MENU

Tuesday, 1 October 2019

Resep Doclang Sederhana | Makanan Khas Bogor



Resep Doclang Sederhana | Makanan Khas Bogor - Di dalam hidup ini kata motivator ada dua hal yang bisa kita pilih. Menjadi pribadi biasa atau luar biasa. Kalau menjadi pribadi yang biasa saja, maka kita hanya menjadi pengikut (follower) tanpa ada tantangan hidup. Tapi kalau kamu memilih menjadi pribadi yang luar biasa, maka bersiaplah menghadapi tantangan, cobaan dan tunggu hasil akhirnya.


bahan bumbu doclang ciri khas doclang doclang khas bandung daun patat komposisi doclang kandungan gizi doclang resep doclang sapi lontong doclang


Tahun 2019 ini @nutrisibangsa memberikan challenge untuk membuat jajanan khas Bogor. Mengapa Bogor? Karena sahabat akan ditemani #JelajahGizi jalan-jalan di Kota Bogor selama 3 hari 2 malam bareng kak Sendy Wilson pemilik akun @ajakmakan, bagi yang terpilih.

Karena belum pernah wisata kuliner di Bogor, saya jadi tertantang nih untuk membuat resep 'Jajanan Khas Kota Hujan'. Setelah browsing sana-sini, saya memutuskan membuat Doclang. Pertama, karena mudah. Kedua karena mirip dengan tahu campur kalau di Jawa. Nah ini dia resep yang saya gunakan, siapa tahu kamu ingin bikin juga.


Bahan-bahan membuat Doclang :


Lontong / Kupat
Tahu goreng / rebus
Telur rebus
Kentang rebus
Taoge rebus
.
Bahan sambel kacangnya:

Kacang tanah yang sudah digoreng
Gula merah
Cabe sesuai selera
Bawang putih
Kecap
Air

bahan bumbu doclang ciri khas doclang doclang khas bandung daun patat komposisi doclang kandungan gizi doclang resep doclang sapi lontong doclang



Cara Membuat Doclang dengan sederhana :


Tumbuk halus dahulu sambel kacangnya, dengan menggunakan cobek dan ulekan.
Berikan air dan kecap, untuk mengencerkannya.
Iris lontong, kentang, telur dan tahunya.
Tata secantik mungkin di atas piring, dengan menambahkan taoge rebusnya.
Terakhir siram dengan sambal kacang dan sajikan.

            Kalau dipikir-pikir, seru juga ya membuat makanan dari daerah lainnya. Meski belum pernah incip sebelumnya, dan ternyata kita bisa membuatnya. Memang ya alasan terbesar kita bisa melakukan sesuatu karena adanya kemauan untuk belajar dan niat. Belajar tidak melulu harus di bangku sekolah ya kan? Belajar bisa darimana saja dan segala tempat, seperti kita yang mau belajar hanya dari sebuah dapur rumah. Jadi makin semangat deh, mencoba hal-hal baru. Terima kasih kepada @nutrisibangsa yang sudah memberikan tantangan untuk mencoba hal baru dan menjaga kesehatan dari sebuah hidangan makanan. (*)


No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat