Cara Membuat Hidroponik Sederhana

By Nyi Penengah Dewanti - Wednesday, November 18, 2020


Cara Membuat Hidroponik Sederhana - Pipa air adalah salah satu bahan untuk membuat kebun hidroponik sederhana, di rumah. Hidroponik ini berasal dari kata Yunani, ialah hydro berarti air dan ponos artinya daya. Metode hidroponik ini ialah penanaman tanaman tanpa menggunakan media rumbuh dari tanah.



hidroponik botol cara membuat hidroponik hidroponik paralon hidroponik kangkung tanaman hidroponik rumahan nutrisi hidroponik hidroponik sederhana untuk pemula



 

Walaupun tidak menggunakan media tanah, tanaman dengan metode hidroponik ini tetap bsia tumbuh subur dengan baik apabila nutrisi (unsur hara) tercukupi dengan baik. Sistem hidroponik ini jadi solusi bagi siapapun yang ingin bercocok tanam, tetapi tidak memiliki lahan yang luas. Walaupun kamu tidak eprnah belajar pertanian sama sekali, tidak perlu khawatir soalnya hidroponik ini adalah metode yang mudah diaplikasikan.

 

Terlebih di masa pandemi yang tidak pernah terbayangkan seperti saat ini, semua orang dipaksa melakukan kebiasaan baru yang lebih baik berada di dalam rumah daripada harus keluar rumah. Menikmati masa karantina kemarin, banyak yang jenuh dan mengeksplore diri melakukan kegiatan di dalam rumah. Kegiatan bercocok tanam menjadi kegiatan yang paling digemari, tidak hanya untuk kalangan ibu-ibu tetapi pria juga melakukannya.

 

 

Cara Membuat Kebun Hidroponik di Rumah

 

 

 

Tidak ada salahnya belajar berkebun hidroponik sederhana, siapa tahu dari belajar otodidak dan coba-coba ini berhasil memberikan ide masa depan yang cerah. Seperti bisa dijadikan usaha gitu, beberapa teman ada yang melakukan hal demikian setelah tahu alur membuat kebun hidroponik.

 

Menurut mba Irra Octaviany yang pernah melakukan penanaman hidriponik, ia sudah berhasil memanen sayuran pakcoy, jabung, selada hijau, kangkung, dan selada merah dari penanaman hidroponik di rumahnya. Nah ada hal 3 yang mendasar, dan wajib diketahui bagi kamu yang sedang ingin belajar cara membuat hidroponik. Demikian tiga tips dari beliau:




hidroponik botol cara membuat hidroponik hidroponik paralon hidroponik kangkung tanaman hidroponik rumahan nutrisi hidroponik hidroponik sederhana untuk pemula



 

1. Sinar matahari

 

Dalam dunia hidroponik, sinar matahari penting untuk pertumbuhan tanaman hidroponik. Minimalnya tanaman hidroponik harus mendapatkan sinar matahari, 6 jam dalam sehari. Nah, persiapkan lokasi yang terpapar matahari ya, teman.

 

2. Nutrisi ABmixnya harus diperhatikan

 

Nutrisi hidroponik, harus tepat dan seimbang. Hal tersebut akan membantu tumbuh kembang sayuran, dengan baik.

 

3. Kebutuhan Oksigen

 

Dalam tanaman hidroponik rumahan, oksigen penting digunakan untuk parnapasan akar tanaman. Pesan dari mba Irra, tanaman hidroponik jangan terkena hujan, karena akan merubah pertumbuhan tanaman.

 

 

Cara Membuat Hidroponik Sederhana untuk Pemula

 

 

Untuk memulai tanaman hidroponik rumahan, misalnya nih hidroponik kangkung yang dipilih maka, perlu dipersiapkan alat dan bahannya. Ini dia alat dan bahan:

 

Pipa PVC disesuaikan dengan kebutuhan

Gelas plastik

Rucika fitting termasuk dop pipa

Gergaji

Selang

Pompa aquarium

Alat solder

Alat bor

Air

Spons

Biji tanaman hidroponik


 



rucika wikipedia katalog rucika 2019 produk rucika pt. rucika rucika wavin pisah katalog rucika 2020 rucika wavin harga harga pipa rucika



 

Cara Membuat hidroponik :

 

 

  • Lubangi terlebih dahulu pipa PVC seukuran gelas plastik. Berikan jarak antar lubang tersebut sekitar 20 cm. Mengapa? Agar setiap tanaman tidak terhimpit nantinya 

  • Selanjutnya lubangi gelas plastik menggunakan solder, cutter, atau pisau lantas masukkan gelas plastik tersebut ke dalam lubang pipanya. Berikan ruang satu lubang untuk jalur pemberian nutrisi tanaman hidroponiknya.

  • Langkah ketiga pasang selangnya dan pompa air untuk tanaman hidroponik, seperti sistem irigasi. Meski tanpa menggunakan media tanah, hidroponik tetap butuh air walau tidak jumlah banyak. 

  • Saatnya untuk memasukkan bibit tanaman, tapi terlebih dahulu potong sponsnya seukuran dengan gelas plastik yang digunakan. Nah, taruh bibitnya di atas spons tersebut. Masukkan spons ke dalam gelas plastiknya, yang sudah diisi bibit tanaman tadi.

  • Berikan nutrisi untuk tanaman hidroponik dengan seimbang, dan tepat. Larutan nutrisi bisa dibuat sendiri, menggunakan dedaunan, kotoran hewan ternak, bekatul, bioaktivator, air, gula merah, dan sebagainya.  Tetapi tidak semua tanaman bisa menggunakan sistem hidroponik, yang biasanya bisa beberapa diantaranya adalah: sawi hjau, bayam, selada hijau, kailan, buncis,  kangkung, dan stroberi.

 

 

Untuk saran pipa PVC apa yang digunakan, dan bingung mau make brand apa sebaiknya menggunakan popa PVC dari Rucika. Mengapa harus pipa Rucika? Karena harga pipa air terjangkau, tahan terhadap korosi, kuat, akti pecah, tanpa timbal, daya tahan tinggi, ringan, mudah dalam pemeliharaan dan penyambungkan.

 

 

Pipa Rucika sangat mudah ditemukan di pasar, bisa juga untuk membeli online jika malas pergi keluar rumah. Produk Rucika sudah dikenal selama 40 tahun lamanya. Pipa air jenis PVC dari Rucika sudah dipercaya masyarakat karena kualitasnya terbaik. Jadi selamat mencoba bertanam hidroponik, ya! Semoga berhasil. Salam.

 

 

Artikel pendukung :

https://bisnismuda.id/read/590-irra-octaviany/hidroponik-saat-pandemi-ketika-karantina-berbuah-kreativitas

https://www.rucika.co.id/langkah-mudah-membuat-kebun-hidroponik-menggunakan-pipa-pvc/

  • Share:

You Might Also Like

8 comments

  1. Bisnis hidroponik sekarang banyak dijalankan orang ya. Karena memang menjanjikan asal ditekuni dengan telaten.

    ReplyDelete
  2. Menarik nih cara membuat kebun hidroponik sendiri. Bagus dan bermanfaat tapi gak punya lahan hu,hu.. memang merk pipa pvc yg bagus rucika.

    ReplyDelete
  3. Nyi sekarang nyoba hidroponik juga, ya. Semoga sukses, deh. Pakai pipa gini cocok banget buat pembibitan yang banyak.

    ReplyDelete
  4. Bisnis hidroponik sekarang ini sedang banyak digeluti masyarakat ya. Bikinnya memang sederhana ya, tinggal dirawat sehari2 saja lagi.

    ReplyDelete
  5. Aku jg bikin hidroponik nih mba di rumah. Lumayan memanen kangkung, Bayam merah, dan sawi. Pas butuh pas ada hehehe. Jaid ketagihan mau memperluas medianya

    ReplyDelete
  6. Pipa rucika memanh direkomendasikan sih tidak hanya untuk hidroponik melainkan untuk perpipaan di bangunan rumah dan fasilitas umum lainnya

    ReplyDelete
  7. Ibuku ini suka banget berkebun, kayaknya cocok kalau pakai teknik hidroponik ya. Aku juga jadi tertarik belajar, daripada bengong doang waktu pandemi

    ReplyDelete
  8. ternyata simpel dan sederhana ya. kalo boleh tahu budget untuk membuat tanaman hidroponik rata-rata berapa mb? untuk pribadi aja lho, bukan untuk usaha, hi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat