MENU

Friday, 19 July 2019

Tips Menggoreng Ikan Asin Kering agar Tidak Hancur



Tips Menggoreng Ikan Asin Kering agar Tidak Hancur - Pernah mengalami kegagalan dalam menggoreng ikan nggak sih teman-teman? Gagal yang saya maksud adalah hancur, lengket ketika digoreng dan bentuknya jadi nggak menarik lagi. Pengalaman kerja di luar negeri, yang masyarakatnya demen makan ikan membuat saya jadi tahu bagaimana harus mengatasi masalah ini.


ikan asin berasal dari daerah ikan asin kering masakan ikan asin ikan asin goreng proses pembuatan ikan asin jenis ikan asin yang enak olahan ikan asin kering ikan asin kecil


Dahulu saya sering gagal, karena belum tahu tips menggoreng ikan. Majikan sering marah dan nggak berselera makan, ocehan sering kali dilontarkan. Semakin lama, semakin sering goreng dan tanya pengalaman teman-teman di sana akhirnya saya mendapat pujian juga. "Cin Yue, hai kam lah!" (Menggoreng ikan itu ya begini). Lega!

Tips menggoreng ikan agar tidak hancur

Hidup dengan mertua membuat saya nggak belajar nggak boleh egois, masak dengan sesuka hati saya. Karena ada orang-orang yang harus saya perhatikan selera menunya yang berbeda. Saya suka banget sama ikan asin, baik dioseng dengan dibanyakin cabe atau digoreng biasa saja.

Beberapa kali memasak ikan asin bercabe, di oseng dengan cabe banyak yang makan saya doang. Kemudian suami bilang, "Bapak sukanya digoreng biasa aja". Baiklah saya harus mengalah kali ini. Jadilah ikan asing goreng, yang crispy banget. Semoga tips ini bisa sedikit membantu kegelisahan temen-temen ketika menggoreng ikan, bisa diterapkan untuk jenis ikan apa saja.

1. Menggunakan wajan yang bersih dengan minyak yang baru


Menggunakan wajan bersih akan meminimalisir tingkat kelengketan, saat menggoreng ikan. Kalau wajan sudah pernah digunakan tidak apa sih, tapi alangkah baiknya wajan bersih dan minyaknya juga harus baru.


ikan asin berasal dari daerah ikan asin kering masakan ikan asin ikan asin goreng proses pembuatan ikan asin jenis ikan asin yang enak olahan ikan asin kering ikan asin kecil


2. Menggunakan minyak panas

Menggoreng apapun sebenarnya harus menunggu minyak kita panas dulu, bar dimasukkan. Mengapa minya dingin nggak boleh? Boleh sih, tapi ikan kita akan lengket dan bisa hancur. Apalagi minyak dingin justru menyerap minyak lebih banyak, hayo ... nggak boleh konsumsi minyak banyak-banyak demi kesehatan.

3. Teteskan sedikit perasan lemon atau  jahe

Lemon dan jahe membuat ikan kita menjadi tidak terlalu amis, selain itu lemon juga mampu membuat minyak yang digoreng tidak menyebabkan muncratan minyak pas digoreng. Soalnya karena nggak punya jeruk lemon, saya sering masak dan kecipratan minyaknya, hahaha ... sebel di bagian pas meletusnya minyak.

4. Balikan ikan ketika sudah sebagian kering

Setelah dimasukkan dalam wajan yang panas, gunakan api yang sedang agar dalamnya bisa matang. Kalau dirasa sudah cukup kering, maka saatnya membalik ikan yang sebagiannya lagi. Ingat ya, kalau masih belum kering jangan di balik, bisa hancur. Suami saya pernah menggoreng ikan sendiri, karena kami sedang marahan. Hasilnya hancur deh, nggak berupa ikan lagi wakakak ... Semoga Tips Menggoreng Ikan Asin Kering agar Tidak Hancur, bermanfaat. Salam.

No comments :

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat