Yakinlah Bahwa Setiap Masalah Pasti Ada Jalan Keluarnya

By Nyi Penengah Dewanti - Wednesday, November 11, 2020

 

"Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan, dan berijanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (Q.S Al-Baqarah: 155)



setiap masalah pasti ada jalan keluarnya menurut islam semua masalah ada solusinya doa menghadapi masalah berat semua masalah pasti ada jalan keluar apa maksud dari kalimat tersebut? al quran solusi segala masalah


 

Bulan November adalah bulan kelahiran saya, tepat pada tanggal 6 November saya dilahirakan. Dan di bulan November ini adalah bulan yang penuh ujian. Tinggal bersama mertua adalah ujian setelah pernikahan, dan merawat keduanya merupakan ujian kesabaran yang harus saya jalani bersama suami.

 

Senang tidak senang, sedih tidak sedih, bahagia tidak bahagia, harus tetap berusaha untuk selalu positif. Hubungan dengan suami saja kadang ada intrik, apalagi dengan mertua. Tetapi bukan masalah dengan mertua yang akan saya ceritakan, ini tentang ujian kesabaran ketika menghadapi mertua sakit.

 

Emak mertua memiliki riwayat gula yang tinggi, bulan ini jatuh di angka 500an yang menyebabkan beliau tiba-tiba merasakan kaki kiri dan kanannya lemas. Saya dan suami panik, dan berusaha tetap tenang. Dua hari beliau menangis, dan merengek tapi tidak mau dibawa ke dokter. Jadilah kami merayu dan terus merayu, kami khawatir. Karena pada bulan Juni lalu, beliau sudah masuk RS. Tidak ingin kecolongan kami berusaha terus merayu, ada sejam untuk merayunya.

 

Benar saya ketika sudah sampai di rumah sakit, beliau harus dirujuk. "Saya nggak berani nangani ini kalau sudah sekian, saya kasih surat rujukan saja ya Buk!" ucap dokter melihat dula dan darah yang naik berkalilipat. Saya dan suami gerak cepat, dan emak akhirnya dirawat di rumah sakit.

 

 

Bismillah dan Tetap Tenang Ada Allah


 

 

setiap masalah pasti ada jalan keluarnya menurut islam semua masalah ada solusinya doa menghadapi masalah berat semua masalah pasti ada jalan keluar apa maksud dari kalimat tersebut? al quran solusi segala masalah




Saya ingin berbagi kepada teman-teman, tetap tenang ketika dihadapkan pada hal yang tidak terduga dan tidak pernah kita sangka. Tapi tetaplah yakin bahwa semua masalah ada solusinya.

 

Sebagai manusia saya pun tidak sempurna, saya mengeluhkan kepada keluarga saya kejadian tersebut. Alhamdulillah support sistem keluarga luar biasa, apalagi Ibuk yang selalu mengingatkan untuk sabar. Karena ujian dari Allah merupakan bentuk pendidkan, untuk menanamkan sifat sabar tersebut, di dalam dada kita.

 

Percaya pada Allah, ujian yang kita alami sudah sepaket dengan solusinya. Allah tidak pernah meninggalkan hamba-Nya, maka teruslah meminta kepada-Nya, maka haqqul yakin saja kepada-Nya. Sesulit apapun ujian dari-Nya, jangan pernah berlari darinya menganggap Allah tidak adil dan membandingkan diri dengan yang lain. Allah selalu menyisipkan kemudahan, dan penyelesaian untuk segala masalah.

 

"Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan." (QS. Asy-Syarh:5-6)

 

Tugas kita sebagai penerima ujian, memantapkan diri dan mengolah ujian. Dengan kesulitan yang kita alami adalah ujian tak terbantahkan, betapa Allah sangat menyayangi kita semua. Hal ini juga sebagai pengingat, bahwa saya pun sedang berada pada ujian untuk bersabar menghadapi orang tua yang sakit. Maka jangan katakan, 'saya punya masalah yang besar', tapi katakan wahai masalah saya punya Allah yang Maha besar.



setiap masalah pasti ada jalan keluarnya menurut islam semua masalah ada solusinya doa menghadapi masalah berat semua masalah pasti ada jalan keluar apa maksud dari kalimat tersebut? al quran solusi segala masalah


 

Hal ini bertujuan untuk meyakinkan diri kita bahwa jika Allah sudah berkehendak, tidak ada satupun yang bisa menghalangi-Nya. Tidak ada yang mampu melawan. Karena Allah Mahabesar atas segala yang ada di langit dan bumi, maka sesulit apapun dan sebesar bagaimanapun masalah menyapa kita. Jangan biarkan hatimu terus-terusan gundah gulana, jangan biarkan pikiran mengerogoti kita dan penyakit mengeluh terus-terusan menyerang. Ujian dan kesulitan bukan akkhir dari hidup. Oke! Ada Allah, ada Allah, semua masalah pasti ada jalan keluar.

 

Sampai dengan detik ini, Emak mertua masih sering nangis dan sedih menghadapi kekagetan karena kaki dan tangan kirinya belum lagi pulih seperti sedia kala. Mohon doanya semoga saya dan suami diberi lautan kesabaran, demikian Emak juga semoga diberikan semangat untuk sembuh. Bismillah semoga setiap kesulitan dan ujian ini menjadikan kita lebih bersyukur lagi. Jaga kesehatan teman-teman, dan atur pola hidup yang baik. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Salam.

 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat