Bagaimana Cara Menentukan Topik untuk Blog

By Nyi Penengah Dewanti - Friday, February 28, 2020



Bagaimana Cara Menentukan Topik untuk Blog - Seringkali teman-teman yang dekat dengan saya, saya racuni untuk ngeblog juga. Karena mereka sering bilang, hidupku yang katanya enak soalnya mereka sering lihat saya jalan-jalan terus. Saya bilang, karena hobi saya menulis blog.


topik blog yang menarik tema blog yang menarik blog menarik untuk dikunjungi contoh blog sederhana judul blog yang menarik blog topik topik blog yang paling banyak dikunjungi contoh blog pribadi


Hal yang paling saya sarankan ketika kalian pengen membangun sebuah blog, tentukan dahulu topik blog yang ingin kita punya. Topik merupakan inti utama dari seluruh tulisan kita yang ingin disampaikan, kepada pembaca. Topik bisa berarti juga tema blog, misalnya blog kendeldolan.com, topiknya mengambil seputar traveling dan blog yang bagus justru berkutat hanya pada satu topik lho! Mengapa? Karena blog kita bisa dijadikan blog rujukan oleh orang-orang.

Topik blog sangat berpengaruh terhadap konten di dalam blog. Taruhlah topik seputar traveling, blog tersebut pasti akan membahas dunia traveling dengan segala keseluruhannya. Bisa jadi tidak hanya membahas perjalanan saja, tapi bisa segi kulinernya, budayanya dan lain sebagainya yang masih bisa masuk dalam satu topik.

Bagaimana Cara Menentukan Topik Blog

                         
topik blog yang menarik tema blog yang menarik blog menarik untuk dikunjungi contoh blog sederhana judul blog yang menarik blog topik topik blog yang paling banyak dikunjungi contoh blog pribadi


“Kalau aku punya blog enaknya milih topik apa ya?”

“Ada rekomendasi nggak aku harus nulis blog, dengan tema apa?”

Buat kalian yang bingung, bisa banget kalian memulai dengan cara pertimbangan sebagai berikut :

Pilih topik blog yang sesuai dengan pekerjaan

Misalnya kita adalah seorang dokter. Buatlah blog dengan tema kesehatan. Pas punya waktu luang, menulislah hal-hal tentang hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan. Contoh lain, kamu seorang chef, bagikanlah hal-hal seputar memasak dengan tipsnya di blog. Gampang kan? Lha wong, semuanya sudah kita kuasai.

Pilih topik blog yang sesuai dengan hobi

Kita demen banget baca, atau kita suka nonton drama korea. Bisa banget cerita tersebut ditulis dan dibagikan ke dalam sebuah blog. Hobi mancing, hobi dandan, hobi otomotif dan lain sebagainya. Mudah ya kan?


topik blog yang menarik tema blog yang menarik blog menarik untuk dikunjungi contoh blog sederhana judul blog yang menarik blog topik topik blog yang paling banyak dikunjungi contoh blog pribadi


Pilih topik blog yang sesuai dengan usaha

Tidak harus yang suka nulis itu harus ngeblog kok, misalnya kalian yang berkecimpung di dunia usaha atau bisnis. Bisa juga lho membuat blog untuk produk usahanya. Misalnya jualannya aksesoris, target marketnya pasti wanita ya kan? Nah, bisa nih blognya dituliskan hal-hal yang berkaitan dengan dunia wanita.

Masih banyak pilihan topik blog lain yang bisa diangkat, nggak jadi soal sih sebenarnya mau blog dengan topik apa. Yang paling penting adalah, berkomitmen, konsisten dan presisten. Berkomitmen untuk membangun terus, seperti niat diawal yang mengebu-gebu ingin berbagi. Konsisten berkelanjutan dan presisten harus berkembang dan mengalami peningkatan. Kepengannya dijadikan blog otoritas (rujukan), tapi nggak menjaga kualitas, ya nggak jadi dong. Iya nggak? Jadi persembahkan artikel yang terbaik untuk pembaca.

Sudah punya bayangan mau membangun blog dengan topik apa? Langsung eksekusi saja. Salam!


  • Share:

You Might Also Like

6 comments

  1. Saya masih tidak konsisten menulis. Masih meraba-raba topik apa yang kira² akan membuat saya makin bersemangat ngeblog, pernah menulis tentang topik yang sesuai pekerjaan dan hobi tapi pasarnya sedikit 😁

    Sekarang isi blog saya topiknya random, ya topik apa pun bisa dimuat. Tapi kebanyakan menulis tentang blogging dasar, sharing pengalaman saja khususnya untuk teman baru yang masih belajar ngeblog.

    ReplyDelete
  2. Ada banyak ide sebenarnya ya untuk topik di blog. Kalo saya sih pilih nieche "lifestyle" aja biar aman. Jadi semua topik bisa masuk sesuai dengan gaya hidup saya, ya traveling, parenting, activity dan sebagainya.

    ReplyDelete
  3. Gitu ya, saya juga belum ada topik khusus nih. Blogging ala ala jadinya apa aja yang terlintas di pikiran.

    ReplyDelete
  4. Topik blog menurutku paling banyak emang masih cara membuat blog, beauty sama fashion. Hal yang cenderung kebanyakan di browsing wanita pada umumnya.

    ReplyDelete
  5. Yes. Topik sesuai hobi biasanya lbh menyenangkan dan ga bkn bosen, coz bisa sekalian have fun sama yg kt kerjain yaaaa.

    ReplyDelete
  6. hobinya patah hati jadilah topik blognya isinya curhatan mulu, hihi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat