honda beat, saya cari aki motor yang bagus untuk honda beat milik saya.

 

Mas suami yang beli sih, di salah satu marketplace di Indonesia dan kebetulan dapet promo. Dari harga aki motor beat Rp237 ribu menjadi Rp158.790 ribu, dan pemilik lapak berada di Jakarta Timur.

           

Pas saya tanya mas suami kenapa beli di lapak tersebut, dia bilangnya penjualan sudah banyak sedikit tips yang saya korek dari mas suami ini dia tips membeli aki motor yang bagus di sebuah toko online:






 

  • Lihat ulasannya lebih dahulu, apakah mengecewakan atau tidak
  • Lihat foto real dari pembelinya langsung, seperti apa. Apakah sama dengan yang dipajang
  • Pemilik lapak sudah memiliki banyak penjualan, kalau dilapak yang baru bisa juga dengan cara chat lebih dahulu dengan si pelapak ini
  • Memilih dari official store langsung, tidak di official store tidak masalah tapi katanya foto yang dipajang kurang real.
  • Cek diskripsi produknya, apakah cocok untuk aki motor beat kendaraanmu
  • Pas kebetulan ada promo, hahaha ... ini sih langsung gercep ya. Siapa sih yang nggak demen dapet diskon. Semoga beberapa tips di atas dapat membantu ya gaes. Ohya, aki motor kering yang dibeli mas suami mempunyai merek Bosch.

 

Spesifikasi aki motor tersebut adalah, memiliki panjang 113 mm, lebar 70 mm, tinggi 85 mm, dan 3,5 ah 50 cca. Dalam deskripsi lapaknya ada keterangan bisa diaplikasikan pada kendaraan selain beat, ada scoopy, vario, blade, supra, revo, dan lain sebagainya. Tidak hanya bisa untuk aki motor honda saja, namun juga bisa untuk brand suzuki, kawasaki, dan yamaha. Untuk penampakan akinya, bisa dilihat di gambar ya?



kabel aki positif dan negatif



 

Saya memerhatikan suami ketika memasangnya, tidak ada sepuluh menit di pasang motor beat saya yang awalnya tidak bisa distater, jadi greng lagi. Tinggal start, sudah bisa nyala tanpa harus menggunakan genjotan kaki. Buat yang pertama kali dan belum terbiasa cara memasang aki baru motor tenang, ada buku panduannya jadi bisa langsung diterapkan. Nggak perlu ke bengkel lagi, hemat jasa pembayaran deh. Eh ... tapi kalau nggak punya waktu bisa kok pasang di bengkel, kalau di sini kena harga Rp5000,- aja. 

 

Ini Dia Cara Memasang Aki Motor Sendiri

 

 

  • Matikan kontak motor dahulu
  • Lepas jalur kabel negatif pada aki, baru kabel aki positifnya
  • Hindari hubungan arus pendek, saat melepas kabel aki
  • Sekarang kamu bisa melepaskan aki bekas dari tempat akinya, kemudian dibersihkan tempatnya lebih dulu
  • Pasang aki barunya, urutannya pasang kabel positif dahulu baru kabel negatif.
  • Rapikan kabel seperti semula, dan tutup tempat akinya. Selesai. Mudah bukan?
  • Nyalakan mesin motor dengan starter, apakah sudah bisa? Kalau sudah bisa, berarti kamu sudah berhasil. Semoga sharing soal aki motor ini bermanfaat, salam. 

Nyi Penengah
Aku suka membaca buku, apalagi membaca hatimu. Mari bekerjasama dengan penuh cinta. Jika berkenan email di sini: nyipenengah@gmail.com

Related Posts

Post a Comment