MENU

Sunday, 29 December 2019

Enduro Merk Oli Motor Terbaik di Indonesia Sahabat Kesayangan Motor Maticku



Enduro Merk Oli Motor Terbaik di Indonesia Sahabat Kesayangan Motor Maticku - Tidak hanya manusia yang memiliki sahabat, ternyata motor matic kesayanganku juga memiliki sahabat yang melengkapi kebutuhannya. Adalah Enduro, merk oli motor terbaik 4 tak buatan dari Pertamina.


oli motor terbaik untuk honda oli motor termahal oli motor terbaik untuk yamaha merk oli motor terbaik di dunia merk oli motor 4 tak terbaik oli motor matic terbaik oli motor yamaha daftar harga oli motor 2019


Seperti halnya kita yang membutuhkan kasih sayang, demikian juga kendaraan butuh perawatan agar tetap awet dan selalu nyaman ketika dikendarai. Karena motor termasuk alat transportasi yang menemani kemanapun saya pergi, jadi penting banget untuk dijaga dengan baik.

Berbicara soal oli motor atau cairan pelumas ini, tidak bisa dipisahkan dari sepeda motor karena termasuk bagian pentingnya. Seperti halnya dengan bahan bakar, oli mempunyai kegunaan yang paling krusial dari kinerja sebuah mesin agar mampu bekerja dengan optimal.


Mengenal Dunia Otomotif setelah Punya Motor Sendiri


Kalau dulu waktu masih sekolah tahunya soal motor itu ya kalau sudah diisi bensin, itu motor sudah bisa jalan. Tapi semenjak saya memiliki motor sendiri, ternyata motor tidak hanya cukup diisi bensin. Namun, dibutuhkan perawatan juga setiap bulan sekali, apalagi motor yang saya miliki adalah matic. Harus lebih rajin lagi perawatannya, kalau tidak ya nanti salah satunya masalah yang terjadi tidak bisa distater. Untuk motor yang bergerigi saya masih bisa mengatasi, kalau akinya habis karena cukup dipancal. Berbeda dengan matic, lebih repot harus menarik standar tengahnya dahulu baru bisa dipancal.



Motor matic memang sih jauh lebih mudah dalam pemakaiannya, cukup distater doang bisa jalan. Dia mengandalakan gasnya, semakin kita menarik gasnya kencang semakin cepat pula jalannya tanpa perlu mengganti gerigi. Nah, masalahnya motor matic ini lebih kerasa banget kalau bermasalah. Misalnya pas ditarik gasnya nggak bisa cepet jalan, berarti dia ada kendala, suaranya kalau sudah berubah lebih kasar, berarti ada masalah, stelannya kalo sudah berat berarti dia sedang tidak beres dan saatnya membawanya ke bengkel.

oli motor terbaik untuk honda oli motor termahal oli motor terbaik untuk yamaha merk oli motor terbaik di dunia merk oli motor 4 tak terbaik oli motor matic terbaik oli motor yamaha daftar harga oli motor 2019


Biasanya ada dua hal yang membuat motor matic kembali enak dikendarai, pertama dengan melakukan service dan yang kedua dengan mengganti oli dengan rutin. Iya kalau ada mas saya atau suami, bisa minta tolong mereka kalau ada kendala eh ... tapi gimana pas mereka nggak ada? Penting banget saya mengetahui seluk beluk motor, bersyukur semenjak punya motor sendiri saya jadi cukup mengerti tentang dunia otomotif.


Belajar Memahami Oli Motor Matic


Jenis-jenis oli motor di Indonesia ini sangat banyak macamnya, harga oli motor juga bervariasi yang mana masing-masing pasti menawarkan keunggulannya sendiri-sendiri. Masalahnya dalam memilih oli kita tidak boleh sembarangan gengs, kalau tidak cocok dengan motor kita bisa menimbulkan kerusakan. Efek paling buruknya, soal oli yang tidak cocok ini bisa membuat motor kita jadi turun mesin. Bahaya ya kan?

Mari kenali sedikit soal fungsi oli untuk kendaraan kita :

  • Oli membuat mesin-mesin kendaraan mampu bergerak dengan semestinya melakukan gesekan
  • Oli dapat menciptakan cooling agent dalam ruang mesin kendaraan
  • Oli akan mengurangi karat yang terjadi pada motor
  • Oli akan melindungi wearing, pada permukaan elemen-elemen motor agar tidak terjadi korosi atau berkarat


oli motor terbaik untuk honda oli motor termahal oli motor terbaik untuk yamaha merk oli motor terbaik di dunia merk oli motor 4 tak terbaik oli motor matic terbaik oli motor yamaha daftar harga oli motor 2019


Nah, beberapa fungsi oli di atas akan membuat kendaraan kita tetap terjaga keamanannya jika rutin melakukan ganti oli. Yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi oli yang akan kita gunakan, merawat kendaraan itu sendiri.

Atas rekomendasi langganan bengkel suami, kami menggunakan Enduro Syntetic Force Matic - G 20W-40 dengan Api Service SL JASO MB 0.8L. Yang paling disukai setelah menggunakan Enduro oli motor ini, suara yang dihasilkan setelah diaplikasikan itu lebih halus dan tidak menyebabkan suara bising. Kan ada tuh motor matic yang kalau jalan, dia bunyi mesinnya itu keras banget.


Kelebihan yang dimiliki Oli Motor Terbaik Enduro


Seringnya yang terjadi ketika kita service atau ganti oli, kita tidak mau tahu apa yang digunakan olinya. Yaudah, semuanya diserahkan kepada bengkel. Padahal yang baik, adalah kita juga perlu mengetahui service apa saja yang sudah dilakukan oleh orang bengkel dan oli apa yang digunakan. Agar tidak gonta-ganti, karena sekali mesin kendaraan cocok sebaiknya olinya ya gunakan yang sudah cocok tersebut. Misalnya seperti si Betty milik saya, kalau sudah make Enduro yang Enduro aja terus. Kecuali pas tidak ada.

  • Sudah diakui kelebihan yang dimiliki oleh Enduro, oli idola kendaraan ini mempunyai kualitas yang bukan kaleng-kaleng. Enduro memiliki kekentalan yang baik, untuk digunakan pada mesin motor.
  • Pertamina Enduro merupakan salah satu oli motor terbaik terbaik di Indonesia, karena mengandung moly adittive yang bisa mengurangi gesekan ketika temperaturnya dengan kecepatan tinggi.
  • Enduro mampu menjaga mesin motor dalam keadaan yang tetap bersih
  • Enduro juga melindungi mesin-mesin motor dalam keadaan yang tetap baik dan jauh dari aus yang berbahaya
  • Enduro sanggup memaksimalkan efisiensi bahan baku motor. Apalagi Pertamina Enduro ini sudah mengantongi Asi SL dan JASO MB, yang mana merupakan badan klasiikasi oli berkualitas bagus.
  • Enduro bisa digunakan oleh jenis kendaraan matic apapun.


oli motor terbaik untuk honda oli motor termahal oli motor terbaik untuk yamaha merk oli motor terbaik di dunia merk oli motor 4 tak terbaik oli motor matic terbaik oli motor yamaha daftar harga oli motor 2019



Harga Oli Motor Terbaik Enduro di Indonesia



Biasanya kalau sekadar ganti oli doang, saya kena cash Rp 50.000,- ini sudah plus masang olinya. Tapi tidak masalah juga kalau hanya beli olinya, lantas di rumah mau diganti sendiri. Karena produk Pertamina Enduro ada beberapa macam, berikut referensi soal harga oli motor untuk anda :

  • ENDURO MATIC-G 20W-40 (0.8 liter) memiliki harganya Rp. 32.500,-
  • ENDURO MATIC 10W-30 (0.8 liter) memiliki harganya Rp. 55.000,-
  • ENDURO MATIC-G 20W-40 (0.8 liter) memiliki harganya Rp. 33.500,-
  • ENDURO MATIC 10W30 (1 liter) memiliki harganya Rp 55.000,-
  • ENDURO MATIC-G 20W-40 (0.8 liter) memiliki harganya Rp 38.000
  • ENDURO MATIC-G 20W-40 (1 liter) memiliki harganya Rp. 48.000,-
  • ENDURO MATIC-G 20W-40 (0.8 liter) memiliki harganya Rp. 33.500
  • ENDURO Oli Gear (120 ml) memiliki harganya Rp. 58.000,-


Kalau saya sendiri sudah memercayakan pemilihan oli motor matic kesayangan, kepada Enduro. Kualitasnya sudah jaminan, harganya sangat terjangkau, dan mudah untuk didapatkan. Nah, teman-teman mulai sekarang rawat dan jaga kondisi motor dengan hati-hati ya? Terlebih oli motor yang digunakan, haruslah oli motor yang terbaik, oke!





Daftar pustaka : 

Artikel dan foto dokpri

24 comments :

  1. waah aku sebagai pengguna gojek nggak ngrti oli olian.. Nanti kalau udah punya motor sendiri musti rajin servis dan belajar tentang oli gini juga deh :D

    ReplyDelete
  2. Si Betty ini yang dibawa ke mana-mana ya sama Nyi, kalo nge-job dll. Pantesan tangkas ya karena pake oli berkualitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iya bun, kadang di Jupi juga. Jupi di Pemalang, kalo Betty di Kendal

      Delete
  3. Kendaraan tuh bisa dibilang bagaikan belahan jiwa kita, ya. Apalagi kalau pakainya yang itu-itu lagi. Pasti naluri kita bisa merasakan saat terjadi sesuatu, nggak nyaman dikendarai, berat, nah pertanda mesti dibawa ke bengkel. Selain tanda-tanda seperti itu, tentunya kita juga sudah otomatis paham juga kebutuhan si belahan jiwa ini, termasuk kebutuhan akan oli dan pemilihan oli terbaik buatnya.

    ReplyDelete
  4. Sebagai sahabat yg sangat membantu memperlancar aktivitas kita, memang kita tak.boleh abai dalam merawat motor kesayangan kita ya Nyi. Dan Enduro ini memang salah satu produk Pertamina yg kualitasnya sudah terbukti!

    ReplyDelete
  5. Enduro ini banyak varian ya, cocok juga untuk matic yg kadang makin lama, mesin makin berisik kalau nggak tepat perawatanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren ya Mba Sari. Dia variannya banyak banget jadi ngepasin kita butuhnya apa

      Delete
  6. Wahhhh, oli nya sebagus ini kah mba? Mmm aku bakal info ke palsu nih biar menjadi recomend oli andalan si motor di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Rasul apik, bagus untuk motor. Disesuaikan aja sama motornya apa ini kan matic kalo yang model bergigi ada juga

      Delete
  7. Baru tau fungsi oli yang lengkapnya pas baca ini. Aku awam banget nih mba, maklum belom lancar naik motornya. Jadi kalau service apakah harus ada jadwalnya mba? Atau kalau ada masalah mesinnya baru service?

    Oiya salam buat si Betty ya. Hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Laras, semoga bisa segera lancar bawa motor sendiri ya hehehe
      aku jadwal sebulan sekali Mba Laras. Biar aman dan greng kalo dibawa-bawa.

      Delete
  8. Menurut daku sesuai antara harga dan kualitasnya, karena enduro menjaga mesin motor tetap terjaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba Fenn ada harga ada kualitas dan kita sebagai pengguna motor setidaknya harus tahu mana oli dan perawatan yang tepat untuk motor kta.

      Delete
  9. Betul kak, banyak orang melakukan ganti oli namun tak memperhatikan oli yang pas dengan kebutuhan. Enduro sudah jadi pilihan tepat nih

    ReplyDelete
  10. Keren juga ni olinya. Barangkali nanti bisa di coba untuk kendaraan aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mba Sell siapa tahu cocok juga buat kendaraannya dan betah makenya

      Delete
  11. Kata pak suami, oli motor yang bagus bakalan bikin mesin bertenaga cihuy....pokoknya memang kudu rajin ngecek oli ya Nyi, biar motor tetap perkasa hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli mba Sall ini bisa ngebut hemat waktu pula jadinya kalo ngebjob hahaha

      Delete
  12. Baca tulisan dan sharingnya aku jadi kepengen coba nih pake oli fastronnya... Makasih share infonya ya kka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ini aku make Enduro wkkwkw bukan yang fastron meski sama2 pertamina Kakak
      hayo!

      Delete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat