Rahasia Awet Muda Secara Alami Oleh Puspa Dewi

By Nyi Penengah Dewanti - Sunday, July 05, 2020



Rahasia Awet Muda Secara Alami Oleh Puspa Dewi - Menjadi sehat bukan sekadar tren, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Maka biasakan sejak muda agar tua tidak tersiksa, inilah yang saya pelajari dari seorang Health & Lifestyle Influencer Puspa Dewi. Jujur saya takjub, ketika melihat layar zoom yang menampilkan sosok Puspa Dewi dengan usia 53 tahun tapi masih awet muda. Saya sampai membelalakkan mata, ketika Mba Rosa yang jadi moderator memperkenalkan beliau.


new normal new normal adalah new normal surabaya new normal indonesia new normal life new normal jakarta new normal di surabaya new normal jawa timur



"Serius?" Saya sampai menoleh kepada mas suami, karena kebetulan kami mengikuti acara We The Health.

We The Health adalah konfrensi kesehatan yang dipilih oleh Jovee & Lifepack, untuk menandai satu tahun mereka berkontribusi dalam bidang digital health. We The Health merupakan satu-satunya konfrensi kesehatan digital yang pertama di Indonesia. Natali Ardianto, sebagai CEO Jovee & Lifepack dengan tegas mengatakan bahwa tujuan diadakannya acara We The Health, "Ingin membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia agar terus lebih baik. Karena melihat kondisi yang sedang memasuki masa transisi atau era normal baru.” Ia tergerak ingin melakukan sesuatu untuk Indonesia.

Sebelum Mama Hadi, sapaan akrab Puspa Dewi memberikan materi tentang, 'Kiat Menjaga Kebugaran Tubuh & Awet Muda,' terlebih dahulu acara dibuka oleh lima special track yang hadir. Siapa saja beliau? Adalah : 

Kementrian Kesehatan RI, yang diwakili dr. Slamet, MPH, Staf Ahli Menteri bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Kementrian Kesehatan RI
Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, selaku Wakil Gubernur Jawa Timur
H. Mochamad Nur Arifin, selaku Bupati Trenggalek
Rico Mardiansyah, SH, MH, dari SehatPedia Kementrian Kesehatan RI
Natali Ardianto, selaku CEO Jovee dan Lifepack

Pada sambutannya, Sabtu 27 Juni 2020 dr. Slamet, MPH, Staf Ahli Menteri bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Kementrian Kesehatan RI, mengapresiasi kepada semua pihak, atas terselenggaranya We The Health. Beliau juga berharap inovasi yang dikembangkan ini mampu membangun ekosistem digital, yang terintegrasi dan mampu meningkatkan efektivitas kinerja, memberikan efisiensi dalam rangka peningkatan pelayanan bidang kesehatan masyarakat.


new normal new normal adalah new normal surabaya new normal indonesia new normal life new normal jakarta new normal di surabaya new normal jawa timur


Jovee merupakan website/aplikasi yang memudahkan seseorang, menemukan suplemen yang tepat dan terbaik untuk tubuh. Caranya tinggal memasukkan data, sesuai form yang diberikan, nanti akan ada suplemen yang diresepkan sesuai tim kesehatan Jovee.

Sementara Lifepack adalah aplikasi berbasis mobile yang menawarkan layanan penebusan resep obat dengan cara praktis, aman dan nyaman. Semacam Apotek Online.

Kiat Menjaga Kebugaran Tubuh & Awet Muda oleh Puspa Dewi



Jovee track speaker yang pertama di isi oleh Puspa Dewi, selaku Health & Lifestyle Influencer. Beliau membagikan pengalamannya, dalam menjaga kebugaran tubuh dan awet muda. Jadi sepanjang satu jam lebih Mama Hadi, sapaan akrab oleh tetangga di sekitar rumah Puspa Dewi mengisi acara rasanya terlalu singkat. Melihat beliau membagikan ceritanya, tidak pernah sekalipun beliau berhenti untuk tersenyum dan ceria. Beliau sangat tahu, bagaimana cara untuk berbahagia.

Sebelum membagikan sharing rahasia menjaga kebugaran dan awet muda, beliau menceritakan awal mula menjadi Influencer. Jadi dulu Puspa Dewi seorang banking yang membawahi seribu lebih karyawan, beliau bertemu banyak orang dan suka menginfluence mereka. Setelah resignya beliau dari perusahaan dan berfokus ke dunia influencer ini, berawal dari kebahagiaan putranya ketika beliau ulang tahun yang ke 50 tahun. Denis Hadi, nama putra beliau mengunggah keseruan ulang tahun Puspa Dewi ke instagram, kemudian beliau dan putranya yang satu lagi juga mengunggahnya. Eh ... dua hari setelah itu beliau viral. Setiap ke Mall ada aja yang ngajakin beliau foto, bak selebritas tanah air. "Awalnya kaget, tapi lama-lama jadi terbiasa," ucap Puspa Dewi dengan sumringah.

Buat kamu yang penasaran betapa awet mudanya Puspa Dewi, bisa kepoin langsung ke instagramnya @puspadewihc. Mungkin kita akan merasakan hal yang sama, 'terpesona'. Umur lima puluh tiga tahun, berasa ngeliat wanita usia dua puluh tahun. Istimewa! Saatnya saya membagikan rahasia awet muda beliau kepada kamu, yang terlewat pada sesi acara We The Health tanggal 27 Juni 2020 lalu dan jangan lupa untuk dipraktikan.

Rahasia Awet Muda Tubuh dan Jiwa



Penuaan yang terjadi pada tubuh dan kulit, merupakan proses yang alami dirasakan setiap orang. Pernah ngeliat nggak sih, orang yang masih muda umurnya tetapi terlihat lebih tua atau begitupun sebaliknya dia sudah tua tapi body dan wajahnya masih usia muda. Saat melihat Puspa Dewi, kamu akan percaya bahwa hal tersebut benar-benar ada. Beneran dia usianya 53 tahun? itu yang terlintas di pikiran, apalagi ketika menonton beliau melakukan latihan plank untuk menjaga kebugaran. Body goals banget di usia cantiknya. Jadi menilik diri sendiri, apakah saya akan bisa seperti itu juga? Eheheh ... Nggak perlu lama-lama lagi, ini dia 3 tips rahasia awet muda Mama Hadi :


1. Apa yang Dipikirkan



"Orang kalau happy cenderung awet muda. Aku dari dulu berpikiran positif, nggak suka ngurusin oranglain, nggak suka nyampuri urusan orang," ungkap Puspa Dewi dengan senyum, yang selalu memperlihatkan gigi putihnya yang bersih, "bersyukur itu penting, pelihara dengan baik rasa syukur yang kamu miliki!" Lanjutnya lagi.

Saya setuju dengan apa yang Mama Hadi bilang, betapa melelahkannya hidup kalau kita sibuk berkaca dengan standart hidup orang lain. Betapa tidak bersyukurnya kita, jika apa-apa yang kita miliki tidak dijaga dan disyukuri perolehannya.


new normal new normal adalah new normal surabaya new normal indonesia new normal life new normal jakarta new normal di surabaya new normal jawa timur



Kita belajar berproses setiap hari, dari nol ke sebuah nilai yang setiap harinya berusaha ditingkatkan. Kita belajar menjadi sosok yang lebih baik, dari ke hari. Tetapi saat kita berkaca pada kehidupan orang lain, proses itu seakan menjadi tidak berarti apa-apa. Di saat itulah kita menjadi sosok yang tidak pandai bersyukur. Jadi berhentilah melihat diri sendiri, dengan menggunakan cermin orang lain. Karena bila kita terus mencari, sebaik apa pun yang sudah kita genggam tidak akan pernah cukup baik.

Nikmati hidupmu, mulailah syukuri apa pencapaian yang sudah kamu lalui hingga detik ini. Bahagia itu kita yang menciptakan, karena bahagia berasal dari pikiran kita. "Enjoy Life!" Tutur Puspa Dewi.

2. Apa yang Dilakukan



Dari usia SD, Puspa Dewi mengaku suka berolahraga. Senam Pagi Indonesia adalah senam yang sering dilakukan, lantas muncul SKJ (Senam Kesehatan Jasmani). "Aku suka berolahraga ramai-ramai, soalnya bisa memotivasi diri untuk semangat," ucapnya sembari mengingat kegemarannya berolahraga.

Pada sesi tanya jawab, ada seorang penanya yang meminta resep olahraga mudah yang bisa dilakukan di kostan. Puspa Dewi membagikan beberapa tips, seperti :



new normal new normal adalah new normal surabaya new normal indonesia new normal life new normal jakarta new normal di surabaya new normal jawa timur


  • Berjemur pagi sambil lari di tempat
  • Melakukan Plank yang simpel, agar keseimbangan tubuh tetap bagus. Contohnya side plank, one legged plank, pus up plank, cross plank, spider plank, dan bisa variasikan. Misal menggunakan kursi, dan lain sebagainya. Bagaimana gerakan detailnya? Langsung kepoin istagram beliau, videonya planknya komplit. Pengertian plank adalah, gerakan olahraga yang mengharuskan kita menempatkan kedua sisi tangan termasuk siku, di permukaan lantai seperti ingin push-up.
  • Buat yang sering di depan komputer mengerjakan tugas, bisa merenggangkan leher, tangan dengan gerakan santai. Istirahat setiap 30 menit supaya tubuh lebih rileks.


3. Apa yang Dikonsumsi



Memiliki berat badan ideal, adalah impian semua orang. Termasuk Puspa Dewi yang selalu menjaga berat badannya agar stabil, diangka 46-45. Kalau sudah mencapai berat 48 Kg, baginya itu sudah termasuk berat badan yang gendut. Meski demikian, beliau mengaku tidak pernah melakukan diet.

Sudah tiga tahun ini, Puspa Dewi mengonsumsi makanan sehat. Untunglah putranya mempersiapkan apa yang dikonsumsinya, dan kebetulan putranya memiliki usaha catering (Hadi Kitchen). Makanan sehat seperti sayuran, buah, mineral tercukupi. Ini beberapa fakta soal apa yang dikonsumsi :


new normal new normal adalah new normal surabaya new normal indonesia new normal life new normal jakarta new normal di surabaya new normal jawa timur


Saya tidak suka gorengan. Sesekali bolehlah
Saya suka minum air putih lebih banyak, dari kebanyakan orang
Saya nggak suka manis, nggak suka makan permen, syrup, dan kue-kue manis.
Saya tidak suka pedes
Saya jus suka, tapi lebih suka memakan buah secara langsung
Saya nggak suka soft drink, apalagi boba saya nggak suka
Sarapan pagi saya, telur putih dua/3 butir karena kalorinya kecil dan mengenyangkan agak lama
Saya minum susu dan madu
Saya minum suplemen dan vitamin C
Saya nggak terlalu suka asin
Saya suka makan tempe dan makanan favorit saya pete

Skin Care Tips Ala Puspa Dewi



Menjaga kesehatan tubuh dan kulit wajah menjadi kebutuhan semua orang, baik wanita maupun pria. Agar penampilan menjadi lebih maksimal, biasanya wanita sering memakai skincare yang bermacam-macam. Kalau Puspa Dewi sendiri, apakah beliau juga menggunakan skin care mahal dan brand besar? Ternyata skin care ala beliau, sangat sederhana. Ini dia perawatan yang dilakukannya sehari-hari :

1. Rajin mencuci muka
2. Menggunakan tooner
3. Memakai serum
4. Memakai sunblock
5. Minum air putih yang banyak
6. Menjaga kualitas tidur
7. Olahraga setiap hari
8. Menjaga asupan kalori minimal 1200-1500 kalori. Ideal dewasa 2000 kalori
9. Jangan stress dengan masalah yang ada. Setiap masalah pasti ada solusi terbaiknya.

"Jadilah diri yang bermanfaat, dan hidupmu berarti untuk orang lain," begitu pesan Puspa Dewi untuk menjadi diri yang berbahagia. Karena pada dasarnya hidup itu seimbang. Saat kau merasa sedih, pada saat yang lain kau akan merasa bahagia. Demikian juga masalah, akan ada solusi terbaiknya. Laiknya tawa dan airmata hidup ini seimbang.



  • new normal new normal adalah new normal surabaya new normal indonesia new normal life new normal jakarta new normal di surabaya new normal jawa timur



Mari merawat dengan baik apa yang sudah Tuhan berikan, seperti tubuh dan jiwamu yang membutuhkan asupan menyehatkan. Jangan lupa untuk berbagi dan memberi, karena menyimpannya sendiri membuat kita jauh dari kaya hati. Semoga bermanfaat! Terima kasih yang tak terhingga untuk Mama Hadi, aka Bu Puspa Dewi sudah sharing ilmu yang bermanfaat mengenai kesehatan dan awet muda. Terimakasih juga untuk #WeTheHealth, yang sudah menjembatani kami mendapatkan bekal untuk menjaga pola kehidupan sehat di era new normal. Salam!

  • Share:

You Might Also Like

15 comments

  1. Wah keren, Nyi fokus nonton webinar Puspa Dewi ya. Kalau aku fokus nonton webinar sesi dokter Darrel dan dokter Robbi karena pas dengan keadaanku saat ini, yaitu berbicara tentang masalah kehamilan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba nonton beliau ke sengat aura positifnya. Jadi bikin rajin berolahraga

      Delete
  2. Aku juga nonton sesinya Puspa Dewi. Keren banget ibu itu. Cantik, banyak senyum, awet muda.

    ReplyDelete
  3. Mama Hadi bikin aku insecure hahaha... emang top banget dah.. jadi pengen nerapin tips2nya

    ReplyDelete
  4. Ayuneee. Pantes masih tetep cantik. Dijaga banget makanannya, ga makan asin, manis dan gorengan. Olahraga juga. :D

    ReplyDelete
  5. Mbak Puspa Dewi ini top banget, sempat viral kan. Kalo gak salah sudah bercucu sekarang ini.
    Belua rajin olahraga dan makan makanan sehat.

    ReplyDelete
  6. Aku belum concern dengan asupan kalori wah ini input yang baik banget perlu penerapan untuk diri sendiri.

    ReplyDelete
  7. Wah..aku sudah daftar webinar ini, tapi pas acara g bisa ikut..hiks. BTW asli bikin minder nih Puspa Dewi. Mencermati tips beliau pantas saja ya.. lha aku pengen seperti beliau juga, tapi yg sama cuma satu : gak suka pedes! Haha...

    ReplyDelete
  8. Wah mau juga donk dibikin jadi awet muda dan anti seteres.. Biar semangat menjalani hari

    ReplyDelete
  9. Wah ternyata rahasia awet mudanya mba puspita sari ini gak perlu mahal ya, dan gampang-gampang susah untuk dilakukan. Namun, yg penting punya tekad yang kuat dan mau terus berusaha, pasti bisa stay young

    ReplyDelete
  10. Nah, i never do exercise for a long time. so difficult do this. should i think and do hard about it. although i know do it very importand to support our healthy

    ReplyDelete
  11. Ya Allah Nyiii..
    Keren banget Bu Puspa Dewi. Bikin happy liat wajahnya yang sumringah bahagia.
    Harusnya dengan menerapkan hidup simple, sehat dan gak banyak pikiran, bikin kita lebih sehat dan bugar yaa..

    ReplyDelete
  12. Olahraga salah satu aktivitas fisik yangyang pen untuk melancarkan metabolisme tubuh juga meningkatkan sistem imun agar nggak mudah sakit.
    Disamping itu, latihan fisik secara rutin juga bisa membantu proses regenerasi tubuh secara maksimal.

    ReplyDelete
  13. Keren Banget mba Puspa Dewi ini. Cantik. Aku pengen juga kurus dan terlihat awet muda
    Tapi susah banget buat ga ngurangin gorengan. Berusaha semangat lagi nih . Biar hidup sehat dan bugar

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat