Belajar Menulis Melalui Platform Wattpad

By Nyi Penengah Dewanti - Tuesday, January 05, 2021


Belajar Menulis Melalui Platform Wattpad - Bisa dibilang saya tertinggal, dari teman penulis lain yang seangkatan dengan saya. Karena saya benar-benar tidak menulis di platform menulis manapun, tetapi pernah membuat akunnya sih, iya. Mungkin gara-gara tulisan di buku saya yang sudah terbit, ditulis oleh orang yang nggak bertanggungjawab di Wattpad. Ini berkat Teh Eno, yang mengabarkan hal tersebut. Dampaknya, saya agak ragu apabila tulisan saya kembali dicuri. Maka pada waktu itu, tahun 2014 kalau nggak salah, saya jadi tidak ingin menulis di platform online.




wattpad login wattpad ahh wattpad indonesia wattpad romantis baca wattpad wattpad versi lama download wattpad wattpad web



 

Tapi tahun 2021 ini saya memutuskan untuk terjun, dan belajar menulis di Wattpad. Berbekal kompor beberapa teman yang sudah sukses di sana, hehehe ... ada bunda Shabrina Ws, ada Wulan Kenanga, dan Vivi Hardika yang super aktif menulis di mana saja. Tapi genre yang saya tulis bukan novel, melainkan puisi. Hal ini untuk merangsang saya mulai kembali menulis fiksi.

 

Karena jujur setelah saya bergabung di perusahaan franchise tahun 2015, sebagai penulis artikelnya saya jarang menyentuh tulisan fiksi. Makanya perlu dibangun dari awal, susah memang. Tapi saya akan berusaha mencobanya kembali, bismillah. Ada yang sama seperti saya juga?

 

 

Pesan Jatuh Cinta Puisi Nyi Penengah di Wattpad

 

 

 

Awalnya kumpulan puisi saya, yan ada di Wattpad bukan berjudul Pesan Jatuh Cinta, judulnya Perihal Cinta. Tapi pas udah jadi, dan saya iseng search eh ... buanyak banget yang make judul itu. Jadilah saya diskusi dengan Bunda Shabrina, apa yang harus saya gunakan sebagai judul.

 

"Salah satu puisimu yang paling menarik buaten judul," begitu ungkap beliau dalam chat WhatsApp.

 

Saya langsung membuka lembaran puisi dalam folder laptop yang mengendap. Untung bukan buku cetak, jadi nggak bakalan usang hehehe ... akhirnya saya memantapkan diri menggunakan judul, 'Pesan Jatuh Cinta'. Buat teman-teman yang punya akun Wattpad juga, berteman Yuk! Nama akun saya Nyi Penengah, boleh juga dicari judulnya. Kita bisa saling baca, follow, dan juga vote.




wattpad login wattpad ahh wattpad indonesia wattpad romantis baca wattpad wattpad versi lama download wattpad wattpad web


 

 

Judul    : Pesan Jatuh Cinta

Penulis : Nyi Penengah

Blurbs :

 

Kita tercipta untuk saling melengkapi

meski terkadang benci merajai

dan cinta memaklumi

Namun kita akan saling menyadari

ada kamu dalam detakku

ada aku dalam tiap detikmu

Hati kita saling mendegupkan doa

agar Tuhan akrab dengan kita

dan puisi ini adalah rasa yang saya rangkai dengan bahagia

Mari merayakan luka maupun cinta bersama

 

 

 

Saya sudah mengunggah 3 puisi di sana, karena setiap hari saya akan mengunggah 1 puisi. Mungkin, saya akan menulis 100 puisi, insyaAllah. Ada yang mau nemenin juga berjuang menulis? Kalau penasaran puisi seperti apa yang saya tulis, mampir aja ya ke akun wattpad saya. Ngakses wattpad gratis kok, teman.



wattpad login wattpad ahh wattpad indonesia wattpad romantis baca wattpad wattpad versi lama download wattpad wattpad web



 

Wattpad sendiri merupakan platform yang berasal dari Toronto, Kanada. Didirikan oleh Allen Lau, dan Ivan Yuen sejak November 2006. Kalau kita mendaftar gratis kok, tenang aja. Biasanya saya mengunggah puisi daya melalui ponsel. Karena ternyata simpel banget, dalam mengunggah karya.

 

Nah buat teman-teman yang ingin juga menerbitkan karya di wattpad, yuk dimulai dari sekarang. Hilangkan rasa minder dan tidak percaya diri, karena penulis besar pun pernah memulai dari langkah yang kita rasakan saat ini. Seribu langkah besar, di mulai dari satu langkah kecil. Semangat!

  • Share:

You Might Also Like

9 comments

  1. Mbak Nyi selalu keren dalam bidang menulis. Aku kira Mbak Nyi cuma nulis novel aja. Ternyata nulis puisi juga. Kalau aku lebih sering baca novel on going di Wattpad.

    ReplyDelete
  2. wah kalau jago nulis enak sih, wattpad ni dah lama tau sih mba. Cuma memang masih raba raba belajar nulis dulu

    ReplyDelete
  3. Hmmm seru juga kayaknya di wattpad ini. Tapi kalau menulis semacam novel itu aga susah kayaknya karena ide ga muncul tiba2 dan waktunya panjang ya. Kalau puisi keren nih, bisa sekalian sebagai simpanan puisi.

    ReplyDelete
  4. Kalau bikin puisi cinta bawaannya jadi kebawa melow terus ga sih Nyi? Soalnya kan temanya jatuh cinta, di mana tiap orang pasti ngalamin pahit dan manisnya cinta.

    ReplyDelete
  5. Selamat ya Nyi..semoga menorehkan kesuksesan
    aku sempet denger lho karyamu yg di sadur tanpa ijin
    Semoga kejadian serupa ga akan pernah terulang ya..
    semangat berkreasi ^_^

    ReplyDelete
  6. Wah luar biasa kamu mba...sekarang makin banyak platform makin banyak pilihan ya kak. Sukses untukmu ya

    ReplyDelete
  7. Wah keren udah main wattpad jadi pengen nulis disana juga nih hehe. Selamat ya kak semoga menghasilkan karya baru disana.

    ReplyDelete
  8. belum pernah baca apalagi nulis di wattpad, hihi ... agak kudet nih
    salut sama Nyi, bakal ada 100 puisi trus dari wattpad lanjut ke buku deh kumpulan 100 puisi cinta di kala pandemi. Cakep ga judulnya?

    ReplyDelete
  9. Aku sering bacain wattpad juga Nyi..
    Banyak yang bikin fanfic tentang bias mereka dari idol Kpop.
    Lucu-lucu...karena sambil membayangkan para oppa keshayangan.

    Sukses selalu, Nyi.
    Suka banget sama idemu yang selalu on FIRE.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat