MENU

Friday, 19 July 2019

Resep Pindang Serani yang Menyegarkan



Resep Pindang Serani yang Menyegarkan - Waktu jaman masih kecil, ibu sering bikin menu masakan pindang. Baik dimasak bumbu kuning, atau cuma digoreng terus dibuatkan sambal merah. Kemudian setelah hijrah ke Comal, dan sering ngumpul dengan teman komunitas blogger Pekalongan saya mengenal yang namanya menu pindang serani. Kak Noorma yang bikin di rumahnya, dan kami mencicipinya. Eh, salah satu teman kami yang nggak datang, Mbak Ayi bilang, 'seger banget pindang seraninya'. Dari situlah saya tahu namanya.


resep pindang serani ikan tongkol resep pindang serani ikan kembung resep pindang serani ikan patin rumah makan pindang serani jepara resep pindang serani betawi resep pindang serani daging pindang serani ayam resep pindang serani gurame


Menu pindang serani bisa dikombinasikan dengan ikan apa saja, nggak harus pindang sih. Bisa dengan ikan kembung, ikan patin, ikan tongkol, atau juga gurame dan lain sebagainya. Katanya sih, menu pindang serani ini berasal dari Jepara. Karena di Jepara banyak pantai, dan banyak ikannya munculah menu tersebut. Saya sendiri belum sempat mencoba makan langsung, pindang serani khas Jepara. Semoga kapan-kapan bisa beneran merasakan, kesegarannya.

Resep mudah pindang serani

           
Karena sudah pernah membuat berkali-kali, semoga resep yang saya bagikan ini bisa bermanfaat buat yang pengen membuat pindang serani. Simple banget dipraktekan, dan bumbunya mudah didapat di sekitar kita.

Bahan membuat pindang serani

Pindang / ikan apa saja
Bawang merah
Bawang putih
Cabe rawit dan merah sedikit
Daun salam
Tomat
Lengkuas
Daun bawang
Garam
Gula


resep pindang serani ikan tongkol resep pindang serani ikan kembung resep pindang serani ikan patin rumah makan pindang serani jepara resep pindang serani betawi resep pindang serani daging pindang serani ayam resep pindang serani gurame


Cara membuatnya

Bersihkan pindang atau ikannya, iris bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, dan daun bawang. Lengkuas bisa digeprek, daun salam disiapkan. Semua ditumis dengan minyak panas.

Setelah harum, baru siram dengan air. Setelah mendidih masukkan pindangnya. Jangan lupa dicicipin, kurang apa. Kalau kurang garam ditambahkan, dan sedikit taburkan gula. Tunggu mendidih kedua, lantas bisa diangkat pindang seraninya.

            Menu pndang serani cocok untuk dinikmati saat siang hari yang panas, karena kuahnya sungguh lezat dan menyegarkan. Saya tidak pernah bosan menikmatinya. Tapi sayangnya mas suami dan mertua kurang sukda dengan pindang yang dikuah hehehe ... jadilah setiap bikin paling dua ekor pindang saja. Sisanya di goreng biasa saja.
 

1 comment :

  1. Ya ampun aku ngebayangin mamam pindang serani bareng nasi putih masih panas mongah-mongah. Ya ampun...sarapan apa ini ya apa bikin pindang ini aja ya x)) galau jadinya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir ke blog sederhana saya, salam hangat