Fungsi Internal Link dalam Sebuah Website atau Blog

By Nyi Penengah Dewanti - Tuesday, April 28, 2020



Fungsi Internal Link dalam Sebuah Website atau Blog - Dalam dunia ngeblog, pasti suatu saat kita akan mengenal yang namanya 'internal link' dan belajar untuk mengetahuinya lebih dalam. Dahulu saya juga cuek bebek mengenai internal link ini, tapi semakin saya memahami dunia blog ternyata internal link ini penting.


contoh internal link cara membuat internal link yang baik outbound link adalah teknik silo seo contoh website internal contoh link internal dan eksternal simpel link daftar di link deskripsi cara membuat link membuat link php pindah halaman



Salah satu strategi dalam membangun blog atau website yang bagus dalam peringkat mesin pencari google, adalah dengan menggunakan internal links. Yok, kenalan dengan internal link.

Internal link ialah sebuah link dari satu halaman website atau blog, untuk menuju halaman lain di dalam website atau blog yang sama. Di mana isi dari internal link ini masih saling berhubungan.

Contoh internal link misalnya saya menulis artikel, 'Keutamaan Bulan Ramadhan dibandingkan Bulan-bulan Lainnya', kemudian saya menaruh internal link di postingan ini yang berkaitan dengan postingan lain, seperti 'Pengertian Puasa dan Hikmah Puasa'. Postingan ini sama-sama membahas bulan Ramadhan, yang erat kaitannya dengan berpuasa sebulan lamanya.


Contoh website internal link lainnya seperti pada postingan, 'Pengalaman Cara Upgrade OVO Premium', saya memberikan internal link kepada postingan lainnya dengan judul 'Cara Trasfer OVO ke Rekening Bank' dalam blog nyipenengah (dot) com. Kedua artikel ini sama-sama berhubungan, membahas soal aplikasi OVO dan manfaat penggunaannya.

Paham kan sampai di sini? Mengapa hal ini perlu? Adalah  membantu crawl Google, dalam menjelajah halaman blog atau website milik kita. Internal link ini juga membuat pengunjung yang datang ke web atau blog kita, mudah menemukan informasi terkait postingan lain yang masih satu tema. Ujung-ujungnya visitor atau pembaca, jadi betah berlama-lama mengakses blog kita. Internal link ini penting banget untuk meningkatkan SEO (Search Engine Optimization), pada blog atau website yang kita kelola.


contoh internal link cara membuat internal link yang baik outbound link adalah teknik silo seo contoh website internal contoh link internal dan eksternal simpel link daftar di link deskripsi cara membuat link membuat link php pindah halaman


Apa sih manfaat Internal Link?

Tujuan internal link sendiri agar memudahkan mesin pencari, saat menjelajah dan mengindeks semua halaman di blog kita secara keseluruhan. Selain itu apa sih manfaat lainnya dari internal link sebenarnya? Yuk intip

Membuat Pembaca Betah Berlama-lama di Blog Kita

Misalnya saya nih, lagi butuh artikel tentang bagaimana cara biar cepat hamil. Otomatis saya mencari website yang menulis hal demikian, kemudian dalam website tersebut ada anchor text link yang berhubungan soal kehamilan yang lain pasti kan bikin pengen baca juga. Hal inilah yang membuat adanya internal link penting.

Pembaca yang betah berlama-lama di blog kita, otomatis akan membuat tingkat bounce rate sebagai metrik blog kita bagus. Tapi kalau sebaliknya, pembaca cepat meninggalkan blog itu berarti Google akan menganggap, blog kita nggak bermanfaat buat pembaca yang bisa menurunkan blog kita di mesin pencari Google. Sayang banget kan?

Meningkatkan SEO blog menjadi Bagus

Rajin membuat internal link di dalam blog, otomatis membuat spider mesin pencari akan menjelajah dengan cepat. Dengan adanya internal link, dalam setiap postingan ke halaman lain akan berimbas kepada nilai SEO di blog kita. Saya sudah memberikan contoh di atas tadi, yang penting relevan postingannya.

Membuat Konten Lama jadi Naik Kembali

Setiap hari kita menulis artikel, pasti artikel yang lama akan tertumpuk atau bahkan tidak diaskses lagi. Tapi dengan membuat internal link pada postingan baru milik kita, akan membuat konten yang lama ikut terbaca. Konten yang lama pun, ditambahkan internal link dengan artikel yang baru. Tapi ingat yang satu tema ya. Misal membahas soal bisnis masker, postingan yang lain dibuat cara merawat masker agar tahan lama. Kan saling berkaitan itu, satu asma lain.

contoh internal link cara membuat internal link yang baik outbound link adalah teknik silo seo contoh website internal contoh link internal dan eksternal simpel link daftar di link deskripsi cara membuat link membuat link php pindah halaman



Yang Perlu diperhatikan dalam Membuat Internal Link


  • Saat membuat internal link ke halaman yang saling berkaitan, buatlah dengan sewajarnya. Hindari berlebihan.
  • Pilih anchor text yang berfariasi, jangan yang semuanya sama. Tapi ingat, disesuaikan dengan halamannya. 
  • Lakukan dengan rapi, dan teratur agar postingnnya menjadi baik dan enak dibaca.


Selamat menulis blog dan membangun internal link! Tidak ada kata terlambat untuk memulai, saya pun sedang belajar membangun internal link pelan-pelan dalam blog ini. Mari berlajar bersama, salam!



Sumber gambar :

Google
canva

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat