Review Drama Korea Memorist 2020 | Kekuatan Pemindai Ingatan yang Membantu Membongkar Kejahatan

By Nyi Penengah Dewanti - Tuesday, June 09, 2020



Review Drama Korea Memorist 2020 - Diadaptasi dari webtoon Daum tahun 2016-2018, Drama Korea Memorist 2020 kini sudah bisa ditonton untuk kamu penggemar genre drama, misteri, thriller, dan fantasi. Penayangan Drama Korea Memorist 2020 sudah dari 11 Maret - 30 April 2020, disiarkan oleh TVN.

sinopsis memorist episode 8 sinopsis memorist episode 16 sinopsis memorist eps 14 sinopsis memorist episode 3 rating drama memorist blog review drama korea memorist sinopsis ending drama memorist
Cover Promosi


Sinopsis Drama Korea Memorist 2020 adalah, Yoo Seung-ho yang memiliki kekuatan supranatural. Dia bisa melihat ingatan seseorang hanya sekali sentuh. Dengan kekuatannya dia menjadi detektif dan mampu menangkap banyak penjahat. Tapi suatu hari dia menemukan kasus misterius, tentang pembunuhan berantai. Orang-orang yang ditemuinya tidak bisa dilihat ingatannya, karena ada seseorang yang menghapus ingatannya. Berarti tokoh supranaturalnya nggak hanya satu dong? Buat yang penasaran, langsung saja tonton Drama Korea Memorist 2020.

Pemeran Drama Korea Memorist 2020


sinopsis memorist episode 8 sinopsis memorist episode 16 sinopsis memorist eps 14 sinopsis memorist episode 3 rating drama memorist blog review drama korea memorist sinopsis ending drama memorist
Pemain inti di Memorist 2020

  • Yoo Seung-ho, sebagai Dong Baek. Dia pemeran utama yang memiliki kekuatan supranatural, pemindai ingatan. Siapapun yang disentuh doi, akan terlihat ingatannya dalam pikiran Dong Baek. Makanya orang-orang dikepolisian, takut dengan Dong Baek kalau dibaca ingatannya. 
  • Lee Se-young, pemeran tokoh utama cewek bernama Han Sun-mi. Dia wanita cerdas muda, dan seorang profiler yang sudah diakui oleh negara Korea Selatan. Dia memimpin grup detektif sebagai profiler, untuk menemukan siapa dalang di balik pembunuhan berantai.
  • Jo Sung-ha, sebagai Lee Shin-woong. Dia kepala kepolisian yang baik, tapi di balik itu dia memiliki kecurangan tersendiri. Dia selalu membuat Dong Baek, tidak diakui di mata orang-orang mengenai kekuatannya. Padahal Dong Baek kan selalu nomer satu perihal kecepatan, menangkap kejahatan.


Pemeran Sahabat Dong Baek di Drama Korea Memorist 2020


sinopsis memorist episode 8 sinopsis memorist episode 16 sinopsis memorist eps 14 sinopsis memorist episode 3 rating drama memorist blog review drama korea memorist sinopsis ending drama memorist
Trio Menggemaskan di Drakor Memorist 2020


  • Ko Chang-seok sebagai Koo Kyung-tan, atasan dari Dong Baek yang sayang banget sama dia. Selalu membantu Dong Baek, menangkap penjahat.
  • Jun Hyi-seong, sebagai Kang Ji-eun bekerja sebagai reporter berita. Dia selalu membantu dalam menyebarkan berita dan artikel untuk mendukung penangkapan pembunuhnya.
  • Yoo Ji-on sebagai Oh Se-hoon, rekan satu kerjaan dengan Dong Baek. Dia bersama Kyung-tan atasannya membantu Dong Baek, dalam menangkap kejahatan pembunuhan.


Kekuatan Pemindai Ingatan yang Membantu Membongkar Kejahatan


Berbeda dengan drama Korea lainnya yang cenderung menyembunyikan kekuatan supranatural mereka, justru Dong Baek membuat kekuatannya dikenal oleh dunia. Masih ingat drama Korea He is Psychometric? Tokoh utamanya juga memiliki kekuatan membaca pikiran tapi kalau di Memorist tokoh utama malah memperlihatkannya. Dia juga menjalani pengujian ilmiah, dari pemerintahan. Dia bercita-cita jadi polisi dan detektif. Sayangnya tidak semua orang penyukai kekuatan itu, meski dia memiliki banyak fans. Ada kelompok HAM yang merasa, memindai kekuatan itu melanggar hak asasi manusia.

sinopsis memorist episode 8 sinopsis memorist episode 16 sinopsis memorist eps 14 sinopsis memorist episode 3 rating drama memorist blog review drama korea memorist sinopsis ending drama memorist
Dong Baek


Drama Korea Memorist 2020 episode pertama, menampilkan orang-orang yang demo akan kekuatan supranatural yang dimiliki Dong Baek. Dia juga didisplinkan tidak boleh menjalankan tugas, karena dia melakukan kekerasan terhadap pelaku kejahatan. Kekerasan yang doi lakukan si mukul pelakunya, untuk tahu apa-apa ingatan yang sudah dilakukan. Dan agar pelakunya nggak melarikan diri, tahu sendiri kan? Kalau adegan berantem pasti tokoh utama, lawannya ya pemimpin pelaku kejahatan.

Jagat kepolisian dihebohkan dengan pembunuhan berantai tiga orang mahasiswa, yang satu koma dengan wajah dan kepala yang rusak. Meski tidak boleh bertugas Dong Baek, menyusup keluar dan ketauan oleh Oh Se-hoon. Tapi dasarnya Se-hoon sayang banget ama ni bocah, Dong Baek diajak sekalian untuk menengok korban yang koma di rumah sakit dengan cara-cara mengendap-endap. Tapi akhirnya ya ketahuan, oleh pemimpin yang bertugas mengatasi pembunuhan berantai ini. Tapi dia boleh masuk ke ruangan tersebut, atas bantuan atasannya Koo Kyung-tan. Pas tangannya menyentuh kepala korban, ingatannya rusak dan acak. Tidak terlihat dengan baik, bahkan Dong Baek sampai keringetan dan jatuh pingsan.

Sembari mengumpulkan kepingan-kepingan ingatan tersebut, dia menemui orang-orang yang berhubungan dengan korban. Ada jaksa, ada pengacara, ada broker yang pernah juga melakukan kejahatan seksual terhadap korban. Ya ampun, aku gemes banget sama orang-orang yang memiliki jabatan kuat, tua dan moralnya bejat macem ini. Orang-orangnya mana jelek dan gendut pula, hahaha ... ya kan aku ikut tersulut waktu menceritakannya. Apalagi pas nonton luar biasa, menguras emosi. Mereka tidak mengaku, dan terus melawan bahkan mengerahkan anak buah untuk memukuli Dong Baek.

sinopsis memorist episode 8 sinopsis memorist episode 16 sinopsis memorist eps 14 sinopsis memorist episode 3 rating drama memorist blog review drama korea memorist sinopsis ending drama memorist
Han Sun-mi 


Han Sun-mi yang menjadi profiler muda memimpin dari kantor, dengan kekuatan teknologi dia terus mencari bersama timnya di mana letak korban yang masih ditangkap. Tidak hanya satu, tapi dua. Yang satu adalah anak sekolah yang suka membolos, dan sengaja menjual dirinya untuk mendapatkan uang jajan (Kim Seo-kyung). Yang satu lagi, anak dari ibu-ibuk tukang ngepel yang kerja di  kepolisian (Ye-rim). Bahkan ibu-ibu ini sempat menjodohkan, Dong Baek dengan anaknya ini.

Mereka berdua dikurung di bawah tanah, dengan banyak kamar dan ada ranjang. Menurut berita itu bunker jaman penjajahan dahulu, untuk menyelamatkan diri. Keduanya di masukkan di kamar berbeda tapi sebelahan. Mereka harus mengerjakan ujian, dengan mendengarkan setelah telivisi terlebih dahulu. Penjahatnya kelihatan gemuk, tapi nggak diperlihatkan wajahnya pada episode-episode awal. Dia bahkan menggunakan tulisan di papan, untuk berbicara dengan korban. Sudah saya duga, dia orangnya bisu nggak bisa ngomong. Kalau merkea bisa mengerjakan soal ujian dengan nilai 90, mereka akan lolos dan tidak akan dibunuh. Tapi di bawah itu, salah satu dari mereka akan mati.

Pencarain Dong Baek dan Han Sun-mi terus dilakukan. Mereka tidak satu tim, tapi saling mencari agar bisa menangkap penjahatnya. Saat Dong Baek sudah menemukan teka-teki tentang babi merah, yang dilihatnya dalam ingatan korban yang koma dia ditangkap oleh jaksa yang sempat berantem dengannya. Tapi dasarnya Dong Baek, lincah dan cerdas mereka membuat 7 orang anak jaksa saling baku hantam hahaha ... karena ingatan mereka yang dibaca. Dan ternyata mereka saling berkhianat, jadi doi bisa kabur.

Sementara Han Suh-mi sudah menemukan persembunyian penjahat tersebut, awalnya dia memasuki vila dengan halaman luas. Di depannya banyak kandang sapi, dan di belakang tempat yang ada tendanya dia buka. Kelihatan mobil yang dilakukan untuk beroperasi, dan tetesan darah yang menuju ke sebuah jalan bunker. Kaget bukan kepalang, dia menemukan tempat-tempat yang menyeramkan. Penjahatnya sigendut yang bisu ini membawa palu. Dia akan menyerang Suh-mi, tapi di tembak lebih dulu olehnya. Nggak mati loh, terus Dong Baek datang menyelamatkan dan sipenjahat yang penuh darah kabur. Tiba-tiba dia masuk disebuah ruangan, yang doi udah berpakaian serba putih berdoa dan menjatuhkan dirinya bunuh diri di sebuah lubang.


sinopsis memorist episode 8 sinopsis memorist episode 16 sinopsis memorist eps 14 sinopsis memorist episode 3 rating drama memorist blog review drama korea memorist sinopsis ending drama memorist
Dong Baek dan Han Sun-mi


Bunker yang dipasangi kamera cctv setiap ruangannya itu, terlihat kedua gadis yang disandera. Segera Su-mi membuka pintu dan melihat Kim Seo-kyung menangis. Sebelumnya dia mendapat nilai 75 karena tidak begitu pintar, dia akan dieksekusi mati di hari selasa pada hari Dong Baek dan Su-mi menemukannya. Tapi pada hari itu, Ye-rim yang mau bunuh diri gagal karena atap penyekapan itu kayunya runtuh. Ye-rim yang menemukan harapan, lantas naik dan berusaha menyelamatkan diri tapi ketahuan. Dia ditangkap lagi dan dijebloskan ke ruangannya lagi. Beberapa jam kedepan, pas Dong Baek dan Suh-mi tiba, Ye-rim sudah meninggal. Dia meninggal di atas kasur dengan tangan diborgol, dipakein baju putih dan kepalanya hancur kena palu.

Karena si gendut ini sudah bunuh diri, tidak ada lagi tokoh lain yang harus ditangkap. Tapi Dong Baek dan Su-mi curiga bahwa sebenarnya si gendut hanya anak buah. Bukan dia yang membunuh, tapi ada orang lain yang menggerakannya. Di TKP setelah tim forensik mencari sidik jari lain, tidak ditemukan apa-apa. Ada satu sidik jari yang mengarah ke mantan narapidana, yang hidup di tengah hutan. Saat dia ditangkap pun, tidak keliatan bahwa dia pelakunya.

Han Suh-mi menunjukkan kelebihannya, pembunuhnya bukan orang biasa tapi orang yang memiliki karisma. Setelah ditelusuri, dan Dong Baek memindai ingatan Kim Seo-kyung yang satu kejadian dengan Ye-rim ternyata pembunuhnya adalah orang yang memiliki vila di daerah sana dan orang yang berpengaruh. Siapa sangka dia adalah orang terknal, pemuka agama alias pendeta yang memiliki banyak kekayaan dan bisa membeli para petinggi. Dong Bek dan Suh-mi tidak takut, mereka terus maju mencari surat perintah tapi tim pengacara dan jaksa si pendeta berhasil menghalangi. Saat berusaha masuk, yang awalnya si pengacara sok nggak tahu kodenya langsung dibuka. Sumpah licik banget doi saling berbisik bilang, "Mereka sudah membereskannya dan hampir selesai." Pas itu dibuka tercium aroma bakaran, ternyata barang buktinya sudah dibakar dan rumahnya sudah dicat agar tidak ketahuan. Huah! Emosi banget asli nonton drama korea genre detektif begini, hahaha ... tapi saya suka karena penuh teka teki.


sinopsis memorist episode 8 sinopsis memorist episode 16 sinopsis memorist eps 14 sinopsis memorist episode 3 rating drama memorist blog review drama korea memorist sinopsis ending drama memorist
Cover Model Webtoon Memorist


Fakta lain yang menyebutkan adalah para korban tersebut, penerima beasiswa dari si pendeta. Lantas mereka diculik untuk menjadi pemuas nafsu sang pendeta. Mereka jadi dibunuh dengan palu, agar wajah dan ingatannya rusak takut disentuh oleh Dong Baek kali ya? Baru disetubuhi, huekk ... dia menggunakan sarung tangan agar tidak meninggalkan sidik jari, dan menggunakan kondom. Setelah itu dia membakar semua pakaian dan apa saja yang dibawanya ke bunker, agar tidak meninggalkan jejak. Yang membunuh juga si pendeta, bukan sigendut. Pembunuhan tersebut adalah dalih mereka disucikan. Miris!

Karena kasus ini, Dong Baek kembali didisiplinkan bahkan terancam dipecat. Tapi lantas keesokan harinya, sipendeta mati kena palunya sendiri saat mengisi jemaat pagi hari. Anehnya, mereka yang datang dan menyaksikan tidak ada ingatan tentang pembunuhan tersebut. Setelah Dong Baek datang, dan diminta Suh-mi untuk memindai ingatan. Tidak ada satupun yang memiliki ingatan tentang, pembunuhan itu. Aneh banget. Dan disimpulkan bahwa ada tokoh supranatural lain, yang bisa melakukan penghapusan ingatan. Yang Suh-mi curigai adalah Dong Baek, mengingat Dong Baek benci bukan main dengan pendetanya. Tapi Han Suh-mi inginnya, biarlah hukum yang menangani.

sinopsis memorist episode 8 sinopsis memorist episode 16 sinopsis memorist eps 14 sinopsis memorist episode 3 rating drama memorist blog review drama korea memorist sinopsis ending drama memorist
Cover Drama Korea


Cerita Drama Korea Memorist 2020, masih panjang sampai dengan 16 episode. Siap-siap emosi dan tegangan tinggi. Karena dibalik orang-orang yang membunuh ini, ada lagi dan ada lagi orang yang menyuruh. Jadi mereka yang tertangkap hanyalah antek, bahkan dikontrak untuk membunuh. Hal ini juga ada kaitannya dengan masa lalu Dong Baek. Sedikit spoiler, si penghapus ingatan tersebut bukan Dong Baek tapi kakaknya. #Ea ... makin penasaran kan? Mengapa kakaknya melakukan hal demikian? Karena banyak penjahat yang nggak bisa ketangkep hukum, dengan cara membunuh mereka adalah salah satu caranya. Endingnya bagaimana, cus nonton Drama Korea Memorist 2020. Selamat menonton dan semoga terhibur.

Detail Drama


Judul : Memorist
Director : Kim Whee, So Jae-Hyun
Writer : Jae Hoo (webcomic), Ahn Do-ha, dan Hwang Ha-Na
Network : tvN
Episode : 16 Eps
Release Date : Maret 2020
Genre : Thriller, Mistery, Fantasi
Bahasa : Korean
Negara : Korea Selatan

Baca juga :

  • Share:

You Might Also Like

3 comments

  1. Banyak ya list drama korea yang ada, sampe bingung mau nonton yang mana 😂 tapi boleh juga cerita drama memorist ini, bisa liat ingatan orang, gak kebayang ehehe

    ReplyDelete
  2. Wew saya juga takut kalau ingatan dibaca orang lain hehehe takut disalah gunakan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat