Mengenal Mata Ikan dan Cara Mengobatnya

By Nyi Penengah Dewanti - Sunday, August 16, 2020



Mengenal Mata Ikan dan Cara Mengobatnya - Selamat pagi! Semoga harimu menyenangkan ya, dan masih semangat menulis blog kan? Kali ini di postingan saya, saya ingin mengenalkan masalah kulit yang jarang orang ketahui. Termasuk saya, dan ibu hehehe ... dan siapa tahu kamu juga baru tahu sekarang. Ini tentang mengenal yang namanya masalah kulit yang menggangu; yakni mata ikan.




Mata ikan seringnya terjadi di bagian kaki. dan orang biasanya menganggap hal tersebut sama dengan kapalan. Padahal keduanya sangat berbeda. Kalau mata ikan ditandai dengan ciri benjolan melingkar, dan umumnya bagian tengahnya memiliki tekstur yang keras ada juga lunak. Nah, kalau mata ikan disentuh akan terasa nyeri. Sementara kapalan tidak. Kapalan ini hanya masalah kulit yang terjadi di bagian kaki yang mengalami penebalan. Hanya saja, kapalan ini akan membuat kita kurang merasakan rasa sensitif. Masalah kulit baik kapalan atau mata ikan, bisa dialami oleh siapa saja. Anak-anak maupun dewasa, yang akan menyebabkan rasa tidak nyaman.


Ini Dia Ciri-ciri Gejala Mata Ikan



Untuk mengenal lebih lanjut seperti apa mata ikan, ciri-ciri kondisi gejala mata ikan di bawah ini sering dialami oleh mereka yang terkena mata ikan. Yuk kenali, supaya kita bisa hati-hati :


1. Mata ikan biasanya ditandai dengan benjolan yang kecil dan kasar, yang muncul di kaki. Baik di bagian tumit, kaki bagian depan, dan pangkal jari kaki

2. Kulit yang keras dan menebal akibat mata ikan ini, terjadi karena benjolan masuk ke dalam dan tumbuhnya ke dalam.

3. Biasanya bintik-bintik hitam juga terjadi diarea mata ikan. Disinyalir karena kondiri ini terjadi karena darah yang membeku.

4. Ada rasa nyeri pada benjolan, saat kita berjalan terasa ada yang menganggu dan sakit.


Ini Dia Ciri-ciri Gejala Mata Ikan


Tapi sebaiknya langsung ke dokter, untuk mendapatkan saran dan analisa medis yang tepat apabila hal ini terjadi pada kamu. Penyebab mata ikan di kaki sendiri bisa jadi karena infeksi pada. Bagaimana cara pencegahan mata ikan ini?


1. Pilih alas kaki yang tepat
Hati-hati ya teman, jangan memaksakan diri menggunakan alas kaki yang tidak pas, atau tidak nyaman di kaki. Karena kalau dipaksakan akan terjadi gesekan di kulit kaki, hal ini termasuk yang menyebabkan terjadinya mata ikan

2. Menggunakan kaos kaki lebih baik
Sebaiknya jika memakai sepatu, gunakan juga kaos kaki agar kulit kita terlindungi dari gesekan atau tekanan. Hal ini bisa memicu terjadinya mata ikan.

3. Menjaga kebersihan alas kaki
Penting sekali untuk menjaga kebersihan kaki, dengan rajin mencuci kaki dengan sabun dan juga membersihkan sepatu atau sandal setelah dipakai. Hal ini berguna agar kulit kaki terjaga kebersihannya.

Penyebab lain juga bisa jadi karena sering menggunakan high heels, sering berjalan kaki atau berlari dengan sepatu dan juga terlalu lama berdiri. Yuk mulai jaga kesehatan kaki, karena kaki juga termasuk bagian yang memerlukan perawatan baik.

Cara Mengobati terjadinya Mata Ikan



Mata ikan jika dibiarkan bisa menimbulkan masalah serius, oleh sebab itu jika tanda-tanda mata ikan menyerang segera kita atasi dengan penanganan pertama.

Menggunakan salep mata ikan

Dari buku yang ditulis oleh Drs. H. T. Tan & Drs. Kirana Rahardja berjudul Buku Obat-obat Sederhana untuk Gangguan Sehari-hari dituliskan salep yang bisa digunakan untuk mengatasi salep mata ikan. Adalah Collodium ad verrucas 10% dengan asam susu dan salisilat. Tinggal dioleskan saja, dan rajin untuk merendam kaki dengan air yang hangat cukup panas. Hal ini berguna untuk melepaskan biji dari mata ikan.

Plesteran mata ikan

Bisa menggunakan plester mata ikan, agar biji mata ikan bisa melunak karena ada kandungan salisilatnya.

Melakukan operasi

Jika tidak juga membaik, dan dokter menyarankan operasi maka bisa dilakukan operasi untuk memotong beberapa kulit yang menebal.

Penatalaksanaan laser

Bisa juga menggunakan prosedur laser. Hal ini biasanya dilakukan oleh para ahli, agar mata ikan bisa terlepas.

Menggosokan getah jarak
Getah jarak bisa digunakan untuk mengobati mata ikan, jika dilakukan dengan rutin.

Menggosokkan getah kamboja
Mengoleskan getah pepaya muda.

Untuk mengenal mata ikan lebih jauh lagi, kita bisa membaca-baca artikel yang ada di situs halodoc tentang mata ikan. Karena di situs Halodoc, diulas lengkap. Dari Penangan mata ikan, air hangat bisa jadi obat mata ikan, cara mengobati mata ikan dengan alami, dan lain sebagainya.






Selain itu diaplikasi Halodoc, kita juga bisa konsultasi online lho, apalagi di masa pandemi kita harus jaga jarak dan hati-hati kala keluar rumah. Hal ini sangat membantu sekali. Buat teman-teman yang belum tahu mengenai Halodoc, Halodoc adalah aplikasi digital kesehatan yang bisa diakses gratis oleh siapa saja. Dokter umum dan dokter spesialis lengkap di sini, bahkan kita diberikan resep oleh dokter tanpa perlu ke luar rumah.

Jadi, jaga kesehatan selalu ya teman-teman, dan jaga pola hidup yang sehat dengan rutin agar jauh-jauh dari penyakit yang tidak kita inginkan. Semoga bermanfaat, salam!


  • Share:

You Might Also Like

10 comments

  1. Ooh beda ya ternyata kapan dengan mata ikan ... sekilas kayaknya sama yaa

    ReplyDelete
  2. Ini sama nggak sih dg Cantengan? Penyebab utamanya karena tekanan terus menerus pada kulit kaki kita ya? Trims utk info & tips nya..

    ReplyDelete
  3. Aku pernah mendapat informasi bahwa mata ikan ini perlu dioperasi sehingga diperlukan kehati-hatian biar tidak berbahaya untuk kesehatan tubuh kita

    ReplyDelete
  4. Nah iya Aku prnah dnger nih klo ngobatin Menggosokan getah jarak
    Getah jarak bisa digunakan untuk mengobati mata ikan, tapi hrs rutin.

    ReplyDelete
  5. Waktu itu abang iparku juga pernah kena mata ikan, nggak ngerti sih datangnya dari mana, kira in kapal an gitu, kek Nya beda ya

    ReplyDelete
  6. wah, ahamdulillah i am never getting it, thanks for your sharing.

    ReplyDelete
  7. Katanya mata ikan bisa lepas sendiri ya, tp nunggu lama

    ReplyDelete
  8. Wah baru tau kalau gangguan yang disinyalir mata ikan itu bisa sampai di operasi y..
    Lebih baik mencegah daripada mengobati. Tips dan sharing nya begitu bermanfaat Nyi..

    ReplyDelete
  9. Mata ikan pernah liat dan dengar ternyata beda ama kapalan og ya

    ReplyDelete
  10. oh bisa to pake getah kamboja? wah mantul nih tips nya.. :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat