Tips Memulai Usaha Laundry

By Nyi Penengah Dewanti - Tuesday, September 29, 2020


Tips Memulai Usaha Laundry - Awal mula suka ngelaundry baju itu jaman masih kerja, karena ngekos sering berebut jemuran sama anak-anak kost akhirnya saya ngalahin ngelaundry baju. Nggak disangka langganan ngelaundry, makin takjub sama yang punya laundry. Yang awalnya di rumah, sampai bisa bangun di ruko di sebelah rumahnya dan pegawainya makin nambah.


Tips Memulai Usaha Laundry


 

Jadi mikir, berarti usaha laundry termasuk usaha yang menghasilkan nih. Apa iya kapan-kapan buka laundry sendiri kalau udah resign hahaha ... begitu ujar saya. Eh ... malah sahabat saya yang buka laundry duluan dan saya jadi pindah sering ngelaundry di tempat dia.

 

Buat teman-teman yang lagi bingung mau usaha apa, bisa nih usaha laundry. Tapi bingung nggak tahu harus memulai dari mana? Siapa tahu tips ini bisa membantu kalian, usaha laundry.

 

Tips Membuka Usaha Laundry

 

 

Pilih Lokasi yang Strategis

 

Sebelum membuka usaha laundry, survey terlebih dahulu lokasi di mana yang paling strategis dan tidak ada saingan laundry di lokasi yang ingin di pilih. Maksudnya tidak berdekatan. Kalau belum ada modal cukup untuk sewa tempat, tidak ada salahnya di mulai dari rumah.

 

Mempersiapkan Peralatan Usaha Laundry Kiloan

 

Menurut sahabat saya yang membuka laundry, awalnya mereka tidak membeli peralatan baru. Mereka membeli yang bekas, dari seorang kenalan. Karena dana yang belum mencukupi, tapi kalau danamu besar beli yang baru sekalian jauh lebih bagus. Meminimalisir kendala kerusakan. Apa sajakah yang dibutuhkan peralatannya?

 

Mesin cuci satu pintu atau dua pintu

Mesin pengering

Setrika besi uap/Setrika uap

Gas

Detergen

Pelembut pakaian

Plastik Pembungkus

Buku Akunting

dll

 

Untuk awal memulai usaha, dipersiapkan satu atau dua mesin dahulu. Tes pasar seberapa ramai dahulu, kalau makin banyak makin bagus.

 

Membuat Izin dari Pihak yang Berwenang

 

Nah, sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentu saja kita harus punya izin usaha dari tempat tinggal untuk membuka usaha laundry. Izin usaha akan membuat kita jadi lebih profesional, dan bisnis kita jadi sah di mata hukum dan terlindungi. Konsumen jadi makin lega, dan nyaman.

 

Tips Memulai Usaha Laundry


Membangun Rencana Pemasaran

 

Usaha laundry sudah siap dijalankan, jangan lupa strategi pemasaran juga harus dipersiapkan dengan jitu. Karena apalah usaha tanpa pelanggan? Tidak harus door to door, sekarang jamannya sudah canggih dan serba internet promosi di media sosial juga bisa menjaring konsumen. Ingat untuk menuliskan alamat, nomor telepon, harga, dan juga jasa apa saja yang ditawarkan. Berikan diskon atau promo juga untuk menarik minat.

 

Mengatur Keuangan dengan Baik

 

Dari mulai mau membangun usaha laundry, jangan lupa untuk mencatat segala hal yang sudah dikeluarkan. Berapa dana yang keluar, berapa dana yang masuk. Hal ini untuk memerhatikan apakah kita sudah bisa balik modal, berapa angaran perbulan yang harus dibayarkan, baik air, listrik, gas, upah karyawan, dan operasional yang lain. Kalau keuangan bisa dikelola dengan baik, kesuksessan yang diraih bukan hal yang mustahil.

 

Bagaimanapun juga usaha yang dirintis menjadi besar, berawal dari memulai usaha laundry dari nol. Kalau belum apa-apa sudah mengeluh, nggak ada pelanggan misalnya lantas ingin berhenti berarti mental usahanya harus diperkokoh lagi. Siapa sih yang tidak ingin memiliki usaha Laundry Profesional ya kan? Pelan-pelan belajar, pelan-pelan memperbaiki bagaimana harus membangun usaha yang baik. Semoga tips memulai usaha laundry di atas dapat membantu teman-teman ya. Semangat!

  • Share:

You Might Also Like

30 comments

  1. Setuju banget untuk Lokasi Strategis dibuat jadi tips nomor satu.
    Ini memang kunci!

    Usaha laundry di dekat rumah juga lokasinya sangat strategis, jalan yang sering dilalui warga perumahan.

    Dengan banyaknya usaha laundry saat ini, aku juga percaya, bahwa pelayanan istimewa adalah segalanya!


    ReplyDelete
  2. Karena saya pengguna jasa laundry terutama laundry kiloan, mau titip pesan nembak untuk para pengusaha laundry. suka gondok soalnya menerima baju yang pulang-pulang biarpun wangi tapi bertambah dekil. Jadi untuk teman-teman yang akan menggunakan laundry kiloan, jangan sampai baju-baju bagus masuk ya. Saya sudah trauma banget. Belum lagi hilangnya 😂

    ReplyDelete
  3. tipsnya bisa saya share ke saudara saya yang kecil mba, kebetulan dia mau buka usaha laundry di rumah, dna ternyata lumayan banyak juga yang harus disiapkan dan dibeli ya, terutama uangnya yang harus disiapkan hehehehe, membangun keuangan dengan baik ini yang harus dia pelajarin betul-betul karena ini pertama kalinya dia punya usaha

    ReplyDelete
  4. Nyi kalau mau buk usaha gitu, bikin izin ke instansi mana ya?
    Kan masih di kampung nih ...
    RT/RW Desa gitu? Lanjut kemana ya kalau ada infonya detail ditunggu ya

    ReplyDelete
  5. Salutlah sama Nyi nih masih muda udah punya keinginan usaha sendiri.Sok atuh, direalisasikan. Bunda do'ain. Kalau bunda yang selalu jadi inceran adalah Laundry kiloan dan yang bisa antar/jemput pakaian kotor, hehe...maklum...jarak laundry dengan rumah bunda lumayan, apalagi masa pandemik begini. Bunda selalu pesan untuk gaun sebaiknya di gantung aja #nenekbawel -- jangan dilipet. Nanti kalo Nyi buka laundry itu salah satu permintaan dari langganan Nyi, hehe...

    ReplyDelete
  6. NAh sekarang ditempatku juga banyak banget usaha Laundry, bahkan sampe ada jemputan woro2 keliling pakke motor diambil barangnya.

    ReplyDelete
  7. Tipsnya mantuuull, Nyi.
    Di musim pandemi kayak gini, kudu berpikir lebih strategis untuk mulai bisnis ya
    Semangaaattt!

    ReplyDelete
  8. Bisnis laundri ini lagi nge-heits banget di komplek aku lho. Buibuk komplek kebanyakan sih punya mesin cuci, tapi yang males adalah.. jreng menyetrikaaa hahaha

    Laku banget kalo di komplek aku sih, sampai ada beberapa laundry

    ReplyDelete
  9. Usaha Laundry di sekitar Dewi lagi naik daun nih. Sejak pandemi org agak takut mau kerjain ART di rumah, jadi solusinya pakai loundry Top banget dpt tips utk usaha ini....many.thanks kak!

    ReplyDelete
  10. waa terima kasih untuk tips tipsnyaaa, kebetulan banget nih ada salah satu temenku yang berencana mau buka usaha laundry juga hihihi

    ReplyDelete
  11. Bagus juga ide usaha laundrinya Mba. Gak kepikiran sama sekali. Padahal prospeknya lumayan bagus ya. Apalagi laundri masih banyak dimanfaatkan sebagian orang. Gak hanya anak kos, yg udah bekeluarga aja banyak kok yg ngelaundri

    ReplyDelete
  12. Usaha laundry sekarang makin banyak kita jumpai mbak....karena bisnis ini agaknya menjanjikan. Apalagi di kota2 besar, dimana banyak karyawan kantor yang tidak mempunyai waktu untuk mencuci bajunya sendiri...kalau jasa yang kita tawarkan menarik bisa jadi kita dapat meraup untung dari usaha laundry ini.

    ReplyDelete
  13. Usaha laundry memang sekarang termasuk lagi hits ya, bahkan ada yang udah buka franchise.

    Apalagi kalo lokasinya strategis, dekat dengan perumahan atau kost2an. Pasti pelanhgannya banyak.

    ReplyDelete
  14. Tipsnya bagus nih, kebetulan aku lagi mau bikin usaha buat Karang Taruna di kampung, kalo gak laundry ya cuci motor soalnya kedua jasa ini di kampungku belum ada.

    ReplyDelete
  15. Yes, aku juga kagum melihat teman2 yang punya usaha laundry pada sukses sekarang. Menjadi bukti bahwa usaha ini cukup menjanjikan jika dijalani dengan serius. Makasih tipsnya, mbak. Aku save dulu, kali aja suatu saat nanti mau buka usaha laundry juga. Hehe.

    ReplyDelete
  16. Jadi inget bertapa susahnya cari laundry yg bagus di sekitaranku. Adw di kota dan sangat strategis, terjangkau dan buka trus. Jadi even jauh ttp dikejar.

    ReplyDelete
  17. Usaha laundry sekarang makin mewabah ya Nyi, apalagi kalo dekat anak kost. Eh tapi rumah tangga keluarga muda sekarang juga memilih ke laundry karena sibuk kerja. Dan usaha laundry sendiri pun banyak yang ngasih promo juga. Jadi nya kudu pintar kalo punya usaha ini, agar pelanggan betah gak pindah2

    ReplyDelete
  18. Temen saya juga ada yang memulai usaha laundy, hanya masa pandemi ini cukup menantang juga karena tidak banyak yang keluar rumah, kan jadi pelanggan semakin sedikit.

    ReplyDelete
  19. Aku ada kurang lebih 10 tahun bisnis laundry... menjanjikan juga sebetulnya. Tapi di sekitarku bisnis ini berebut lahan dengan ibu2 rumah tangga yang memerlukan tambahan biaya hidup.

    ReplyDelete
  20. Inget banget saat mbak Iparku rumahnya di Surabaya, karena lokasi strategis dekat dengan kampus swasta terkenal di Surabaya, jadi pas buka usaha laundry, laris manis, Nyi.
    Sayangnya mbak ku pindah karena Ibunya meninggal.

    Tapi dari sini, aku jadi tahu bagaimana me-manage usaha laundry.

    ReplyDelete
  21. Setidaknya ada tempat juga ya buat mesin cuci dan mesin pengering, bisa deh buka usaha laundry.

    ReplyDelete
  22. Bisnis yang digeluti tetanggaku sudah lama nih ... menjanjikan ya. Karena selalu ada yang butuh. Makasi tipsnya Nyi.

    ReplyDelete
  23. Mengatur sumber daya juga penting loh Nyi. Dulu pernah ada teman yang buka usaha laundry gini. Udah jalan, bagus pemasukannya, eh ga taunya karyawannya melakukan kecurangan. Duh mumet ya kalau kayak gini.

    ReplyDelete
  24. Wah... Saya juga pernah tuh pengen punya bisnis laundry, tapi memang butuh biaya yang cukup besar karena peralatannya yang nggak murah.
    Thank you tipsnya ya, mbak.

    ReplyDelete
  25. kyaknya oke juga ya mba untuk dicoba niiih . Thanks for all the tips and tricksnya ya mbaaa

    ReplyDelete
  26. Dulu aku juga mau ini
    Tapi harus punya lahan luas
    Makanya saya stop dulu mimpinya

    ReplyDelete
  27. hm, sepertinya menarik ya punya usaha londry sendiri. apalagi aku yang sering banget ngelondry cuma untuk setrika xD

    ReplyDelete
  28. Bisnis laundry Memang menjanjikan yaa, apalagi sekarang tiap keluarga memerlukan kepraktisan dalam menangani laundry di rumah.
    Usaha laundry bisa jadi Solusi keruwetan nyetrika buat yang suka numpuk setrikaan kayak saya hihi

    ReplyDelete
  29. Bisnis laundry ini persaingan ketat. Dari segi kualitas kan gitu-gitu aja ya buat laundry rumahan, jadinya pada perang harga. Temanku punya bisnis laundry jatuhnya di situ, ga kuat bersaing di harga.

    ReplyDelete
  30. Udaha laundry ini memang menjanjikan ya. Beberapa di sekitarku menuai sukses

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat