MENU

Thursday, 21 November 2019

Pelatihan Membuat Toko Online di Marketplace Bersama Peserta PLUT-KUMKM Kabupaten Kendal



Pelatihan Membuat Toko Online di Marketplace Bersama Peserta PLUT KUMKM Kabupaten Kendal - Perubahan gaya hidup masyarakat milenial, dan semakin mudahnya akses internet di berbagai daerah membuat pertumbuhan ekonomi semakin berkembang. Dahulu masyarakat Indonesia kalau melakukan transaksi jual beli ya ketemuan, harus tatapan muka. Tetapi sekarang tidak perlu lagi, pembelian melalui online semakin marak dan ramai.





Banyak marketplace bermunculan dan dimanfaatkan oleh pelaku usaha, membuat toko online guna meraup untung. Menangkap peluang tersebut, PLUT-KUMKM Kabupaten Kendal menyelenggarakan pelatihan UKM Go Digital agar masyarakat Kendal semakin melek digital dan bisa memasarkan produknya semakin luas. Karena berjualan online di marketplace jangkauannya tidak hanya di sekitar, tetapi juga bisa sampai ke penjuru Indonesia bahkan mancanegara.


Pelatihan Membuat Toko Online di Bukalapak, Tokopedia dan Shopee


Selain hobi menulis, saya juga hobi jualan dan kebetulan aktif berjualan di beberapa marketplace. Hal inilah yang membuat kerjasama dengan PLUT-KUMKM Kabupaten Kendal memberikan titik temu. Oleh Bu Dewi, saya diminta untuk sharing bagaimana membuat toko online dan memaksimalkan untuk para peserta yang berkecimpung dalam usaha mikro kecil menengah di Kabupaten Kendal.



Dibantu oleh mas suami kami bekerjasama, memberikan pelatihan berjualan online. Pertama kami memberikan materi, kedua kami bersama langsung praktik. Dari bagaimana membuat email, membuat akun, cara upload produk, mengisi deskirpsi dan membagikan postingan ke media sosialnya.

Alhamdulillah peserta sangat antusias, dan bersemangat belajar membuat toko online. Kendala masalah hanya pada bagian deskripsi dan judul, teman-teman bingung bagaimana membuat deskripsi yang baik. Saya pun mencontohkan untuk melihat kompetitor bisnisnya, dan belajar ATM (Amati Tiru Modifikasi) dari hal yang sudah ada guna memudahkan untuk merangkai kata.



Masalah lain timbul karena, kebanyakan para pelaku UKM di Kendal sibuk untuk produksi. Waktu untuk mengelola toko onlinenya yang belum ada. Tapi alhamdulillah setidaknya saya merasa sangat lega, teman-teman sudah bisa membuat toko online dan upload produk dengan baik. Saya juga membuka kesempatan kepada teman-teman untuk tidak malu-malu, menghubungi saya menanyakan hal yang belum diketahui atau masih bingung. Berbagi memang selalu menyenangkan ya?


plut-kumkm plut-kumkm diy jalan hos cokroaminoto tegalrejo kota yogyakarta daerah istimewa yogyakarta plut-kumkm diy plut kumkm cianjur plut kumkm adalah plut kumkm provinsi riau plut kumkm tulungagung plut kumkm padang plut kumkm sulsel plut kumkm kabupaten sukabumi sukabumi jawa barat plut kumkm kendal



Terima kasih sekali lagi kepada bu Vivin, atas kesempatannya berbagi. Bu Dewi yang mengatur segala halnya dan juga seluruh pengelola PLUT-KUMKM. Mari berkarya, berprestasi dan mengedukasi masyarakat Kendal untuk kemajuan bersama. Salam. (*)

No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat