Aplikasi Umma Menyediakan Fitur Q&A untuk Menjawab Informasi Seputar Islam

By Nyi Penengah Dewanti - Thursday, May 07, 2020



Aplikasi Umma Menyediakan Fitur Q&A untuk Menjawab  Informasi Seputar Islam - Syukur Allahmdulillah, kita dipertemukan kembali dengan rahmat Allah yakni bulan Ramadhan. Dalam kurun waktu setahun, kita hanya bertemu dengan Ramadhan satu kali saja. Siapa yang merasa banyak dosa, banyak kesalahan dan perilaku yang buruk, saatnya bertaubat dan merenungi segalanya di bulan Ramadhan ini.

komunitas umma event aplikasi umma umma versi lama aplikasi pengingat sholat apk adzan otomatis offline aplikasi adzan terbaik download salam download aplikasi adzan 5 waktu otomatis alarm adzan download jadwal sholat unduh al-qur'an indonesia semua aplikasi



Ramadhan adalah bulan yang istimewa, dalam setiap sudutnya mengandung amal dan lipatan pahala. Jika dilakukan akan terus menumpuk amal yang kita punya, alangkah beruntungnya kita disapa kembali oleh Ramadhan. Meski kali ini berbeda, Ramadhan yang tetap diam di rumah tidak boleh kemana-mana, karena ada pandemi corona.

Ujian pandemi ini ibarat ujian yang Allah timpakan untuk seluruh dunia, seluruh dunia yang Ia ciptakan. Saya percaya pandemi ini akan ada ujungnya, tergantung dari manusianya akan tetap bangkit atau putus harapan dalam berdoa. Adanya pandemi seolah kita diberikan kesempatan, untuk memperbaiki diri, bersimpuh atas segala kealpaan yang pernah terjadi. Karena manusia merupakan mahkluk yang penuh dengan khilaf dan tidak sempurna.

Puasa Merupakan Perisai Diri



Pada kitab Durratun Nashihin, karya Usman bin Hasan bin Ahmad Syakir Al-Khaubari, menyebutkan bahwa setelah Allah menciptakan akan, Dia menciptakan nafsu, kemudian menyuruhnya untuk menghadap, namun nafsu tidak menjawab. Allah pun bertanya, "Siapakah engkau dan siapakah aku?" Nafsu menjawab, "Aku adlah aku, Engkau adalah Engkau." Mendengar itu, Allah menyiksanya di dalam neraka Jahim selama seratus tahun, kemudian mengeluarkannya.

Setelah keluar, Allah kemudian bertanya hal yang sama, ia masih menjawab dengan hal yang sama  pula. Allah lantas menyiksanya lagi di neraka Ju' (Ju' berarti lapar) selama seratus tahun lagi. Setelah ia dikeluarkan bertanyalah Allah lagi, Siapakah engkau dan siapakah Aku?" Nafsu akhirnya menjawab, "Aku adalah hamba-Mu, dan Engkau adalah Tuhanku."


komunitas umma event aplikasi umma umma versi lama aplikasi pengingat sholat apk adzan otomatis offline aplikasi adzan terbaik download salam download aplikasi adzan 5 waktu otomatis alarm adzan download jadwal sholat unduh al-qur'an indonesia semua aplikasi


Dari kitab tersebutlah, jelas bahwa manusia yang berpuasa melawan lapar dan haus sejatunya Allah tengah mengajari manusia untuk mengendalikan hawa nadsu dan menundukkannya. MasyaAllah, ketika membacanya jujur dada dan mata saya basah. Begitu cintanya Allah kepada kita, megnajarkan kita untuk bisa meraih gelar takwa, tapi hal pertama yang harus bisa kita lakukan yakni mengendalikan hawa nafsu. Karena hawa nafsu, selalu menyuruh orang untuk melanggar perintah Allah dan melakukan apa yang dilarang-Nya. Rasullullah dalam hadisnya menyebutkan bahwa puasa, adalah perisai. Selayaknya manusia memohon kepada Allah, agar diberikan kekuatan lahir batin untuk bisa menjalankan puasa dengan baik dan berhasil menahan diri dari segala godaan buruk di luar diri kita dan hawa nafsu kita.


Umma Platform Muslim yang mempermudah ibadah umat Islam


"Misi kami adalah membantu pengguna untuk bersama-sama menjadi muslim yang lebih baik (khairu ummah) melalui pemanfaatan teknologi.  Aplikasi kami dikembangkan untuk menjawab kebutuhan kaum muslim akan informasi seputar Islam yang terpercaya dalam satu wadah,” tegas Indra Wiralaksmana, CEO dan Co-Founder umma.

komunitas umma event aplikasi umma umma versi lama aplikasi pengingat sholat apk adzan otomatis offline aplikasi adzan terbaik download salam download aplikasi adzan 5 waktu otomatis alarm adzan download jadwal sholat unduh al-qur'an indonesia semua aplikasi


Awalnya saya nggak ngeh ada platform yang bisa membimbing kita, sebagai umat Islam dalam menjalankan ibadah. Tapi setelah saya download dan menggunakannya, luar biasa  fitur-fitur yang dipunyai oleh Umma. Ada fitur penunjang ibadah, konten, komunitas, penunjang jadwal salat, arah kiblat, Al Quran dan terjemahannya, tanya jawab Ramadhan dan masih banyak lagi.

Nah, pada fitur tanya jawab Umma inilah yang bisa kita manfaatkan untuk bertanya dan mendapatkan ilmu dari ustadz langsung. Fitur Umma selama momen Ramadhan ini apalagi, meningkatkan pengguna dalam beribadah sebulan penuh dengan berusaha mendapatkan kebaikan yang positif. Salut kepada anak bangsa satu ini, Mas Indra Wiralksmana. Jujur saya juga bukan muslim yang baik, tapi dengan adanya Umma ini saya bersyukur bisa lebih banyak diberikan kesempatan untuk belajar. Kamu udah download aplikasi Umma belum? Yuk belajar membaik bersama.


  • Share:

You Might Also Like

5 comments

  1. Makin banyak ya aplikasi agama yg bagus2 seperti ini.akupun sejak ada aplikasi ini, jd install juga di hp, trutama sekali features Alquran nya sangaaaat membantu sekali untuk ttp rajin baca Alquran. Kalo dulu pake alasan lupa bawa Alquran, berat Krn besarlah, sekarang udh ga bisa beralasan gitu. Toh tinggal install dan hp pasti selalu dibawa kemanapun :)

    Ntr aku cek aplikasi umma ini mba. Sbnrnya aku udh install aplikasi lain yg berkaitan agama, tp ga ada salahnya membandingkan dulu. Lebih bagus yg mana, itulah yg nanti dipake :)

    ReplyDelete
  2. Aplikasi ibadah seperti ini wajib ada di smartphone kita. Biar bisa terus dibaca, terutama saat santai.

    ReplyDelete
  3. Oh ini apps lahir untuk membimbing menjalankan Ramadhan selama di rumah aja, baru tahu aku,, mana ada Q n A nya soalnya di aplikasi serupa fitur Q n A suka ga ada, bisa nih di coba

    ReplyDelete
  4. maasyaallah sekarang ada aplikasi yang memudahkan kita buat belajar ilmu agama islam

    ReplyDelete
  5. Wah, sekarang ada aplikasi2 bermanfaat spt ini ya. Jd even kt dirumah aja ttp bisa belajar dan beribadah. Jd masa isolasi kt bermanfaat.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat