Cara Mencegah Penumpukan Karang Gigi

2 comments


Mencegah Penumpukan Karang Gigi dan Cara Merontokan Karang Gigi - Pernah nggak ngerasain suatu ketika karang gigi lepas sendiri? Saya pernah, bentuknya keras tapi agak lunak. Ini karena saya sudah tidak pernah lagi cuci gigi ke dokter langganan, gegara hijrah ke kota suami. Di tempat baru, saya belum pernah sekalipun memeriksakan gigi ke dokter gigi.




cara merontokan karang gigi karang gigi kuning karang gigi lepas sendiri biaya pembersihan karang gigi obat karang gigi di apotik
sumber foto by google




 

Sebenarnya penyebab karang gigi ini apa sih? Dilansir dari Health Line, karang gigi berawal dari plak gigi. Ialah bakteri yang tinggal di mulut, bercampur dengan protein yang membentuk lapisan lembut dan lengket di permukaan gigi. Jika plak ini tidak rutin dibersihkan, akan mengeras menjadi yang namanya karang gigi. Dalam dunia kedokteran, karang gigi dinamakan tartar atau kalkulus. Letaknya di permukaan gigi, di bawah atau di atas garis gusi.



Ini Dia Cara Mencegah Karang Gigi


 

Cara mencegah penumpukan karang gigi agar tidak menggangu keadaan mulut, harus dilakukan dengan rutin yakni melakukan hal-hal baik sebagai berikut :

 

 

Memerhatikan kesehatan mulut dengan baik

 

Rajin untuk sikat gigi setiap hari, minimal dua kali sehari. Bangun tidur, dan akan pergi tidur. Menggunakan benang gigi/flossing juga lebih bagus, agar sisa makanan dapat rontok dari gigi. Menggosok gigi dengan benar juga penting.

 

Memilih pasta gigi yang mengandung fluorida

 

Dilansier dari WebMD bahwa pilih pasta gigi yang bisa memperbaiki kerusakan enamel, ialah yang mengandung fluorida. Ada juga yang mengandung triclosan, yang bisa melawan bakteri jahat dalam plak.

 

Menggunakan obat kumur

 

Obat kumur antiseptik yang digunakan setiap hari, bisa membantu membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya plak dan karang gigi.

 

Memerhatikan pola makan

 

Bakteri yang berkembang biak dalam mulut kita, biasanya terdapat dari makanan manis dan bertepung. Solusinya makan makanan sehat, dan batasi makanan manisnya.

 

Rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi

 

Tidak harus pas gigi bolong berulah, atau maerasa harus cabut gigi untuk ke dokter gigi. Justru keadaan gigi yang aman, akan lebih baik diperiksa agar terawat dengan baik.

 

Hindari merokok sedini mungkin

 

Survey membuktikan bahwa orang yang merokok, sangat mudah terserang karang gigi. Karena mengunyah dan mengisap tembakaujuga membuatpertumbuhan bakteri di gigi

 

 

Mengapa karang gigi ini menjadi penting untuk dihilangkan, karena sisa makanan dan minuman yang tidak dihilangkan ini akan mebuat kesehatan mulut bermasalah. Tidak hanya itu, gusi pun ikutan kena imbasnya, gigi berlubang, bau tak sedap, dan lain sebagainya. Jangan sampai masalah karang gigi ini membuat, hidup jadi tidak tenang, tersenyum pun jadi mmembuat tidak peraya diri ya kan?

 

 

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Membandel

 

 


cara merontokan karang gigi karang gigi kuning karang gigi lepas sendiri biaya pembersihan karang gigi obat karang gigi di apotik
sumber foto by google




Karang gigi kuning yang sukar dihilangkan ini, atau sudah membandel dan keras satu-satunya cara adalah dengan melakukan scaling gigi. Saya pernah melakukan dua kali scaling, entah apa nama alatnya yang jelas benar-benar membuat karang gigi yang menempel kuat digigi rontok seketika.

 

Tetapi sebelum melakukan scalling gigi, kamu harus memersiapkan keadaan gigi dengan sehat. Karena akan membuat banyak darah yang keluar. Salah satu saran dokter saya, dengan rajin mengonsumsi apel hijau dan minum air putih dengan rajin. Hal ini membuat gusi dan gigi jauh lebih kuat dan sehat. Jadi kangen scaling gigi, karena tidak sakit sih hanya saja sesekali merasa ngilu nemun setelahnya kita akan merasa beban di mulut enteng dan hilang. Lega luar biasa loh, percaya atau tidak membuat k ita pribadi jauh lebih percaya diri. Selamat mencoba!


Nyi Penengah
Aku suka membaca buku Apalagi membaca hatimu

Related Posts

2 comments

  1. Aku juga kangen bersihin karang gigi. Tapi belum berani ke dokter gigi. Huhu

    ReplyDelete
  2. Pengennya ke dokter gigi tapi kadang masih takut hahaha.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email