Kelebihan Mandi Menggunakan Sabun Cair

By Nyi Penengah Dewanti - Friday, August 21, 2020



Kelebihan Mandi Menggunakan Sabun Cair - Mandi adalah rutinitas yang dilakukan seseorang, setiap pagi dan sore hari. Salah satu manfaat mandi, membuat badan kita jadi lebih segar dan merasa nyaman. Apabila seseorang mandi, pasti membutuhkan yang namanya sabun. Masalahnya kadang ada yang bingung memilih, antara sabun cair dan sabun batangan ehehehe ... kalau kamu sendiri pilih yang mana gengs?


komposisi sabun mandi manfaat sabun shinzui manfaat sabun lifebuoy lemon manfaat sabun nuvo


Awalnya dulu saya hanya kenal sabun batangan, karena ibu sukanya menggunakan sabun batangan lebih keset. Tapi semenjak merantau ke Hongkong, saya jadi sering menggunakan sabun cair. Karena dibelikannya oleh majikan sabun cair, kan sayang kalau tidak dipakai. Yang paling membedakan, kalau mandi memakai sabun cair saya butuh mengguyur banyak air ke tubuh karena agak licin. Panteslah ibu, lebih memilih sabun batang daripada cair eheheh ... bisa jadi ngirit air.

Fakta Kelebihan Sabun Cair


Sabun batang, memang sudah dipakai sejak jaman dahulu, dan sabun cair tercipta karena dikembangkan. Disinyalir dari fimela dot com, bahwa sabun cair ternyata lebih higienis dibanding sabun batang. Yuk kenali, fakta kelebihan sabun cair ini:

Sabun cair lebih higienis mengapa?


Sabun batangan biasanya kita taruh begitu saja, di tempat sabun yang tersedia. Ternyata menggunakan sabun batang yang bergantian ini, membuat pemakainya bisa bertukar bakteri dari badan satu ke badan yang lain.

Sementara sabun cair, pada umumnya tersimpan di dalam kemasan dan botol tertutup. Sabun cair dipakai dalam jumlah tertentu, oleh setiap orang. Penggunaanya juga tinggal pencet, tanpa harus bertukar bakteri. Inilah yang membuat sabun cair penyimpanannya lebih higienis.


komposisi sabun mandi manfaat sabun shinzui manfaat sabun lifebuoy lemon manfaat sabun nuvo

Sabun cair mengandung kelembapan


Setiap sabun yang ada kandungan moisturizernya bisa melembapkan keadaan kulit tubuh, tetapi sabun batang justru cenderung membuat kulit lebih kering. Berbeda dengan sabun cair, yang mempunyai fungsi melembapkan.

Sabun cair lebih hemat


Bicara soal sabun batang dan cair lebih hemat yang mana, dikatakan sabun cair jauh lebih hemat. Kok bisa? Soalnya bisa digunakan sampai tetes terkhir habis, bahkan bisa dicampur dengan air. Sementara sabun batang lebih sering terbuang dengan sisa padat. Apabila dilakukan pembelian, sabun cair lebih murah ketimbang sabun batangan. Karena sabun batangan lebih cepat habisnya.

Sabun cair banyak formulasinya


Untuk sabun mandi cair ini, bisa menggabungkan banyak kandungan di dalamnya. Dari minyak essensal, vitamin, sampai dengan wewangian. Sementara pada sabun batang biasa kombinasinya tidak sebanyak sabun cair.

Kesimpulannya Sabun Cair atau Sabun Batang?



komposisi sabun mandi manfaat sabun shinzui manfaat sabun lifebuoy lemon manfaat sabun nuvo



Jika ditarik kesimpulannya, sabun batang memang lebih sering terkontaminasi udara dari luar karena bisanya tidak tertutup di tempat untuk menaruhnya. Dibiarkan terbuka, soalnya di tempat saya demikian eheheh ... tinggal taruh di tempat sabun. Padahal hal ini tidak baik, mengingat kamar mandi kan tempat untuk membuang hajat. Harusnya sabun batang lebih ditaruh dengan baik dan tertutup. Sementara sabun cair terlindungi dengan baik, karena wadahnya tertutup.

Sabun cair juga lebih aman penyimpanannya, hal ini menjadi solusi yang bijak. Jika sabun batangan disimpan begitu saja tanpa penutup bisa jadi anggota yang punya penyakit kulit dapat menulari yang lainnya. Biasanya di rumah kan sabun batang satu untuk bersama, iya nggak? Inilah alasan mengapa sabun cair akan lebih baik digunakan. Tapi semua kembali kepada penggunanya sendiri.

            Tidak dipungkiri di rumah saya pun demikian, satu sabun batang untuk ramai-ramai tapi makin ke sini makin menyadari bahwa hal tersebut kurang baik. Adakalanya dipisahkan untuk berjaga-jaga. Sekarang di rumah saya, ada tiga sabun batang dan dua sabun cair yang tersedia. Mau pakai yang mana tinggal pilih, berdasarkan selera. Apalagi kalau wanginya berbeda, pagi pakai sabun cair yang aroma apa, mandi sore beda lagi jadi freshnya lebih gitu deh eheheh ... kalau kamu bagaimana? Share dong lebih pilih sabun cair atau sabun batang?

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Aku menyesuaikan sikon, tapi intinya mengindari sabun batangan dipakai ramai-ramai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mulai sekarang nyaman pake sabun yang dipake sendiri eheheh

      Delete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat