Obyek Wisata Madura yang Menarik untuk Dikunjungi

By Nyi Penengah Dewanti - Monday, April 06, 2020


Obyek Wisata Madura yang Menarik untuk Dikunjungi - Sudah pernah berwisata ke Madura? Apa sih yang menarik dari pulau di wilayah Jawa Timur ini? Ternyata banyak loh destinasi wisata yang bisa dikunjungi dari ujung barat sampai ujung timur pulau Madura. Simak yuk obyek wisata Madura apa saja yang menarik untuk dikunjungi.


wisata madura sampang wisata madura sumenep paket wisata madura pantai di madura terdekat dari suramadu wisata kuliner madura tempat wisata di surabaya wisata budaya di madura tempat wisata hits tempat wisata di surabaya dan madura tempat wisata di malang tempat wisata terdekat tempat wisata di madura 2018


Jembatan Suramadu

Ya..jembatan yang menghubungkan pulau jawa dan pulau Madura ini telah menjadi daya tarik tersendiri. Sejak diresmikan penggunaannya pada tahun 2009, berbagai fasilitas di sekitar jembatan bisa dinikmati oleh pengunjung. Ada juga yang nekat berhenti di tengah jembatan untuk berfoto, padahal ini berbahaya lo. Karena kendaraan yang melintasi jembatan tersebut umumnya berkecepatan tinggi. Bila ingin berfoto sebaiknya di sisi akses menuju jembatan saja ya baik di sisi Madura maupun di sisi Madura..lebih aman dan sensasinya mirip lah dengan berfoto di San Fransisco sana… hehe

Bukit Jaddih Bangkalan


Madura memang didominasi kawasan berkapur. Termasuk Bukit Jaddih yang terletak di kabupaten Bangkalan ini. Kawasan ini merupakan bekas tambang batu kapur yang difungsikan juga sebagai tempat wisata. Ada kolam renang, ada banyak spot foto yang menarik dan kesannya alami. Aksesnya juga mudah, hanya beberapa menit saja setelah menyeberangi jembatan Suramadu.

Apakah menuju Bukti jaddih aman? Sejauh ini aman sih… selama tidak melakukan perjalanan sendirian dengan mengambil rute dan waktu yang memang ramai.

Air Terjun Toroan Sampang

Air terjun Toroan sampan ini mudah sekali aksesnya karena berada di tepi jalan raya Sampang-Pamekasan. Wisatawan cukup berjalan kaki beberapa menit saja sudah bisa menikmati keunikan air terjun Toroan. Apa sih uniknya? Air mengalir deras dari sungai langsung menuju lautan. Ya..jadi wisatawan bisa menikmati dua pemandangan sekaligus, air terjun dan pantai.


wisata madura sampang wisata madura sumenep paket wisata madura pantai di madura terdekat dari suramadu wisata kuliner madura tempat wisata di surabaya wisata budaya di madura tempat wisata hits tempat wisata di surabaya dan madura tempat wisata di malang tempat wisata terdekat tempat wisata di madura 2018


Kampung Wisata Toron Samalem Pamekasan

Tempat wisata ini juga bekas tambang batu kapur. Di Kampung Wisata Toron Samalem ini pengunjung bisa puas menikmati eksostisnya bentukan alam dengan perpaduan suasana ala Bali dan Lombok. Ada kolam renang juga yang bisa dinikmati, tapi tidak besar ya…


wisata madura sampang wisata madura sumenep paket wisata madura pantai di madura terdekat dari suramadu wisata kuliner madura tempat wisata di surabaya wisata budaya di madura tempat wisata hits tempat wisata di surabaya dan madura tempat wisata di malang tempat wisata terdekat tempat wisata di madura 2018


Goa Soekarno Sumenep

Madura ada Goa juga? Ada donk… nah Goa Soekarno yang terletak di kecamatan Pasongsongan ini bisa dinikmati pengunjung tanpa harus bersusah payah dan berkotor ria. Ya karena goa menyediakan akses yang mudah dan bersih khusus pengunjung, lengkap dengan tata cahaya dan spot selfie yang menarik.  Selain itu pengunjung juga bisa bersantai di café di dalam gua sambil menikmati life music.

Museum Keraton Sumenep

Museum Keraton Sumenep ini adalah satu-satunya wujud keraton di Jawa Timur loh..jadi pengunjung masih bisa melihat peninggalan sejarah di jaman kerajaan, seperti pendopo agung, kereta kencana, berbagai benda-benda bersejarah, juga taman sari.

wisata madura sampang wisata madura sumenep paket wisata madura pantai di madura terdekat dari suramadu wisata kuliner madura tempat wisata di surabaya wisata budaya di madura tempat wisata hits tempat wisata di surabaya dan madura tempat wisata di malang tempat wisata terdekat tempat wisata di madura 2018


Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung Sumenep yang terletak tak jauh dari museum keraton memang bagian penting dari sejarah. Masjid yang dibangun pada tahun 1700 an ini menjadi bukti terawatnya keragaman etnis dan budaya di Sumenep. Karena arsitekturnya bernuansa Eropa, China, dan Madura.

Masjid ini terbuka 24 jam jadi tak heran bila setiap harinya ribuan wisatawan datang ke tempat ini untuk tujuan beribadah maupun beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan wisata religinya.

wisata madura sampang wisata madura sumenep paket wisata madura pantai di madura terdekat dari suramadu wisata kuliner madura tempat wisata di surabaya wisata budaya di madura tempat wisata hits tempat wisata di surabaya dan madura tempat wisata di malang tempat wisata terdekat tempat wisata di madura 2018


Pantai Lombang Sumenep

Ini adalah pantai terindah di pulau Madura. Pantainya landai, luas, dan teduh. Cocok bagi wisatawan yang ingin bersantai-santai menikmati deburan ombak. Hutan cemara udang di sepanjang pantai membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di pantai Lombang.

Berkunjung ke pantai Lombang di pagi hari atau menjelang senja adalah waktu yang tepat. Masih penasaran dengan tempat wisata lainnya di Madura? Bisa kepoin nih di blog Dian Ekawati Suryaman. Banyak informasi wisata, budaya, dan kuliner Madura di blognya. Siapa tahu setelah badai Covid 19 ini berlalu… Aamiin kita bisa jalan-jalan ke Madura ya kan…?

  • Share:

You Might Also Like

17 comments

  1. aku belum pernah ke madura loh mba seumur-umur, pengen deh kesana, ada teman orang Madura asli, kalo cerita kayanya seru banget, sama Banyuwangi juga, pengen mampir kesana deh kapan-kapan.

    ReplyDelete
  2. aku belum pernah ke madura mba, aku penasaran pengen kesana ah kapan2, paling jauh aku tu ke malang, sidoarjo, surabaya sama batu doank di jatim tuh :)

    ReplyDelete
  3. Baru pernah ngelintasin jembatannya waktu ke surabaya. Ternyata banyak juga ya tempat wisata di madura

    ReplyDelete
  4. Baru pernah ke Madura sekali doang. Itu pun cuma nyebrang bentar buat beli bebek sinjai yang ternyata pe sana udah tutup. Habis itu langsung balik lagi deh. Sama sekali belum pernah menjelajah ke daerah wisatanya. Semoga next time bisa ke sana lagi.

    ReplyDelete
  5. aku belum perna ke madura mba nyii..
    wisata jatim yang pernah ku kunjungi cuma malang doang.. hehehe

    ReplyDelete
  6. banyak banget tempat wisatanya yang ketce ketce yah kak. Kapan kapan kalau aku ad rejeki bisa kesana aku nggak pusing lagi mo kemana soalnya tulisan kakak i i udah sangat membantu

    ReplyDelete
  7. Saya pengen bisa ke Madura, ke tempat-tempat itu Nyi. Andai kita bisa kopdar Ijoek ya 😍

    ReplyDelete
  8. Aku pernah ke Madura sekali tapi muter2 kotanya aja. Habis bingung, sepi. Ternyata banyak juga obyeknya ya. Ntar kalau kesana lagi bisa eksplor.

    ReplyDelete
  9. aahhh aku baru sampe jembatan Suramadu aja, trus mangkal di bebek sinjai karena waktu yang terbatas. Itu pun waktu itu diantar temen blogger jadul hahhaaa.
    Next ku balik lagi kesanaaa explore ahhh, yuk.

    ReplyDelete
  10. Aku dulu punya teman di Madura mbak tepatnya dari Sumenep dan cerita kalau di sana pemandangannya indah. Wah ternyata dapat ulasan ini dan jadi pengen banget kesana.

    ReplyDelete
  11. Pernah banget pas di jembatan suramadu berenti untuk foto tengah malem dong! Pengalaman waktu mau k Bromo bareng temen. Krn tau blm tentu akan lewat Suramadu lagi, dibela2in turun dan foto meskipun gelap hasilnya haha

    ReplyDelete
  12. Baru pernah ke Jembatan Suramadu ama Bukit Jaddih aja. Yang aku suka kalo ke Madura itu kulinernya sih.. Enak-enak!

    ReplyDelete
  13. Ya ampuuun jadi pengeen balik lagi deh ke sini.. terakhir ke Madura tahun 2003 cobaaa.. it was indeed fun

    ReplyDelete
  14. Aku belum pernah ke Madura nih... aku ga tau banget soal Madura kapan2 pengen juga menjelajah Madura...kayaknya asik nih..

    ReplyDelete
  15. Bagus-bagus ya ternyata obyek wisata yang di Sumenep. Dari list di atas baru sedikit yang tau nih. Kalau Air Terjun Toroan udah pernah ke sana. Unik memang air terjunnya langsung ketemu dengan laut.

    ReplyDelete
  16. pantainya cukup ciamik. ya semoga wabah ini segera berakhir jadi bisa liburan lagi..

    ReplyDelete
  17. wih, kalau sudah bisa beperrgian, akan kumasukkan dalam wishlist deh ini, keren banget ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat