MENU

Monday, 26 August 2019

Kulineran Nasi Kapau Jakarta



Kulineran Nasi Kapau Jakarta - Dari Stasiun Pasar Senen saya dan Zain dijemput sama Doel, iyes! Dia lagi, yang kali ini bakalan memenuhi postingan blog saya hahaha ... super hero kami malam itu. Berangkat pukul 14.00 WIB dari Stasiun Pekalongan, sampai di Stasiun Pasar Senen pukul 20.15 WIB. Selama di perjalanan saya hanya minum, meski membawa bekal roti tapi malas untuk menyantapnya yang akhirnya dihabiskan oleh Zain yang kelaparan.


harga nasi kapau nasi kapau terdekat gambar nasi kapau nasi kapau jakarta nasi kapau di bogor nasi kapau cibubur nasi kapau surabaya nasi kapau di semarang



"Cari makan dulu yok!" Ajak Zain kepada Doel karena kelaparan. Doel yang langsung sigap mengajak jalan kami ke arah kiri menuju deretan penjaja makanan yang menjamur di depan Stasiun Pasar Senen.

"Jangan makan di sini, makan di sebelah sana aja, ada nasi Kapau. Enak!" Ucap Doel, penuh keyakinan yang aku pastikan pasti beda dari makanan yang lainnya. Tapi busyet, jalananya cukup lumayan jauh juga di bawah flyover.


Mengenal Nasi Kapau untuk Kali Pertama

Sekilas mirip dengan nasi padang, ternyata berbeda lho nasi kapau ini. Mungkin bagi masyarakat Sumatera Barat sana, gampang mengenali kedua makanan itu, tapi bagi kita yang bukan berasal dari Minang pasti harus memakan beberapa kali dahulu untuk tahu perbedaannya.



harga nasi kapau nasi kapau terdekat gambar nasi kapau nasi kapau jakarta nasi kapau di bogor nasi kapau cibubur nasi kapau surabaya nasi kapau di semarang


Awalnya saya mengira Doel ngajakin makan nasi padang, eh ternyata nasi kapau. Judul nasi kapau juga tertulis di kaca etalase, lauk pauk yang tersaji. Pas masuk ke dalam, saya bisa melihat langsung berbagai lauk yang ditawarkan. Beragam jenis dan bingung mau milih yang mana, pilihan rendang sapi dan sayur seperti biasa waktu makan nasi padang menjadi pilihan. Zain juga memilih rendang, sementara Doel pilih gulai. Entah gulai apa yang dimakan, saya tidak sempat bertanya dan baru saya tahu kalau gulai yang dimakan Doel termasuk best seller menunya. Nyesel deh nggak nyoba, kapan-kapan wes saya coba lagi hahaah ... kalau main ke Jakarta.

Nasi Kapau menurut wikipedia merupakan nasi rames khas nagari Kapau, Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Jauh juga ya? sampai di Jakarta nasi Kapau begitu terkenalnya di Jalan Kramat Raya dan saya baru tahu kemarin karena diajakin Doel.

harga nasi kapau nasi kapau terdekat gambar nasi kapau nasi kapau jakarta nasi kapau di bogor nasi kapau cibubur nasi kapau surabaya nasi kapau di semarang


Nasi Kapau sendiri biasanya terdiri dari nasi, sambel, lauk puk khas Kapau dan ada juga berbagai pilihan gulai. Gulai sayur nangka, gulai tunjang (urat dari kaki kerbau/sapi) gulai cangcang (tulang&daging dari kerbau), gulai babat dan lain sebagainya. Seperti yang sempat saya jepret dalam gambar, banyak lauk pauk dari nasi Kapau yang penuh dengan santan dari masakan daging-dagingan dan jeroan kerbau atau sapi.  Tidak lupa juga ada makanan serba balado, ikan-ikanan dan juga ayam, komplit banget menu nasi kapau ini.

harga nasi kapau nasi kapau terdekat gambar nasi kapau nasi kapau jakarta nasi kapau di bogor nasi kapau cibubur nasi kapau surabaya nasi kapau di semarang



Harga dan Pedagang Nasi Kapau di Jakarta



Detail harga per menunya saya kurang tahu, tapi kemarin delalah rejeki anak sholelah ditraktir makan nasi kapau sama Doel hahaha ... manusia satu ini emang, baiknya ada aja. Pas tadi nanya seporsi nasi kapau via WhatsApp kemarin berapa, kata Doel harganya Rp25.000,-. Lumayan terjangkau juga ya harga nasi kapau terdekat dari Stasiun Pasar Senen.

Kalau kalian juga penasaran rasanya nasi Kapau, bisa banget datang ke Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat di bawah flyover persis. Banyak makanan menu lauk khas Minang, dijajakan di sana. Ada juga hidangan penutup Lemang yang belum saya cobain duh ... karena kemarin nih perut udah kenyang banget. Semoga kapan-kapan bisa balik lagi, buat mencobanya bersama mas suami. Aamiin.


harga nasi kapau nasi kapau terdekat gambar nasi kapau nasi kapau jakarta nasi kapau di bogor nasi kapau cibubur nasi kapau surabaya nasi kapau di semarang


Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang



Karena kemarin sudah mencoba nasi kapau, sedikit tidaknya saya tahu nih perbedaan antara kedua menu yang hampir mirip tersebut. Kalau lauk dari nasi kapau ada gulai nangkanya yang tidak terlalu kental ada campuran kol dan kacangnya, kalau nasi padang gulai nangkanya kental.

Perbedaan lain kentara kalau nasi Kapau di jual oleh orang asli Kapau, wadah yang digunakan untuk menaruh lauknya besar-besar dan mejanya lebih rendah dari penjual nasi padang kebanyakan. Kalau rendangnya sendiri pas tak rasakan kurang lebih rasanya sama, emang sih ya harus coba beberapa kali lagi biar bisa tahu perbedaannya lagi.


harga nasi kapau nasi kapau terdekat gambar nasi kapau nasi kapau jakarta nasi kapau di bogor nasi kapau cibubur nasi kapau surabaya nasi kapau di semarang


Thanks ya Doel, udah ntraktir kami makan. Udah nemenin jalan dan juga udah nebengin kita tidur dirumahmu. Semoga dimudahkan dalam segala urusannya ya Doel, dilancarkan rejekinya. Jangan bosen-bosen buat kami repotin lagi. Karpet merah siap menyambut, hahaha ... kalau kamu main ke Kendal maupun ke Pekalongan. Semoga silaturahmi ini terus terjaga dengan baik, dan silaturahmi ini pula yang akan mengantarkan kita sampai surga-Nya. Aamiin. 


harga nasi kapau nasi kapau terdekat gambar nasi kapau nasi kapau jakarta nasi kapau di bogor nasi kapau cibubur nasi kapau surabaya nasi kapau di semarang

27 comments :

  1. Itu seberangnya penjual nasi Kapau, kampus aku dulu mba Nyi. Tapi aku belum pernah mampir makan di sana karena bukanya malam hari dan selalu ramai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo Mba Nurul rame kemarin juga.
      Banyakan yang makan di situ orang Minang ya tapi

      Delete
  2. Aku belum pernah coba nasi Kapau. Rasanya sama kah dengan nasi Padang? atau cuma sekedar teksurnya saja yang beda? :D ingin coba ah sekali-kali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena baru nyoba sekali aku rasanya agak samaan wakakak
      kudu berkali-kali biar tahu perbedaannya

      Delete
  3. Nah kalau ramadhan aku suka satroni juga nih nasi kapau di Benhil. Tapi nggak perhatiin ukurannya hahahaha tapi emang gede2 ya

    ReplyDelete
  4. wadawww iki mantul tenan menune..bahaya..hahha gak bisa sedikit makannya..

    ReplyDelete
  5. Aku jarang makan di sekitar stasiun Senen apalagi kalau malam2 jadi kurang tau tempat ini.hehehe
    Sudah kembalikah ke Pekalongan , Non ??

    ReplyDelete
  6. Wah, ternyata ga mudah juga ya membedakan nasi padang dan nasi kapau. Apalagi buat yang baru pertama kali makan. Eh aku lupa2 ingat, udah pernah icip belum ya? Besok2 mesti main ah hunting nasi kapau kayak mbak nih.

    ReplyDelete
  7. Pas ke Jakarta, aku juga diajak makan nasi kapau di sini. Kayaknya memang sudah kondang ya. Yaaa buat kita yang orang Jawa sih memang agak susah membedakan nasi kapau dan nasi padang kalau bukan karena adanya tulisan nasi kapau di depan warungnya :D

    Betah amat mbak naik kereta seharian nggak makan. Aku biasanya akan makan untuk menghalau rasa lapar dan rasa bosan selama perjalanan.

    ReplyDelete
  8. Nasi kapau kuah gulainya rasanya memang super sedap. Asal jangan sering2 krn takut kolesterol hehehehe

    ReplyDelete
  9. Waah baru tau kalau nasi padang dan nasi kalau beda. Kirain sama aja. Ternyata bedanya di kekentalan gulai nangka ya. Sama wadah yang digunakan besar atau kecil. Thanks infonya mbak.

    ReplyDelete
  10. Aku enggak ngeh ternyata selama ini anggapan nasi kalau dan nasi padang itu sama. Baru tahu sekarang ternyata beda, ya. Hehe ... trims sharingnya, ya

    ReplyDelete
  11. Memanglah apa-apa yang diberi santan itu gurih. Tapi kudu tetep harus hati-hati karena kolesterolnya tinggu huhu.

    Mungkin main saya masih kurang jauh, jadi nasi kapau masih asing di telinga hehe.

    Terimakasih mbak sudah menulis ini, saya jadi punya pilihan tempat makan baru. ga melulu di dalam stasiun Senen. Suka bingung soalnya mau makan di mana.

    ReplyDelete
  12. Wow, detil juga perbedaannya ya. Entah kenapa, meskipun kata orang masakan minang itu enak, tapi nggak masuk di lidah saya ��

    ReplyDelete
  13. Waah aku laper :(
    Baca jam 10.45 saat belum ada supan makanan di perut, jadi kluyuk kluyuk. Apalagi sambelnya kayanya nendang

    ReplyDelete
  14. Enak bangey nih bisa makan ini tapi sejak aku diet santan
    .agak jarang aih makan nasi kapau lagi. Btw harga nasinya di jkt juga mahal yah dan kadang nemu yang ga sedap sih..standar gak kayak di Benglulu

    ReplyDelete
  15. Ah ntar kalo turun di Senen nyobain nasi kapau juga ah.
    Makanannya berat semuaaa yaaaa,, tapi menggoda.

    ReplyDelete
  16. nasi kapau sini yang paling kami suka yang agak masuk ke dalam, bukan di piggir jalan he. he..
    nasi kapau bumbunya lebih pekat daripada nasi padang biasa.

    lemangnya juga enak untuk buka puasa , makan pakai tape ketan atau rendang

    ReplyDelete
  17. Deretan nasi kapau di sini memang legendaris. Dari zaman saya kecil udah ada. Tetapi, saya malah belum pernah ke sini lagi. Terakhir ya waktu kecil itu :D

    ReplyDelete
  18. Oh..kukira sama saja Nasi Kapau & Nasi Padang tuh..hehe.. Thx Nyi jadi tahu bedanya.. ohya pengen nyicip Lemangnya deh

    ReplyDelete
  19. wahhh nasi kapau... Kuahnya itu lho bikin gak brenti makan

    ReplyDelete
  20. Saya juga pernah makan di sana kak. Rasanya kayak pengen ngambil semua lauk karena menggoda banget wangi masakan dan rempahnya hahaha. Alhasil cuma ambil kikil sama sayur daun singkongnya aja udah kenyang banget dan nikmat.

    ReplyDelete
  21. Hahaha ternyata beda toh nasi kalau sama nasi padang?? Lihat sekilas hampir mirip soalnya

    ReplyDelete
  22. Bikin khilaf memang ya makan inii, bahaya bagi berat badan karena nasinya pasti nambah lagi dan lagi..ngga lapar nyi, berapa jam di kereta..

    ReplyDelete
  23. Bikin ngileeer. Dulu pertama kali makan nasi kaapu di Bukit Tinggi. Dan bikin ketagihan. Yang di Senen ini belum pernah nyoba nih. Aman ga ya cewe sendirian ke sana, suka rada gmn gitu ama Senen.

    ReplyDelete
  24. Aku belum pernah nyicip nasi kapau, seringnya nasi padang aja, hehe..
    Nice info buat list tempat makan kalau kelaperan pas nyampe di Jakarta. btw, lamangnya menggoda banget itu, bikin ngiler :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat