Atasi Kecanduan Media Sosialmu dengan Cara Ini

By Nyi Penengah Dewanti - Wednesday, April 29, 2020



Atasi Kecanduan Media Sosialmu dengan Cara Ini - Media sosial, sangat dekat dengan setiap orang. Terlebih dalam era media sosial ini, hampir semua orang memiliki media sosial untuk berinteraksi. Bahkan ada yang malas mengangkat telepon, dan lebih memilih melakukan chatting. Teknologi media sosial memang membawa pengaruh yang kuat, seseorang bersosialisasi maupun berkomunikasi.

solusi masalah media sosial penyebab dan solusi untuk mengatasi persoalan media sosial penyebab kecanduan sosial media cara mengatasi penyalahgunaan media sosial kecanduan media sosial apa dampak media sosial bagi kehidupan penyebab media sosial menghindari sosial media argumentasi tentang media sosial permasalahan media sosial penyebab penyalahgunaan media sosial artikel media sosial


Seperti Facebook, twitter dan instagram sekarang hampir segala usia menggunakannya. Dari anak-anak sampai dengna orang tua, tapi hati-hati untuk bijak dalam menggunakan media sosial.

Cara Mengatasi penyebab kecanduan sosial media


Bangun interaksi dan sosialisasi di dunia nyata


Tidak ada yang bilang salah jika melakukan komunikasi melalui media sosial, apalagi kepada teman kita yang jauh. Dan kebutuhan dalam bekerja di era milenial sekarang ini, tidak hanya harus ngantor tapi lebih sering berada di luar kantor.

Tapi bermain media sosial sebaiknya ala kadarnya saja, untuk kebutuhan yang misalnya harus melakukan pekerjaan, untuk kepentingan usaha dan lain sebagainya. Jangan sampai menggantungkan diri dengan berkomunikasi di media sosial seutuhnya. Lebih baik bangun interaksi di dunia nyata, karena kita bisa ketemu langsung dengan lawan bicara kita.

Melakukan kegiatan lainnya

Menggunakan media sosial sah-sah saja, apalagi buat orang-orang yang bekerjanya di dunia digital marketing. Tapi buat kamu yang intovert, sering memilih berada di belakang layar. Jangan melulu bermain media sosial, hal ini bertujuan agar dirimu bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan lainnya.

Misalnya seperti melakukan olahraga, berkumpul dengan keluarga, berkebun, dan lain sebagainya. Jadikan media sosial sebagai hiburan, jangan bergantung berjam-jam.


solusi masalah media sosial penyebab dan solusi untuk mengatasi persoalan media sosial penyebab kecanduan sosial media cara mengatasi penyalahgunaan media sosial kecanduan media sosial apa dampak media sosial bagi kehidupan penyebab media sosial menghindari sosial media argumentasi tentang media sosial permasalahan media sosial penyebab penyalahgunaan media sosial artikel media sosial


Membatasi dalam menggunakannya

Jika sudah mulai kecanduan, lakukan pembatasan diri. Misalnya pasang alarm untuk menyudahi, atau gunakan stopwatch untuk mengontrol. Karena media sosial, terkadang berbahaya. Kita harus bijak dalam menggunakannya, gunakan media sosial yang penting dan dibutuhkan saja. Jangan semuanya digunakan, karena semakin banyak waktu yang akan tersita. Orang-orang di sekitarmu butuh diperhatikan olehmu, misalnya seperti saya yang sudah memiliki suami. Jadi ya menggunakannya untuk kepentingan pekerjaan, dan interaksi membangun jaringan usaha serta ngeblog.

Mematikan notifikasi

Biasanya kalau saya sedang menulis, internet di handphone saya matikan. Agar saya lebih fokus menulis, kalau tidak notifikasi akan jalan terus. Hal itu membuat saya jadi terganggu dan menulis pun jadi tidak selesai. Apalagi kalau sedang ada job kerja, nah ini yang paling bahaya jadi waktu untuk mengerjakan tersendat. Hal yang paling bijak adalah dengan mematikannya.

Semoga cara mengatasi penyalahgunaan media sosial di atas, dapat memberikan sedikit saran dan masukan. Boleh jadi berikan reward terhadap diri sendiri, apabila telah sukses tidak kecanduan. Saya sendiri pun, sudah mulai membatasi. Biasanya kalau malam internet jalan, saya mulai mematikannya. Demi untuk kesehatan mata, apalagi saya sudah menggunakan kacamata dan untuk meregenerasi sel dengan baik saat tidur. Pancaran radiasi oleh ponsel kita, akan sangat berbahaya. Salam!

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat